Menu

Padi Lokal Lebih Tahan Banjir Dibanding Padi Unggul

Dec
21
2017
by : . Posted in : Blog

Meluapnya aliran Sungai Kapuas telah membuat beberapa areal pertanian di Kapuas terendam banjir. Bahkan ada areal persawahan yang tenggelam. Namun apabila diperhatikan, jenis padi lokal justru lebih mampu bertahan dalam kondisi banjir dibandingkan padi unggul.

“Iya, untuk padi lokal di musim seperti ini bisa bertahan, oleh karena itu beberapa hektare pada program 500 hektare sudah kita tanami padi unggul dan saat ini masih bertahan,” sebut Kepala Distanak Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti Djoedir melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian, Putra Adala saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Senin (11/12/2017)

Namun, kata dia, jenis itu ditanam saat musim banjir dipastikan tidak bisa. “Kecuali dia sudah ditanam dulu sebelum musim banjir, karena diketahui untuk padi local ini batangnya lebih kuat, sehingga jika diterpa arus tidak akan rusak,” terang dia.

Berbeda dengan padi unggul yang batangnya tidak begitu kuat, kata dia, apabila diterpa arus air dia akan rusak. “Namun yang sangat menjadi perhatian dimusim penghujan ini, yakni hama-hama pertanian, dia (Padi) lebih rentan terkena hama di musim hujan ini,” pungkasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Padi Lokal Lebih Tahan Banjir Dibanding Padi Unggul

Saturday 3 February 2018 | Blog

Tahun ini, Kabupaten Kapuas mendapatkan kuota sertifikasi tanah murah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)…

Monday 23 April 2018 | Blog

Jakarta, 22 April 2018 Advokat dan sekaligus Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra membenarkan…

Thursday 8 May 2014 | Blog

Kitenge atau chitenge adalah garmen Afrika mirip dengan sarung  sering dipakai oleh perempuan melilit dada atau…

Tuesday 9 September 2014 | Blog

  First, I have to thank to FACP committee who makes this event possible in Surakarta,…