Menu

​175 Siswa Belajar DKV di ITEBA

Mar
28
2018
by : . Posted in : Blog

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

SEBANYAK  175 siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) mengikuti Pengenalan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Kampus Institut  Teknologi Batam (ITEBA), Jalan Gajah Mada, Kompleks Vitka City, Tiban Ayu, Sekupang, Batam, Minggu (25/3/2018).

‘’Siswa-siswi tadi adalah pilihan sekolah masing-masing,’’ papar Rektor ITEBA, Dr. Ing. Drs. H. Barnas Holil DEA saat acara, Minggu (25/3/2018).

Tampil tiga narasumber yaitu Dr. Naomi Haswanto S.Sn. M.Sn. Naomi menyebutkan, DKV meliputi disain grafis, teknologi, aminmasi, psikologi, TV, film, marketing, serta ada info dan pesan di dalamnya. Contoh DKV adalah gambar-gambar dibuat menarik. Lewat gambar tadi, anam umur 3-4 tahun bisa matematika. Ada bungkus minuman jeruk, tidak cocok diberi gambar dan warga merah. Cocoknya, warna kuning.

‘’Di DKV juga dipelajari bagaimana caranya, permen yang bukan kebutuhan pokok (seperti beras), bisa diminati masyarakat. Caranya dengan menampilkan gambar, film, atau video yang menarik minat orang,’’ papar Naomi. 

Dengan DKP lanjut Naomi, diberi pesan ke masyarakat bahwa merokok tidak baik, dan berbahaya, terutama ibu hamil. Gambar menenun kain akan terasa membosankan dan tidak hidup dalam satu  pameran. Dengan video menenun, masyarakat jadi ingin tahu apa  itu tenun? Bagaimana menenun? Dan lainnya.

Narasumber kedua, Triyadi Guntur S. Sn. M.Sn memamparkan tentang Ilustrasi dan Komik. Pendidikan ini sangat dibutuhkan masyarakat, dan dunia perfilman nasional dan internasional. Mahasiswa nantinya bisa membuat komix seperti X-Man, dengan teknik DKV. Biasanya, orang yang ahli membuat komik dengan sistem DKV,  hasilnya lebih cepat dan baik.

Pembicara terakhir, Banung Grahita S.Sn. MSn. Ph. D. menguasai DKV sangat penting karena dibutuhkan dunia industri, perfilman, usaha. Generasi muda perlu menguasai DKV. Hasil kerja mereka dibutuhkan perusahaan nasional internasional. ***

Suprizal Tanjung’s Surau

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya ​175 Siswa Belajar DKV di ITEBA

Saturday 3 May 2014 | Blog

Sekarang ini memang banyak model Dress Batik dan yang seringkali salah adalah bagaimana menyelaraskan antara pakaian…

Saturday 9 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

reskinanda A.      Pengertian Kebudayaan   Kata kebudayaan berasal dari kata budh dalam bahasa Sansekerta yang berarti akal,…

Tuesday 15 April 2014 | Blog

Thursday 29 June 2017 | Blog, Diklat

Institusi bisnis mempekerjakan freelance marketing tentu ada latar belakang dan tujuannya. Baik itu yang berfungsi untuk…