Menu

Waduh, 343,5 Hektare Lahan di Kapuas Terbakar, Paling Luas di Kapuas Murung

Oct
19
2017
by : . Posted in : Blog

Hingga akhir pekan tadi, tercatat sebanyak 343,5 hektare lahan di Kabupaten Kapuas yang terbakar. Di mana lahan terluas dengan total 119 hektare lahan yang terbakar berada di Kecamatan Kapuas Murung Kabupaten Kapuas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga Rabu (18/10/2017) menyebutkan, hingga akhir pekan tadi data tercatat di Kabupaten Kapuas terdapat total 44 hotspot atau titik panas serta 28 kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mengakibatkan sebanyak 343,5 hektare lahan terbakar.

Dipaparkan Sinaga, untuk hotspot tidak semuanya adalah titik panas yang berasal dari lahan, ada pernah ditemukan terlacak hotspot ternyata hanyalah pantulan panas dari seng rumah penduduk.

Disinggung penyebab banyaknya kejadian Karhutla ini, Sinaga menjawab masih karena kelalaian manusia.

“Di lapangan kita belum menemukan dugaan kejadian Karhutla akibat dari gesekan panas bumi atau terjadi alami. Semua masih diduga terjadi karena ulah manusia, seperti sengaja dibakar usai panen dan kelengahan, misalnya orang yang lagi mancing atau lewat, ada yang membuang puntung rokok sembarangan mengenai tumpukan sekam akhirnya terjadi Karhutla,” jelasnya.

Sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Waduh, 343,5 Hektare Lahan di Kapuas Terbakar, Paling Luas di Kapuas Murung

Saturday 3 February 2018 | Blog

Tahun ini, Kabupaten Kapuas mendapatkan kuota sertifikasi tanah murah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)…

Sunday 18 February 2018 | Blog

Wajahnya penuh senyum saat ku ucap ‘satu martabak istimewa ‘. Sebenarnya senyuman itu tak hanya menyimpan…

Monday 11 September 2017 | Blog

Kapal Danum barasih yang masih terlihat mangkrak di pelabuhan speed boat lama Kapuas-Palangaka Raya, Jalan Tandean…

Monday 14 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Kepada: Kepala Sekolah TK/SD/SMP Negeri. Dinas Pendidikan Kota Surabaya akan mengadakan┬ádiklat penulisan artikel yang akan diterbitkan…