Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Berorganisasi sekaligus Mengembangkan Usaha

Oct
26
2017
by : . Posted in : Blog

HM Rudi Kukuhkan DPC Iwapi Batam Periode 2017-2022

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

PADA era moderenisasi ini, peran dan kiprah wanita dalam dalam berbagai sektor kehidupan semakin besar dan dibutuhkan. Wanita juga disebut hebat, karena mampu berkiprah sebagai politisi, birokrat, dan pengusaha, sekaligus sebagai ibu dan istri yang baik dalam rumah tangga.

Berita: Berorganisasi sekaligus Mengembangkan Usaha di Batam Pos, Minggu (12/10/2017). F Suprizal Tanjung

Sejak dulu hingga sekarang, peran wanita dalam membangun negeri ini tidaklah sedikit. Pejuang politik dan pengusaha sejak dulu hingga sekarang banyak diisi kaum wanita.

‘’Kita berharap agar keberadaan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Batam semakin solid, tetap ikut membantu, membangun Kota Batam tercinta ini,’’ sebut Wali Kota Batam, HM Rudi SE dalam sambutannya saat mengukuhkan pengurus Dewan Pengurus Cabang (CPC) Iwapi Kota Batam periode 2017-2022 yang dipimpin Hj Yuliana S. Tr. Keb. SE. MARS di lantai empat, Kantor Wali Kota Batam, Jumat (13/10/2017).

Hadir dalam acara ini, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) sekaligus Dewan Pembina Iwapi Kota Batam, Hj Marlin Agustina Rudi, Dewan Pembina Iwapi Kota Batam, Erlita Sari Amsakar, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Iwapi Provinsi Kepri, Hj Mimi Betty Wilingsih SPd, Wakil Ketua IV DPD Iwapi Provinsi Kepri sekaligus Penasehat CPD Iwapi Kota Batam, Hj Gusnawati S. Tr. Keb, Penasehat Iwapi Kota Batam yang juga Ketua Bundo Kanduang Kota Batam, Hj Betty Asmery, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Batam yang juga pengurus DPC Iwapi Kota Batam, Umiyati SE, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Batam, Drs M Sahir, dan Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam, H. SALIM, S.Sos, M.Si

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Iwapi, Hj Ir Dyah Anita Prihapsari MBA telah melantik Hj Mimi Betty Wilingsih SPd sebagai ketua DPD Iwapi Provinsi Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (28/7/2017) lalu. Selanjutnya, Mimi Betty Wilingsih melantik Yuliana dan Ketua DPC kota dan kabupaten Iwapi se Provinsi Kepri lainnya. Pelantikan tersebut dihadiri Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si.

Dyah Anita Prihapsari MBA sangat berharap agar DPC Iwapi Kota Batam di bawah kepemimpinan Yuliana semakin berkembang. Berkembang dalam artian, wawasan dan usaha pengurus dan anggota tentang manfaat organisasi terus membaik. Akan tercipta banyak lapangan kerja. Tentunya organisasi ini akan sangat membantu program Pemko Batam dalam upaya menciptakan lapangan kerja, mempercepat pembangunan, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Umiyati SE menyebutkan sangat berbahagia sekaligus bangga karena Batam memiliki para wanita hebat yang tergabung dalam organisasi Iwapi.
Diakui Umiyati, DP3APPKB Kota Batam memerlukan banyak mitra kerja, dan kawan dari berbagai organisasi.

‘’Dengan demikian, kerja DP3APPKB yang saya pimpin hasilnya bisa maksimal serta semakin dekat dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Batam. Kerja kita menjadi terbantu dan semakin ramai dengan kehadiran Iwapi,’’ sebut Umiyati yang merupakan mantan Camat Bengkong tersebut.

Ditambahkan Gusnawati, dia optimistis di bawah kepimpinan Mimi Betty, Yuliana dan ibu-ibu lainnya, Iwapi Kepri, Iwapi kota kabupaten se Kepri akan semakin maju.

Gusnawati yang juga Ketua DPC Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Batam itu menambahkan, meskipun ibu-ibu berhasil mengelola perusahaan dan menjadi bos di luar sana, tapi jangan sampai lupa bawah kodrat seorang wanita adalah menjadi istri dan ibu dari anak- anak.

Usai pengukuhan dan di hari yang sama, Dyah Anita Prihapsari dan Erlita Amsakar meresmikan penggunaan kantor DPC Iwapi Kota Batam di Kompleks Garama Citra Hill, Blok R No. 18 Bengkong Garama, Batam. Peresmian ini dihadiri jajaran anggota dan pengurus DPC Iwapi Kota Batam, dan DPD Iwapi Provinsi Kepri.

Yuliana menyebutkan, perempuan mempunyai potensi besar dalam membangun berbagai sektor kehidupan. Banyak profesi digeluti wanita. Salah satunya dengan menjadi pengusaha. Tidak sedikit pengusaha di Batam adalah dari kalangan wanita. Yuliana ingin agar wanita yang sukses berusaha tadi tidak hanya bermanfaat bagi tempat usahanya saja, tapi juga bermanfaaat bagi masyarakat Batam pada umumnya.

Pemilik rumah sakit di Batam itu mengaku, ada sebagian wanita yang sukses secara ekonomi. Sayangnya, mereka tidak suka menonjolkan diri. Sebagian wanita banyak diam, tapi tetap profesional, tegas, dan bekerja maksimal di perusahaannya. Itu elok. Namun akan lebih elok lagi bila wanita yang sukses tadi bergerak, mau bersuara, ikut memotivasi, mau menjelaskan, ikut berbagi pengalaman kepada wanita-wanita lain agar bisa mandiri secara ekonomi, kreatif, bisa membesarkan usaha, tanpa harus mengabaikan peran sebagai ibu bagi anak-anak, dan sebagai istri yang baik bagi suaminya.

Diakui Yuliana, dia terus melakukan pendekatan sebelum menjadi ketua. Hasilnya, DPC Iwapi Kota Batam semakin ‘’bersinar dan bergairah’’. Banyak kegiatan dilakukan untuk masyarakat. Para wanita yang tergabung di DPC Iwapi Batam semakin solid. Mereka semakin cinta dengan organisasi wanita ini. Usaha mereka terus tumbuh dan berkembang. Anggota Iwapi adalah wanita yang sukses sekaligus tetap menjadi ibu yang super, dan baik bagi keluarganya.

Wanita jangan hanya menjadi teman hidup saja, tetapi harus bisa mandiri dan mampu mengelola usaha sendiri. Di luar, wanita berusaha dan berkiprah mengembangkan usahanya. Mereka berjalan tegak sejajar dengan laki-laki. Pada sisi lain, dalam rumah tangga, wanita tetaplah sosok ibu bagi yang lembut, memanjakan, dan menghasihi anak-anaknya dan keluarga yang ada di dalamnya.

Meskipun seorang wanita sukses dalam berusaha tambah Yuliana, tetaplah dia sebagai istri yang harus menghargai suami. Tugas istri adalah mendampingi suami dalam keadaan suka, duka, dan selalu memberikan dukungan terbaik bagi suami, anak serta keluarganya.

”Istri harus selalu ada saat suami memerlukan teman diskusi, kemudian ada untuk anak-anaknya saat mereka membutuhkan tempat untuk sekadar curhat, atau berbagi suka dan duka,” ucapnya.

Wanita berjilbab ini mengakui, banyak manfaat bagi wanita masuk menjadi anggota atau pengurus Iwapi. Beberapa di antaranya adalah mendapat pelatihan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM), dapat bekerja sama dengan koperasi dan perbankan. Lewat komunikasi, selain mendapatkan perlindungan sebagai anggota, juga mendapat informasi bisnis seperti info pasar, info pameran, dan lainnya.

Tak kalah pentingnya, anggota Iwapi juga mendapatkan informasi peluang bisnis baru atau sesuai usaha anggota, mendapatkan layanan promosi melalui internet. Juga mendapat layanan lainnya demi kemajuan usaha bersama. Pada intinya, Iwapi adalah satu organisasi penting bagi wanita, untuk mengangkat perekonomian dan harga diri wanita.

Yuliana juga mengatakan, merupakan suatu kebanggaan bagi dia terpilih menjadi Ketua DPC Iwapi Kota Batam. Kebanggaan ini sudah sepatutnya menjadi motivasi bagi dia dan jajaran pengurus untuk terus menjalankan roda organisasi. Salah satunya, memenuhi kebutuhan anggota secara khusus dan kebutuhan organisasi secara umum. Tujuan akhirnya adalah memiliki kontribusi yang baik bagi pembangunan perekonomian Batam.
Dalam menghadapi dinamika globalisasi dan persaingan dunia usaha yang semakin ketat, salah satu keharusan bagi suatu daerah adalah meningkatkan daya saingnya. Hal ini dapat terwujud dengan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan pelaku usaha serta organisasi yang fokus dalam pengembangan ekonomi.

Iwapi Batam papar Yulianda, akan selalu berusaha memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam hal ini pengusaha wanita membantu terbentuknya pengusaha-pengusaha wanita baru dengan membuat sebuah gerakan wirausaha wanita Batam. Gerakan ini memiliki tujuan dapat berkontribusi dalam peningkatan jumlah wirausaha di Batam dan meningkatkan daya saing Batam dalam bidang industri.

Untuk berusaha ujar Yuliana, beberapa hal yang harus dilakukan yaitu memberanikan diri untuk memulai usaha, jangan ragu dan tekatkan niat.
Kemudian mempbanyak teman dengan mengikuti organisasi, arisan, ataupun pengajian di lingkungan sekitar rumah. Network ini harus dijadikan peluang, karena pasar utama ya teman-teman dulu. Tak kalah pentinya, yaitu menentukan target dalam pemasarannya, apakah kelas bawah, menengah, atau atas. Ini sangat perlu dipelajari, agar produk yang di pasarkan tidak salah sasaran yang akhirnya kurang direspon.

Yuliana menuturkan, pengusaha wanita di Batam saat ini sangat banyak. Mereka berusaha di bidang kue, garmen, tas, sekolah, perguruan tinggi, dan lainnya. Dengan masuk di Iwapi, kemungkinan untuk membesarkan usha akan semakin terbuka lebar. Sebab, banyak terjadi, melalui organisasi satu usaha menjadi besar karena didukung oleh kawan-kawan, dan jaringan yang komunikasi dengan lembaga dan orang banyak. ***


Suprizal Tanjung’s Surau

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Berorganisasi sekaligus Mengembangkan Usaha

Tuesday 8 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Download Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-6838/PB/2017 tanggal 04 Agustus 2017, tentang Pelaksanaan Rekonsiliasi Tingkat UAKPA…

Tuesday 27 December 2016 | Blog

Jika kita perhatikan realita masyarakat, niscaya akan kita dapati berbagai corak tingkah laku manusia, ada yang…

Wednesday 13 September 2017 | Blog

Sungguh miris nasib sejumlah guru honorer kategori 2 (K2) di Kapuas ini. Sudah bekerja 12 bulan…

Sunday 11 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Kepada Yth : Pengawas SD se Kota Surabaya di – .     SURABAYA Berikut kami informasikan undangan…