Menu

Ini Penyebab Keterlambatan Pencairan Dana Desa Tahap II

Oct
11
2017
by : . Posted in : Blog

Pemerintah desa terancam tidak bisa mencarikan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2017. Pasalnya, dari 214 desa, belum sepenuhnya mengajukan pencairan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas.

“Sampai saat ini belum semua desa yang mengajukan pencairan Dana Desa tahap II. Padahal ini sudah memasuki bulan Oktober,” kata Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan DPMD Kapuas, Kertidipora.

Adapun pagu Dana Desa yang bersumber dari APBN 2017 itu mencapai Rp 166.874.300.000. Besarannya bervariasi untuk setiap desa, dan pencairannya dilakukan dalam dua tahap.

“Pencariannya tidak seperti ADD (Alokasi Dana Desa). Untuk DD (Dana Desa) tahap I sebesar 60%, dan sisanya di tahap II. Penggunaannya pun lebih banyak untuk pembangunan fisik,” imbuh Kertidipora.

Selain itu, pelaporan penggunaan DD tahap I juga dibutuhkan untuk pencairan tahap dua. Jika tidak, DD tidak bisa dicairkan.

“Kalau pertanggungjawaban DD ada satu dari 214 desa yang terlambat, akan berdampak ke semuanya. Telat pencairan tahap II,” jelas dia.

Terait itu, DPMD akan melakukan sistim jemput bola untuk mempermudah proses pencairan tahap II ini. “Kita akan membantu pemdesa untuk menghadapi permasalahan apa yang terjadi di lapangan,” pungkasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Ini Penyebab Keterlambatan Pencairan Dana Desa Tahap II

Friday 9 June 2017 | Blog

Publik dikejutkan dengan insiden penyiraman air keras yang mengenai penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan pada hari…

Monday 26 May 2014 | Blog

Keindahan alam telah menginspirasi ragam hias dan motif Batik Pacitan yang sarat dengan simbol-simbol hayati kira…

Friday 12 January 2018 | Blog

Download Peraturan Menteri Keuangan Nomor 2/PMK.010/2018 tanggal 4 Januari 2018, tentang Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan…

Wednesday 18 May 2016 | Blog

Rumah Batik Couple (Gaul & Modern), Pekalongan, Indonesia. 11472 likes · 1169 talking about this. aneka…