Menu

Sembilan Puskesmas di Kapuas Siap Akreditasi

Apr
10
2018
by : . Posted in : Blog

Sebanyak sembilan Puskesmas di Kabupaten Kapuas siap menjalani proses akreditasi. Sembilan Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Mantangai, Lamunti, Basarang, Mandomai, Dadahup, Tamban Catur, Tamban Baru, Lupak dan Puskesmas Terusan.

“Sejak 2016 hingga 2017 lalu, ada tujuh puskesmas yang mengikuti proses akreditasi, semuanya lolos dan dinyatakan terakreditasi. Sedangkan untuk tahun ini, ada sembilan puskesmas yang kita ikutkan proses akreditasi,” jelas Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Suparman, baru-baru ini.

Ia menyebut tujuh puskesmas sudah berstatus akreditasi adalah Puskesmas Selat, Melati dan Puskesmas Pulau Telo berstatus akreditasi dasar. Sedangkan untuk Puskesmas Anjir Serapat juga akreditasi dasar namun kelas rawat inap. Kemudian Puskesmas Palingkau, Sei Tatas dan Barimba berstatus akreditasi Madya.

“Tingkatan akreditasi itu ada empat, pertama dasar, kemudian madya, utama dan paling tinggi paripurna,” katanya.

Suparman menambahkan, adapun untuk sembilan puskesmas yang tahun ini ikut proses akreditasi, terhitung Maret hingga empat bulan ke depan dalam proses penyusunan dokumen. Kemudian proses implementasi dan proses lainnya, hingga proses penilaian yang diperkirakan bulan Oktober dan November 2018 mendatang.

Ia mepaparkan, dalam proses ini untuk mencapai penilaian yang baik perlu kerja keras. Sebab, ada beberapa syarat utama untuk mendapat akreditasi yaitu pelayanan kesehatan masyarakat, pencapaian sistem administrasi, kesiapan SDM dan kesediaan sarana prasarana serta upaya kesehatan perorangan. Di mana intinya, semua harus terstandarisasi sesuai Permenkes 75.

“Intinya tim medis harus bekerja maksimal untuk masyarakat. Sekarang ini bagaimana kita jadikan puskesmas sebagai akses layanan kesehatan publik paling menyenangkan bagi masyarakat dan tugas kami akan terus melakukan pembinaan bagi puskesmas untuk peningkatan kualitas pelayanan masyarakat,” ujar Suparman.

Sumber: https://www.borneonews.co.id

Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Sembilan Puskesmas di Kapuas Siap Akreditasi

Tuesday 3 October 2017 | Blog

Download Peraturan Menteri Keuangan Nomor 123/PMK.04/2017 tanggal 18 September 2017, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor…

Tuesday 22 April 2014 | Blog

Para wanita biasanya memilih gaun pesta yang menyerupai gaun yang dipakai oleh artis terkenal atau gaun…

Wednesday 9 April 2014 | Blog

Memakai batik sudah menjadi gaya hidup atau life style. Dan bukan hanya dalam bentuk kain tradisional,…

Tuesday 6 May 2014 | Blog

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya…