Menu

Padi Lokal Lebih Tahan Banjir Dibanding Padi Unggul

Dec
21
2017
by : . Posted in : Blog

Meluapnya aliran Sungai Kapuas telah membuat beberapa areal pertanian di Kapuas terendam banjir. Bahkan ada areal persawahan yang tenggelam. Namun apabila diperhatikan, jenis padi lokal justru lebih mampu bertahan dalam kondisi banjir dibandingkan padi unggul.

“Iya, untuk padi lokal di musim seperti ini bisa bertahan, oleh karena itu beberapa hektare pada program 500 hektare sudah kita tanami padi unggul dan saat ini masih bertahan,” sebut Kepala Distanak Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti Djoedir melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian, Putra Adala saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Senin (11/12/2017)

Namun, kata dia, jenis itu ditanam saat musim banjir dipastikan tidak bisa. “Kecuali dia sudah ditanam dulu sebelum musim banjir, karena diketahui untuk padi local ini batangnya lebih kuat, sehingga jika diterpa arus tidak akan rusak,” terang dia.

Berbeda dengan padi unggul yang batangnya tidak begitu kuat, kata dia, apabila diterpa arus air dia akan rusak. “Namun yang sangat menjadi perhatian dimusim penghujan ini, yakni hama-hama pertanian, dia (Padi) lebih rentan terkena hama di musim hujan ini,” pungkasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Padi Lokal Lebih Tahan Banjir Dibanding Padi Unggul

Sunday 1 October 2017 | Blog

Download Peraturan Menteri Keuangan Nomor 130/PMK.010/2017 tanggal 19 September 2017, tentang Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Terhadap…

Saturday 26 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Petualangan Rohmat Deny Pujakusuma di kompetisi Liga 3 terus berlanjut meski timnya PSISra Sragen terhenti di…

Saturday 8 July 2017 | Blog, Diklat

Masalah-masalah pemasaran tidak ada habisnya. Demikian terjadi karena pasar dan perilaku pelanggan bergerak dinamis. Para pemain…

Sunday 23 July 2017 | Blog, Diklat

Jamaah haji Kabupaten Kapuas berangkat menuju embarkasi haji antara Kota Palangka Raya tanggal 10 Agustus 2017…