Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Guru yang Menjadi Pemilik Mawar Group

Dec
06
2017
by : . Posted in : Blog

Kisah Inspiratif Warga Batam: Miftakhudin

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

SAAT berprofesi sebagai guru di satu sekolah swasta (2008), Miftakhudin SPd membuka usaha jasa dengan Mawar Group di bawah Yayasan Keluarga Mandiri Batam. Kini, setidaknya dia membawahi 30 karyawan yang terdiri dari sopir dan guru.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

Banyak inovasi, dan tidak takut mencoba sesuatu yang baru. Itulah kesan yang dapat dilihat dari perjalanan hidup Miftakhudin SPd. Alumnus Master, Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (PTK) di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2014 ini menyebutkan, tahun 2008 lalu, dia mencoba mendirikan Lembaga pendidikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mawar di Belakangpadang, Batam.

.

‘’PKMB Mawar sendiri telah memiliki izin dari Dinas Pendidikan Kota Batam nomor: 431.LK/424.1/PLS/VII/2008,’’ sebut  lelaki kelahiran Surabaya, 13 September 1974 ini, Selasa (5/12/2017) di Town House Puriloka Blok A 30, Seipanas, Batam, Selasa (5/12/2017).

PKBM Mawar sebut Miftakhudin yang akrab dipanggil Udin, juga menyelenggarakan Pendidikan Kesetaraan berupa Paket A setara tingkat SD, Paket B setara tingkat SMP, dan Paket C setara tingkat SMA. Pendidikan Kesetaraan ini cocok bagi anak usia sekolah atau masyarakat umum yang tidak ada waktu, karena faktor usia, fahtor waktu, dan berbagai faktor lainnya, sehingga belum mendapatkan ijazah SD, SMP, dan SMA. Awal berdiri, PKBM Mawar mempunyai lima tutor (guru, red). Kini menjadi 20 tutor.

Untuk mengenalkan dan mempromosikan jasa, PKBM Mawar  pernah memberikan kesempatan anak-anak di Kepri untuk mendapatkan pendidikan Paket B gratis. Paket B Gratis (setara tingkat SMP) padsa Jumat (11/10/2013) sampai (11/11/2013). Paket B Gratis ini diberikan sebagai bentuk terima kasih dan pengabdian kepada masyarakat Kepri. PKMB Mawar sendiri telah memiliki izin dari Dinas Pendidikan Kota Batam nomor: 431.LK/424.1/PLS/VII/2008.

‘’Murid yang berhak mendapatkan pendidikan gratis ini  adalah anak-anak duafa (kurang mampu), anak panti asuhan, anak-anak hinterland (pesisir pantai). Anak tadi harus berada dalam usia sekolah,’’ sebut Udin yang mengundurkan diri sebagai guru swasta di satu sekolah di Batamkota, Juni 2017 lalu.

PKBM Mawar juga menjadi lembaga yang direkomendasikan Dinas Pendidikan Kota Batam untuk pendidikan nonformal. Beberapa pendidikan yang diselenggarakan lembaga ini yaitu home schooling untuk anak usia sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Home schooling adalah pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Mawar grup dikembangkan lagi dengan memiliki Lembaga Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) Mandiri School yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN): 69895754, dan SD Mandiri School yang memiliki NPSN: 69889177. Terus didirikan lagi lembaga pendidikan nonformal berupa Omega Jaya Homeschooling (Education For Everyone) dan telah mendapat Izin Dinas Pendidikan Kota Batam Nomor: 458.2.Lk/424/PLS/IX/2011.

Guna memberikan pendidikan berkualitas dan kompetitif papar Udin, PKBM Mawar menyediakan fasilitas pendidikan gedung permanen, ada AC, toilet. Untuk tenaga pengajar, saat  ini telah ada 15 instruktur dengan berbagai berbagai spesifikasi dan memiliki pendidikan minimal sarjana (S1).

Tahun 2013, Yayasan Keluarga Mandiri Batam membuka jasa kursus mengemudi mobil dengan nama LPK Mawar. Awalnya, dia merekrut dua instruktur. Kini dia memiliki sepuluh instruktur mobil. Biaya kursus mobil relatif murah. Calon siswa yang ingin belajar mengemudi dijemput ke rumah untuk seluruh wilayah Batam dengan biaya gratis. Setiap siswa mendapat sertifikat usai menyelesaikan pendidikan. Harga murah. Banyak hal menyenangkan masyarakat. Itu salah satu kunci usaha Udin. Berawal dari sepuluh siswa per bulan, kini siswanya 100 per bulan. ***


Suprizal Tanjung’s Surau

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Guru yang Menjadi Pemilik Mawar Group

Monday 27 November 2017 | Blog

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas melakukan pengecekan kualitas udara ambien di Kabupaten Kapuas. Udara ambien…

Tuesday 22 April 2014 | Blog

Dalam kaesempatan yang baik ini indokabana akan membahas tentang bagaiaman memilih baju untuk anda yang berkulit…

Sunday 16 July 2017 | Blog, Diklat

Siapa Suruh Datang Jakarta? Duh, tadinya bingung mau ngasi judul apa. Tadinya tidak mau pakai judul…

Thursday 19 June 2014 | Blog

MACAM BATIK INDONESIA BERDASAR MOTIFNYA Batik Sida Asih Penjelasan : Motif-motif berawalan sida (dibaca sido) merupakan…