Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Dany Amrul Ichdan: Alumnus Terbaik Uniba Diprioritaskan Ikut Assesment Centre

Dec
03
2017
by : . Posted in : Blog

Bekerja di Pertamedika IHC

PARA alumnus Universitas Batam (Uniba) terus bangkit dan percaya diri. Mereka dihargai. Kualitasnya tidak diragukan lagi. Sebagai bukti penghargaan itu, PT Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) sebagai holding Rumah Sakit (RS) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yg membawahi 78 RS milik BUMN membuka peluang seluas-luasnya bagi lulusan terbaik Uniba untuk menjadi talenta-talenta profesional Pertamedika IHC.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

‘’Alumnus terbaik Uniba, kami ikut sertakan dalam assesment center IHC dan kami rekomendasikan dapat bekerja sesuai dengan kapabilitasnya dan aturan yang berlaku,’’ sebut Presiden Direktur PT Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC), Dr Dany Amrul Ichdan SE MSc saat menggelar orasi ilmiah saat Wisuda ke-14 Uniba tahun 2016/ 2017 di aula serba guna Uniba, Batam Kota, Batam, Sabtu (18/11/2017).

Dr Dany Amrul Ichdan SE MSc (kiri) menerima plakat dari Prof Dr Ir Jemmy Rumengan SH SE MM di aula serba guna Uniba, Batam Kota, Batam, Sabtu (18/11/2017). F Suprizal Tanjung

Kalimat menggelegar, sarat motivasi, penuh semangat ini dilontarkan Dany di hadapan 758 wisudawan wisudawati, serta 3-5 ribu orang tua wali sanak saudara para wisudawan yang memenuhi gedung di luar ruang wisuda.

Dany yang berdarah Minangkabau dan lahir di Palembang, 22 Juni 1975 itu menambahkan, untuk meraih kebahagiaan dunia, harus dengan ilmu pengetahuan. Kebahagiaan di akhirat juga harus diiringi dengan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan membuat orang menjadi beradab, berakhlak, mempunyai moral, dan pintar. Kepintaran diiringi dasar agama itulah yang kemudian menjadi dasar para akademisi Uniba untuk mengabdi kepada masyarakat.

Puncak proses pendidikan bagi 758 para alumnus Uniba ke-14 tahun 2016-2017 itu dihadiri Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Rektor Universitas Batam (Uniba), Profesor Dr Ir Novirman Jamarun Msc, Sekretaris Kopertis Wilayah X Sumatera Barat (Sumbar) Riau dan Kepri, Drs Hanafi MSi, Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi SE MM, Perwakilan Kapolda Kepri, Perwakilan Poltabes Barelang, Perwakilan Pengurus Yayasan Griya Husada Batam, Dr Elly Rumengan SKom MMsi.

Kemudian hadir juga, Rektor Uniba, Prof Dr Yunazar Manjang, dr Muharso SKM, Prof Fachruddin, Prof Syamsul Arifin, Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Kadiskesehatan Kota Batam, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, dr Didik Kusmarjadi, Wakil Rektor (Warek) I Uniba, DR Bambang Satriawan, Warek II, Drs Wahyu Dani Purwanto MPd, Warek III Uniba, Dahlan Gunawan, DR Syamsul Bahrum, Riny Fitrianti BA, dan lainnya. Untuk lulusan terbaik diraih Muliadi, dari prodi Magister Hukum, Fakultas Hukum Uniba dengan IPK 4.0.

Dany yang juga CEO Holding RS BUMN itu mengakui, melihat perkembangan pembangunan fisik Uniba, berbagai infrastruktur, laboratorium, perpustakaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM) berupa staf, dosen, dan guru besar, Dany optimistis, 5-7 tahun ke depan, kualitas Uniba semakin meningkat dan diperhitungkan. Bukan hanya di tingkat nasional tapi internasional. Menjadi world class university (universitas kelas dunia internasional).

‘’Kita, para akademisi, lulusan Uniba, bisa menjadi rising star (bintang terang, red) bagi bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang kita miliki, membuat kita disegani, dihargai. Berbekal Iptek yang tinggi, kita menjadi sejajar dengan bangsa dan negara lain,’’ papar bapak tiga anak ini dengan berapi-api, lalu diiringi gemuruh tepuk tangan ratusan alumnus Uniba yang iptek-nya masih hangat di dalam hati dan kepala.

Dany yang kerap berceramah saat salat Jumat, salat Idul Fitri, dan salat Idul Adha itu memaparkan kalimat motivasinya dengan cara piawai, lancar, berbobot. Dalam memaparkan segala sesuatu, terutama tentang konsep iptek, Dany juga kerap menyadur isi ayat-ayat Alquran dalam orasinya. Salah satu yang disebut Dany adalah, Alquran Surat Ar-Ra’d ayat 11 yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Allah dalam Alquran menyebutkan, tidak akan mengubah nasib satu kaum bila tidak kita sendiri yang mengubahnya. Perubahan apa yang diharapkan Kota Batam, Provinsi Kepri, NKRI ini untuk alumnus Uniba? Jawabannya adalah pengabdian. Sumbangkan segala Iptek yang telah didapat di Uniba. Iringi pengabdian tadi dengan rasa percaya diri, ikhlas, berakhlak, bermoral, dan beragama. Keberhasilan tentara Islam memimpin Andalusia di Spanyol pada tahun 711 sampai 1492. Semua karena percaya diri dan semangat tinggi.

Anak tunggal dalam keluarganya ini menceritakan sekaligus memotivasi hadirin bahwa dia, dalam usia 28 tahunan telah menjadi CFO di perusahaan agrobisnis Malayia. Masuk usia 29 tahun, dia menjadi CEO. Semua itu diraih dengan belajar keras, penuh cita-cita, dan tidak lupa meminta dan berdoa kepada Allah SWT.

‘’Percayalah. Alumnus Uniba tidak akan menganggur. Kini saja sudah banyak bekerja di berbagai instansi di Kepri, Indonesia, bahkan luar negeri,’’ papar Dany.

Para dosen, guru besar di Uniba tidak hanya mengajarkan iptek semata. Pahlawan tanpa tanda jasa tadi (dosen, profesor, red) selalu membekali dengan pesan-pesan moral, pesan-pesan agama yang mulia ke dalam jiwa dan pikiran para mahasiswa dan alumnus.

Satu pesan tidak kalah besar disampaikan Dany kepada para alumnus, dan juga kepada civitas akademika Uniba, dia meminta agar para alumnus, kita semua jangan mengkhianati kepercayaan bangsa Indonesia, dan NKRI ini.

‘’Jujur dan ikhlas lah dalam mengabdi. Di tangan anda semua lah, bangsa ini akan semakin besar dan disegani bangsa lain,’’ kata Dany disambut suitan, tepuk tangan, dan teriakan gembira penu semangat para alumnus.

Bukan hanya Dany, Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi SE ikut memompa semangat para alumnus. Rudi terang-terangan mengatakan, Pemko Batam berterima kasih kepada Yayasan Griya Husada Batam yang menaungi Uniba. Yayasan Griya Husada Batam telah membantu Pemk Batam dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Batam yang andal dan siap pakai.

Selain pujian, Rudi juga mengingatkan para alumnus untuk jangan terfokus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemko tidak bisa menyiapkan lapangan kerja (PNS, red) secara maksimal. Alumnus Uniba diminta dan dituntut untuk menciptakan lapangan kerja baru dalam berbagai sektor kehidupan, mulai sosial, budaya, ekonomi, agama, politik, dan lainnya. Rudi sangat berharap agar alumnus bisa bekerja sama dengan Pemko untuk merealiasasikan Batam sebagai kota wisata, sekaligus sebagai bandar dunia madani.

Tak hanya Rudi, Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si. percaya, alumnus Uniba yang sungguh bekerja, mengabdi kepada bangsa dan negara, akan berhasil. Salah satu keberhasilan Uniba adalah, tidak adanya mahasiswa dan alumnusnya terkena kasus narkoba. Ini satu bukti, proses pendidikan Uniba berjalan baik, sesuai dengan harapan agama, masyarakat, Pemko Batam, Pemprov Kepri.

Kepri (Indonesia, red) kata Nurdin adalah poros maritim. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim. Negeri ini juga sangat kaya karena memiliki 17.503 di negeri ini, dan memiliki 1.340 suku di Indonesia. Banyak potensi Sumber Daya Alam (SDM) negeri ini yang belum tergali, dieksplorasi, dan dieksploitasi. Ini kesempatan anak-anak Kepri, termasuk alumnus Uniba. Tidak sedikit dan Sumber Daya Manusia (SDM) di negeri ini yang belum berkarya untuk negara. Ini peluang ddan tantangan. Alumnus Uniba bisa menjadi pelopor pembangunan dalam segala bidang.

Kata Nurdin, gali potensi dan berkreasilah selagi muda dan selagi ada kesempatan. Manfaatkanlah iptek yang sudah didapat untuk kebaikan masyarakat Kepri, masyarakat Indonesia. Jangan takut memulai usaha dari nol. Banyak tokoh ekonomi nasional, orang sukses secara ekonomi di level nasional, mengawali usahanya dari nol (bawah).

Ketua Pengawas Dewan Yayasan Griya Husada Batam, Prof Dr Ir Jemmy Rumengan SH SE MM mengatakan, kehadiran Dr Dany Amrul Ichdan SE MSc adalah ‘’vitamin’’ semangat, sekaligus menambah kekuatan moral civitas akademika Uniba untuk lebih fokus dan bergairah lagi melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi berupa Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Kehadiran Dr Dany Amrul Ichdan SE MSc papar Jemmy, menjadi bukti bahwa level Uniba sudah setara dengan perguruan tinggi besar yang ada sumatera dan jawa. Ditambah lagi dengan kepercayaan Dany Amrul Ichdan yang memberikan kesempatan besar bagi alumnus Kedokteran Uniba untuk bekerja di seluruh RS Pertama se Indonesia. Bukan hanya itu, Dany Amrul Ichdan juga memberikan kepercayaan kepada Rumah Sakit Bunda Halimah (milik Uniba, red) untuk bekerja sama dengan RS Pertamina di bawah koordinasi PT Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC). Ini jarang terjadi, langka, dan sangat membanggakan.

Keandalan lain yang terlihat di Uniba dengan adanya kepercayaan Wali Kota Batam, HM Rudi SE MM dan Marlin Agustina Rudi yang menitipkan anaknya bernama Rani Fitriani menempuh pendidikan di jurusan Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Uniba. Rani Fitriani pun ikut diwisuda pada Sabtu (18/11/2017) lalu.

Jemmy yang dikenal ‘’haus’’ pendidikan ini menambahkan, dari total 758 mahasiswa-mahasiswi yang diwisuda, mahasiswa paling banyak diwisuda adalah 162 sarjana kedokteran (S. Ked), 98 magister hukum (M. H), 66 bidan pendidik (S. Tr. Keb), 63 sarjana hukum (SH), 49 sarjana manajemen (SM), 48 sarjana komputer (S. Kom), 40 magister manajemen (MM), 39 D3 bidan (Am. Keb), 37 sarjana akuntansi (S. Akt), 30 sarjana teknik mesin (ST), 29 magister akuntansi (M. Ak), 27 magister kenotariatan (M. Kn), 26 profesi dokter (dr), 22 sarjana teknik sipil (ST), dan 11 sarjana keperawatan (S. Kep).

Uniba memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Hukum, Ekonomi, dan Teknik, serta memiliki 18 program studi (prodi). Dengan wisuda kali ini, Uniba memiliki lebih dari 12.000 alumnus. Tahun 2017, Uniba mendapat izin dari Dikti yaitu Profesi NERS, S1 Psikologi, dan S1 Farmasi. Psikologi satu-satunya di Kepri. Tahun 2018, Uniba mengusulkan Prodi Kedokteran Gigi, S3 Ilmu Hukum, dan S3 Manajemen.

Lelaki yang tidak ‘’alergi’’ berkawan dengan masyarakat dari level manapun itu melanjutkan, dengan wisuda kali ini, makin mengokohkan posisi Uniba sebagai salah satu lembaga pendidikan terbesar dan terbaik di Kepri. Seiring dengan itu, Uniba juga sangat peduli dengan masyarakat, bentuknya dengan menyantuni ratusan anak yatim piatu dan duafa setiap kali wisuda. Pada wisuda kali ini, disantuni 758 anak yatim piatu dan duafa. Bantuan lain juga diberikan di waktu-waktu kepada masyarakat Batam. ***


Suprizal Tanjung’s Surau

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Dany Amrul Ichdan: Alumnus Terbaik Uniba Diprioritaskan Ikut Assesment Centre

Tuesday 15 April 2014 | Blog

Tuesday 4 July 2017 | Blog, Diklat

July -2017-register-journal-article-template-docx WARGA METRO-PULUTAN

Saturday 10 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Berikut adalah Hasil Koreksi EMIS Pusat terkait Siswa ganda Satminkal. Mohon Lembaga Yang Terterah Untuk Mengkroscek Data…

Tuesday 9 September 2014 | Blog

  First, I have to thank to FACP committee who makes this event possible in Surakarta,…