Menu

Adat Dayak Menyambut Tamu Yang Dihormati

Dec
30
2017
by : . Posted in : Blog

Merupakan suatu tradisi bagi orang Dayak dalam menyambut tamu yang dihormati baik pejabat maupun pribadi yang baru untuk pertama kali datang, selalu mengadakan yang namanya potong pantan dan juga tampung tawar, hal ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan rasa hormat atas kedatangan tamu tersebut dan juga sebagai doa-doa dan ungkapan atas penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga tamu tersebut boleh sampai ditempat tujuan.

Dalam doa-doa dan ungkapan yang disampaikan, biasanya dilakukan oleh para tokoh agama maupun tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat juga agar tamu tersebut selalu diberikan kekuatan, kesehatan serta perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa baik dalam tugas maupun bagi keluarganya.

Demikian juga ketika Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat beberapa waktu yang lalu saat meresmikan Gereja Sinta Dusun Tumbang Mamput Desa Barunang Kecamatan Kapuas Tengah, Bupati yang kala itu didampingi Isteri Ny Ary Egahni Ben Bahat,SH beserta rombongan disambut dengan acara adat Dayak Potong Pantan serta tari-tarian penyambutan oleh Warga Desa Barunang binaan PT Asmin Bara Bronang.

Usai peresmian Gereja, Bupati beserta isteri dan rombongan diundang Kepala Desa Barunang Bagariadi untuk datang ke rumah pribadi beliau dalam rangka silaturahmi. Pada kesempatan itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Isteri Ny Ary Egahni Ben Bahat,SH disambut dengan penuh kekeluargaan oleh kepala desa dan isteri serta masyarakat dan para tokoh di desa tersebut.

Pada saat itu juga dilaksanakan pemasangan batu tekang hambaruan yang dilakukan oleh Kepala Desa Bronang Bagariadi bersama isteri masing-masing kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Isteri Ny Ary Egahni Ben Bahat,SH, serta dilanjutkan dengan acara tampung tawar yang dilakukan oleh para tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta para tetua di desa tersebut.

Sumber: http://kapuaskab.go.id


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Adat Dayak Menyambut Tamu Yang Dihormati

Wednesday 22 November 2017 | Blog

Sebanyak 1.161 Atlet yang tersebar di 17 kecamatan se wilayah Kabupaten Kapuas siap bertanding dalam Pekan…

Sunday 5 June 2016 | Blog

kemeja polos raysdaralshoaacom/2x040c3m69nwhdr/kemejapolosphp tersedia mukena bali kaos bali toko baju online jual aneka baju pria terbaru…

Thursday 26 October 2017 | Blog

Selama puluhan tahun hidup di dunia, saya pernah berkesimpulan dan berkeyakinan bahwa belajar itu harus dari…

Saturday 12 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Download Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-63/PB/2017 tanggal 09 Agustus 2017, tentang Batas Maksimum Pencairan Dana…