Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Targetkan Dapat Satu Teman Per Hari, dan Harus Dijaga

Sep
05
2017
by : . Posted in : Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Kisah Inspiratif Warga Batam: Ahadi Putra

Ahadi Putra memulai karir sebagai marketing. Kini ia menjabat kepala cabang salah satu bank terkemuka di Batam. Apa saja prinsip kerjanya sehingga dipercaya menjabat kepala cabang bank?

YAHYA BURLIAN, Batam

“Allahu akbar,” seru imam salat zuhur di Masjid Raya Batamcenter yang segera duduk di tahiyat awal diikuti makmumnya. Ahadi Putra dan wartawan koran ini yang baru datang langsung bergegas merapat di shaf belakang.

Ahadi Putra

Kami berniat dan angkat takbir sebentar, langsung ikut duduk tahiyat awal. Ya, kami masbuk salat zuhur di Masjid Raya Batamcenter, Kamis (24/8/2017).

Usai menunaikan kewajiban dan berdoa bersama jamaah lainnya serta bermunajat masing-masing, kami langsung beranjak, menuju salah satu sudut di antara luasnya Masjid Raya. Kami duduk bersila. Ahadi sesekali menyeka wajahnya yang masih sedikit basah karena air wudhu.

“Alhamdulillah kita diberikan kesehatan dan waktu oleh Allah SWT untuk salat zuhur di masjid ini,” kata Ahadi dengan nada bicara pelan mengawali obrolan kami.

Topik demi topik obrolan kian hangat kami bicarakan. Hingga pada cerita jalannya roda kehidupan.

Ia saat ini sedang diuji amanah sebagai Kepala Cabang Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Banda Raya Batuaji.

Suatu jabatan yang cukup tinggi di dunia perbankan. Padahal dari usianya, ia terbilang cukup muda, yakni 45 tahun. Wajahnya pun terlihat masih segar, belum banyak guratan kerutan. Ditopang pula dengan tinggi badannya 185 meter yang masih tegap dan berisi.

Dengan tutur logat khas orang Kota Istana Pagaruyung, Sumatera Barat (Sumbar) dia mulai bercerita. Sedikit mengenang pertama hijrah dari kampungnya di Batu Sangkar, Padang ke Batam pada 1996 lalu.

“Begitu sampai di sini (Batam, red), saya langsung tinggal dan ikut kerja bantu-bantu abang bawa barang dagangan dari Batam ke Singapura sambil juga mencoba melamar ke perusahaan-perusahaan di Batam,” ujar pria alumni Universitas Eka Sakti (Unes) Jurusan Akuntansi ini.

Setelah terus berjuang, akhirnya lamarannya membuahkan hasil. Ia diterima bekerja di salah satu perusahaan asuransi pada tahun 2000.

Ia pun mempersunting dara cantik Minang bernama Tetty Anida. Dari hasil pernikahannya ia dikaruniai seorang putri bernama Adelia Mozza.
Tapi di perusahaan asuransi ini ia tak bisa bertahan lama karena perusahaannya di likuidasi pada tahun 2004. Dan bersyukur tak lama itu ia kembali bekerja di perusahaan asuransi Sinar Mas pada tahun 2005.

Pada tahun 2007 ia pindah kerja ke BPR Banda Raya sebagai marketing. Tahun demi tahun seiring kinerja, komitmen, dan prestasi, berjenjang ia menerima jabatan demi jabatan, hingga ia dipercaya sebagai pimpinan cabang BPR Banda Raya di Botania Batamcenter pada tahun 2010.
Kepemimpinannya terhitung berhasil karena target kerja yang diembankan kepadanya berhasil dicapai.

Ia pun kembali dipercaya memimpin cabang BPR Banda Raya di Batuaji mulai tahun 2015 sampai sekarang.

Ia sedikit berpromosi. Kantor cabang BPR Banda Raya Batuaji yang dipimpinnya berada di Komplek Sinar Jaya blok A nomor 3 Batuaji, Batam.
BPR-nya melayani Kredit Modal Kerja (Usaha Mikro), Kredit Investasi, Kredit Investasi Pemilikan Emas, Kredit Pemilikan Mobil/Motor, Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Multi Guna, Tabungan Banda Raya, dan Deposito Banda Raya.

Mendengar alur kehidupannya yang terbilang berhasil, wartawan koran ini pun penasaran. Tentu ada prinsip kerja yang patut diungkap darinya untuk menginspirasi bagi para karyawan/pegawai swasta di Batam.

“Kita jika terjun dalam suatu bidang haruslah dengan sangat serius kita jalani dan kuasai ilmunya,” katanya memberi “petuah”.

Harus mencari pendukung untuk kesuksesan kerja. “Janganlah kita ikutan yang tidak bagus yang dapat meruntuhkan etos kerja,” tambahnya.

Dalam bekerja pun katanya harus serius dan terus kreatif mencari jalan untuk mencapai target yang ditetapkan perusahaan.

“Saya sebagai marketing punya target dalam satu hari harus dapat satu teman,” ujarnya.

Dari pertemanan ini kita bisa jalin silaturahmi dan nambah cakrawala ilmu. Nantinya dari satu teman ini akan mendapat teman lainnya. Begitulah seterusnya.

“Selanjutnya kita harus menjaga terus pertemanan ini,” katanya seraya mengangkat tangan dan tersenyum menjawab sapaan dua orang memberi salam padanya yang ternyata temannya.

Menurutnya nasabah tak hanya sebatas nasabah, juga harus dijadikan teman. Melalui pertemanan ini akan terus terjalin silaturahmi. Meski mereka tidak lagi menjadi nasabah, pertemanan harus tetap dijaga.

“Suatu waktu karena terjalin bagusnya komunikasi, orang yang tidak nasabah lagi akan masuk lagi menjadi nasabah,” paparnya.

Menghargai pertemanan, lanjutnya, tak hanya di ruang lingkup kerja, juga lingkungan sekitar tempat kerja. Termasuk di lingkungan tempat tinggal.
Alhasil, tanpa disadarinya, para tetangganya di lingkungan perumahan tempatnya tinggalnya di Villa Hang Lekir, Batamcenter, mempercayainya sebagai Ketua RT.

“Sejak tahun 2013 saya dipercaya jadi Ketua RT sampai sekarang. Kalau dihitung sudah dua periode,” ungkapnya.

Sebagai Ketua RT, dia harus selalu dituntut untuk mendengar dan melayani keinginan warga. “Beberapa program RT alhamdulillah tercapai,” katanya.

Tak terasa obrolan kami pun patut diselesaikan karena hari mulai petang. Kami pun saling mengucapkan salam berpamitan untuk menyongsong kesibukan masing-masing selanjutnya. ***


Suprizal Tanjung’s Surau

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Targetkan Dapat Satu Teman Per Hari, dan Harus Dijaga

Tuesday 14 November 2017 | Blog

Download Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-9993/PB/2017 tanggal 10 November 2017, tentang Pelaksanaan Rekonsiliasi Tingkat UAKPA Bulan…

Friday 8 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Pemerintah Kabupaten Kapuas kembali membagikan mobil dinas (Mobdin) baru kepada Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)…

Monday 6 November 2017 | Blog

Download Peraturan Menteri Keuangan Nomor 147/PMK.03/2017 tanggal 31 Oktober 2017, tentang Tata Cara Pendaftaran Wajib Pajak dan…

Sunday 18 December 2016 | Blog

Bakti Sosial di Dua Tempat SUPRIZAL TANJUNG, Batam PENGURUS Lumbung Informasi Rakat (LIRA) Kota Batam dan…