Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Tantangan Analisa Beban Kerja di Masa Depan

Oct
30
2017
by : . Posted in : Blog

gambar-abk-tantangan-abk-di-masa-depan

Regulasi Pemerintah

Regulasi pemerintah yang mewajibkan setiap instansi terlebih dahulu melakukan analisa beban kerja sebelum merekrut tenaga kerja menuntut para praktisi Unit SDM, konsultan organisasi & sumber daya manusia serta akademisi mampu mendukung implementasi regulasi tersebut dengan menyiapkan metode analisa beban kerja yang akurat dan obyektif sesuai dengan bidang kegiatan dan sektor industri instansi pemerintah.

Organisasi yang Dinamis

Perubahan yang cepat dalam berbagai sektor industri menuntut perusahaan untuk beradaptasi agar mampu menangkap peluang-peluang yang muncul serta menghindari kerugian yang mengancam. Strategi yang dilakukan bisa sampai melakukan restrukturisasi organisasi, pembukaan cabang/unit baru, atau pengurangan tenaga kerja untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Apabila strategi-strategi tersebut selama ini paling cepat dilakukan selama periode 1 atau 2 tahun sekali bahkan 4 atau 5 tahun sekali, maka untuk ke depan perlu dilakukan lebih sering yaitu menjadi kurang dari 1 tahun atau bahkan dapat dilakukan setiap saat segera ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, metode analisa beban kerja yang dibutuhkan menjadi bukan hanya akurat dan obyektif saja tetapi juga harus cepat dan efektif.

Keragaman Industri dan Bidang Usaha

Dalam sejarahnya, pelaksanaan pengukuran kerja dan analisa beban kerja di awali pada perusahaan-perusahaan di sektor manufaktur sehingga cukup banyak ditemui referensi dan hasil kajian analisa beban kerja yang dapat dijadikan pedoman di sektor tersebut. Pengukuran beban kerja di sektor manufaktur umumnya dilakukan secara teliti dan dalam situasi yang terkontrol, mengingat sekecil apapun waktu yang dapat dihemat akan berpengaruh terhadap hasil produksi yang sifatnya massal.

Saat ini metode analisa beban kerja juga telah digunakan untuk menghitung jumlah kebutuhan tenaga kerja di sektor jasa/ pelayanan baik swasta maupun pemerintahan. Untuk itu telah dikembangkan beberapa metode analisa beban kerja yang bersifat umum maupun metode yang khusus dikembangkan untuk bidang jasa tertentu yang disesuaikan dengan karakteristik bidang jasa tersebut.

Aplikasi Analisa Beban Kerja

Aplikasi analisa beban kerja diperlukan untuk mempercepat proses analisa beban kerja terutama dalam tahap pengolahan dan analisa data. Dengan adanya aplikasi tersebut maka hasil analisa beban kerja yang berisi data jabatan, tugas-tugas dan aktivitas-aktivitas beserta standar/norma waktunya akan dapat terdokumentasi dengan baik. Apabila hasil analisa beban kerja terdokuemtasi dengan baik maka Unit SDM dapat melakukan updating setiap saat dibutuhkan perubahan. Dengan demikian peran dan kontribusi dari kegiatan analisa beban kerja bagi kinerja perusahaan menjadi lebih besar dan berarti.

Kamus Norma Waktu

Diperlukan adanya “kamus” yang berisi norma atau standar waktu pengerjaan kegiatan, tugas dan aktivitas-aktivitas dari berbagai pekerjaan/jabatan dan unit kerja untuk seluruh bidang kegiatan dan sektor industri. Dengan adanya kamus tersebut maka akan mempercepat proses pengumpulan data dalam kegiatan analisa beban kerja. Selain itu hasil analisa beban kerja akan lebih comparable karena diukur berdasarkan norma/ standar waktu yang sama. Dengan demikian hasil analisa beban kerja dapat diterima secara lebih meyakinkan oleh pimpinan  perusahaan dan mereka lebih percaya diri untuk mengambil kebijakan berdasarkan hasil analisa beban kerja.


Adilkurnia Notes

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Tantangan Analisa Beban Kerja di Masa Depan

Thursday 27 February 2014 | Blog

sekilas motif ini tampak menua, mengkuno, membuat kita melayang pada era era kuno tempo dulu yang…

Monday 5 June 2017 | Blog

Kepada Seluruh Operator MI (N/S) Yang Masih Ada Kesalahan Di BIODATA Peserta Ujian Nasional Silakan Ajukan Perbaikan…

Saturday 29 October 2016 | Blog

Seringkali ketika dikantor seorang pegawai negeri selalu bersentuhan dengan telpon, ya telpon ini sangat sering digunakan…

Saturday 4 November 2017 | Blog

Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas kesulitan memasarkan beras lokal hasil kerja sama Pemerintah daerah dengan Institut Pertanian…