Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Siswa Nurul Muhajirin Dibiasakan Berkurban Sejak Dini

Sep
09
2017
by : . Posted in : Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Bagikan 100 Kantong Daging

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

SEKOLAH Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Nurul Muhajirin melaksanakan penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1438 H di halaman SMP IT Nurul Muhajirin, Minggu (3/9/2017) mulai pukul 07.00 WIB.

Siswa-siswi SMP IT Nurul Muhajirin foto bersama sebelum memotong sapi dan kambing di halaman SMP IT NM, Kompleks Masjid Al Muhajirin Tiban, Sekupang, Sabtu (26/9/2015).

‘’Hewan kurban yang dipotong kali ini satu ekor sapi dan satu ekor kambing dan dikemas dalam 100 kupon (daging, red),’’ sebut Ketua Kurban, Jainuddin Oumo, S.Pd.I ketika itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bendahara Kurban, Iga Herdian, S.Pd dan Sekretaris Kurban, Lola Stephanie, S.Pd.

‘’Kegiatan ini juga diramaikan guru seperti Lalu Hajar Anwar, S.Pd.I, Amiludin,S.Pd, Andi Indra, S.E, Putra, Ari, dan ustaz Lalu Munawir, S.Pd.I, serta siswa-siswi kelas VII, VIII, dan kelas IX,’’ ungkap Koordinator Acara yang juga guru Biologi SMP IT Nurul Muhajirin, Silvi Indria, S.P.

Kepala SMP IT NM, Masykur Usman Piri SPd menambahkan, usai pemotongan, sebanyak 20 kg daging dan 20 kg tulang diambil untuk dimasak dan dimakan bersama di sekolah oleh seluruh keluarga besar SMP IT Nurul Muhajirin. Saat itu, para ibu guru, dibantu siswi memasak rendang daging, sup tulang. Disiapkan pula sayur lalapan. Aneka ragam gorengan, kue, puding (agar-agar), serta minuman segar dihidangkan lengkap dengan buahnya.

Kurban ini papar Masykur, berasal sumbangan siswa-siswa, para staf, dan guru. Semua dilibatkan, terutama siswa-siswi. Tujuannya, agar tertanam sifat rendah hati, mau berkurban harta benda, tidak takut kehilangan harta (sapi, kambing, red) untuk mematuhi perintah Allah.

Diakui Masykur, penyembelihan hewan kurban di SMP IT Nurul Muhajirin dinilai sangat berkesan dan bersejarah. Bagaimana tidak. Umumnya, hewan kurban disumbangkan umat Islam yang sudah mampu secara ekonomi. Di SMP IT NM hal membanggakan dan mengharukan terjadi, sapi tadi merupakan infak seluruh murid SMP IT NM dibantu guru yang berada di bawah koordinasi Yayasan Masjid Al Muhajirin. Persoalannya bukan besar atau sedikitnya uang yang dikeluarkan. Bagi guru SMP IT NM dan Yayasan Masjid Al Muhajirin, kadar keikhlasan siswa, semangat ingin berbagi kebahagiaan kepada kaum duafa, dan mau menyisihkan uang jajan, sangatlah besar nilainya.

‘’Bagi Saya, inilah nilai lebih yang kita tanamkan dalam jiwa siswa SMP IT NM. Sampai kapanpun, anak-anak kita ini akan terkenang dan terbiasa, untuk berkurban. Ini akan menjadi sejarah tidak akan pernah terlupakan dalam hidup mereka,’’ ujar Masykur.

Berkurban berarti telah menghilangkan sifat pelit, tidak mau menolong sesama, tidak pernah kenyang dan puas terhadap harta benda. Bayangkan saja papar Lalu, di usia relatif sangat muda, di bawah usia 15 tahun, siswa tadi telah mau memberikan uangnya untuk dibelikan sapi. Lalu, mereka juga yang memotong, membersihkan daging, memasukkan daging ke kantong plastik, dan membagikan kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya.

Dia mengakui, siapa yang tidak bahagia, bangga, memiliki anak yang memiliki moral, dan agama yang sangat baik sejak dini. Itulah yang kita tanamkan di hati dan pikiran anak didik.

Dilanjutkan, bukan hanya itu, sampai siang hari, siswa masih setia menunggu masyarakat datang untuk mengambil daging melalui kupon yang sudah disebarkan sehari sebelumnya. Tugas hari itu baru selesai ketika azan Zuhur berkumandang. Usai membersihkan badan dan pakaian, murid, guru, staf, pengurus yayasan, dan masyarakat sekitar makan bersama. Kemudian dilanjutkan dengan salat bersama di Masjid Al Muhajirin Tiban yang tempatnya satu halaman dengan SMP IT NM.

‘’Insya Allah, lewat kebersamaan dan semangat murid-murid dalam berkurban, kita dewan guru, dan yayasan menjadi yakin dan lebih bersemangat untuk menggelar pemotongan hewan kurban dengan kuantitas (jumlah) hewan dan kualitas lebik baik di tahun mendatang di SMP IT NM,’’ ujar Masykur.

Untuk pemotongan ujar Masykur, pihak sekolah memang sengaja melibatkan seluruh siswa untuk menyelenggarakan event terbesar umat Islam setiap tahunnya ini. Melalui kegiatan penyembelihan sapi dan kambing ini, pihak sekolah ingin menanamkan sejak dini rasa kebersamaan, tolong menolong, antara murid dan guru dan staf sekolah serta sebaliknya. ***


Suprizal Tanjung’s Surau

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Siswa Nurul Muhajirin Dibiasakan Berkurban Sejak Dini

Tuesday 27 December 2016 | Blog

Perancis merupakan negara sosialis yang dicirikan oleh kuatnya posisi negara dan besarnya jaminan kesejahteraan yang diberikan…

Thursday 27 October 2016 | Blog

Saran / Informasi Anda   Nama: arul Dari: palangka raya/kalteng Saya: Masyarakat palangka raya Saran: kepastian…

Tuesday 29 April 2014 | Blog

Kapur adalah media gambar serbaguna yang dapat digunakan di trotoar kertas dinding dan permukaan lainnya .…

Friday 2 June 2017 | Dokumentasi

Kepada Yth. : Kepala UPTD BPS se Kota Surabaya Kepala TK/SD/SMP se Kota Surabaya Berdasarakan Laporan…