Menu

Tingkatkan Fasillitas Rumah Sakit, RSUD Kapuas Usulkan Dana DAK Rp 23 Miliar

Oct
16
2017
by : . Posted in : Blog

Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas terus berupaya meningkatkan fasilitas maupun sarana prasarana di rumah sakit terbesar satu-satunya di Kapuas itu. Salah satunya dengan mengusulkan anggaran kepada pemerintah pusat.

Plt Direktur RSUD dr H Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus, mengungkapkan, untuk tahun 2018 pihaknya sudah menyampaikan usulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Pemerintah Pusat sebesar Rp 23 miliar setelah dilakukan singkronisasi.

“Kalau usulan pertama kita kemarin waktu di Balik Papan sebesar Rp 33 miliar, kemudian usulan itu di finalisasi di Bekasi turun jadi Rp 20 miliar sekian dan disinkronikasikan di Yogjakarta menjadi sebesar Rp 23 miliar dana DAK yang kita usulkan untuk tahun anggaran 2018,” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (6/10/2017).

Namun usulan tersebut, sambung dr Agus, tergantung pihak Kementerian Keuangan nanti yang menentukan sesuai dengan kebutuhan, dan biasanya ada titik-titik yang jadi prioritas, misalnya rumah sakit yang berada diperbatasan, kemudian rumah sakit regional yang menjadi rujukan.

“Kebetulan rumah sakit kita di sini tidak termasuk rumah sakit regional rujukan. Karena syarat untuk menjadi rumah sakit rujukan membawahi dua kabupaten,” ungkapnya.

“Kalau pun kita ditunjuk sebagai rumah sakit regional, otomatis kelasnya juga dinaikkan menjadi tife B, tetapi syaratnya tadi harus ada dua kabupaten di sekitar kita yang merujuk ke sini (RSUD Kapuas), sementara yang ada hanya rumah sakit Pulang Pisau saja,” timpal dr Agus.

Lantas, untuk keperluan apa saja anggaran DAK yang diusulkan tersebut ?. Mantan Kepala Puskesmas ini mengatakan, dana alokasi khusus yang mereka usulkan itu diantaranya untuk membiayai lanjutan pembangunan paviliun, penanganan instalasi pengelolaan limbah (Ipal) dan pembelian alat kesehatan (Alkes). Karena alat-alat kita sudah banyak yang tua,” pungkasnya.

Sumber: http://www.menaranews.com


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Tingkatkan Fasillitas Rumah Sakit, RSUD Kapuas Usulkan Dana DAK Rp 23 Miliar

Wednesday 27 September 2017 | Blog

Download Surat Edraran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-75/PB/2017 tanggal 26 September 2017, tentang Batas Maksimum Pencairan…

Wednesday 10 September 2014 | Blog

Menurut sejarah batik tulis tradisional, penemuan batik sudah berabad-abad lamanya namun tidak diketahui kapan seni melukis…

Sunday 20 April 2014 | Blog

Bingata adalah tradisional menahan kain dicelup Okinawa  dibuat dengan menggunakan stensil dan metode lainnya “ .…

Saturday 3 June 2017 | Blog

Update Senin, 1 Mei 2017 pukul 16.40 WITA, jaringan Indihome dan UseeTV sudah lancar kembali. Semoga…