Menu

Ketergantungan Kapuas terhadap Dana Pusat Masih Tinggi

Apr
16
2018
by : . Posted in : Blog

Satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Pemerintah Kabupaten Kapuas diharapkan terus memacu upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi.

Harapan ini disampaikan Sekretaris Daerah Kapuas, Rianova, pada rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan daerah triwulan I tahun 2018 di aula Kantor Bappeda Kapuas, Selasa (10/4/2018).

Target pendapatan daerah Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2018 ditetapkan sebesar Rp1,8 triliun lebih dan target pendapatan asli daerah ditetapkan sebesar Rp97,69 miliar lebih. Kontribusi pendapatan asli daerah terhadap pendapatan daerah Kapuas setiap tahun kenaikannya hanya berkisar 15,74 persen.

“Jadi, ketergantungan pendapatan daerah Kapuas masih sangat besar pada dari pemerintah pusat melalui dana perimbangan sebesar 80 persen. Untuk itu saya berharap kita terus memacu upaya meningkatkan PAD melalui pajak dan retribusi,” ujar Rianova membacakan sambutan tertulis Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan.

Lanjut Sekda, pemberlakuan undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan teribusi daerah, pada dasarnya merupakan peluang bagi peningkatan kemandirian keuangan daerah untuk menggali pendapatan dari potensi daerah sendiri.

“Oleh sebab itu pendapatan asli daerah yang merupakan sumber penerimaan dari daerah sendiri perlu terus kita tingkatkan sebagai sumber dana penyelenggaraan pemerintahan dan kegiatan pembangunan,” katanya.

Karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah diharapkan kerja sama semua pihak yaitu seluruh perangkat daerah baik camat, kepala desa se Kapuas dan instansi vertikal diantaranya Badan Pertanahan Nasional dan notaris untuk meningkatkan perannya dan proaktif dalam mendukung upaya intensifikasi dan ekstensifikasi PAD.

Sumber: http://www.kalamanthana.com

Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Ketergantungan Kapuas terhadap Dana Pusat Masih Tinggi

Wednesday 7 June 2017 | Blog

Mars KORPRI ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Musyawarah Nasional VI KORPRI Nomor Kep-09/MUNAS/2004 tanggal 30 Nopember 2004.…

Thursday 22 June 2017 | Blog, Diklat

3 AMAL YANG PAHALANYA TIDAK TERPUTUS Mei 27 Posted by H.A. ROZAK ABUHASAN – SERITANJUNG PALEMBANG KHUTBAH…

Tuesday 20 June 2017 | Blog, Diklat

Ganip Warsito Tempat Tanggal Lahir : Magelang, 23 November 1963 Angkatan : 1986 Kesatuan : Infanteri…

Monday 5 June 2017 | Blog

  Seiring dengan kemajuan teknologi, kini hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan bantuan internet. Mulai dari…