Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Kekecewaan Melahirkan Motivasi

Sep
08
2017
by : . Posted in : Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Kisah Inspiratif Warga Batam: Ely Kusuma Widiastuti

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

KECEWA tidak mendapatkan tempat massage (memijit, red) untuk bayinya tahun 2012 lalu, Ely Kusuma Widiastuti termotivasi untuk belajar dan menekuni usaha spa dan massage. Bukan cuma bayi, bahkan anak, remaja, dewasa, dan orang tua perempuan pun ditangani. Kini member-nya mencapai 1.987.

Ely Kusuma Widiastuti di Kepri Mall, Minggu (7/5/2017). F Suprizal Tanjung

Sekitar tahun 2012, Ely yang mempunyai bayi memerlukan perawatan massage. Dicari info kesana kemarin, ternyata tidak ada massage khusus untuk bayi? Bukan hanya bayi dia, puluhan dan mungkin ratusan bayi lain membutuhkan perawatan dan pelayanan massage. Sayang sekali, kota sebesar Batam, tidak ada tempat seperti itu. Bagaimana akal? Sementara sang bayi perlu di-massage agar lebih segar, sehat luar dan dalam badan. Kondisi ini membuat kecewa Ely. Terlintas ide membuka sendiri usaha itu?

Dua bulan setelah melahirkan, Ely meninggalkannya anak mengikuti training internasional di Singapura tahun 2013. Training tentang pentingnya massage bagi bayi, kejiwaan bayi, aromaterapi yang baik untuk bayi, dan lainnya. Pascatraining, Ely banyak bertanya, melihat, dan berkomunikasi dengan keluarga, kawan-kawan tentang bagaimana membuka usaha massage.

Nama usaha disiapkan, yaitu Labatu. Labatu berasal dari bahasa Sansakerta berarti kebahagiaan. Selasa (3/12/2013) adalah hari bersejarah bagi Ely. Ketika itu, Labatu diresmikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam Dra Hj Rekaveny di Kepri Mall.

Labatu ditangani terapis (orang yang melakukan terapi, red) berpengalaman dan telah memiliki dua sertifikat internasional, yakni International Infant Massage dan International Massage in The School Program. Dengan kapasitas tersebut spa ini dapat menjadikan pilihan tepat untuk memanjakan bayi dan anak-anak.

Saat mulai beroperasi, member Labatu hanya satu dua. Sangat sedikit. Ely tidak putus asa. Promosi melalui brosur dan kawan dilakukan. Mengenai pelayanan, Labatu tidak semata mencari keuntungan. Semua yang ada di Labatu seperti saudara. Keluarga sambil bekerja. Dalam keluarga, tidak bicara uang. Uang nomor sepuluh. Begitu juga dengan pelanggan. Mereka mengutamakan kenyamanan, dan ketenangan. Saat memberikan treatment, mereka bercerita, tertawa, berpikir, dan ikut memberikan masukkan bila mereka membutuhkan. Hal ini yang membuat pelanggan (semuanya perempuan) senang, dan kembali lagi di waktu mendatang.

Bentuk pelayanan lain yang mereka berikan adalah kesabaran. Bagaimana itu? Bayi yang sedang di-treatment atau dimasukkan ke dalam bak mandi tidak selamanya tenang. Bisa saja bayi tadi mendadak menangis tidak berhenti. Otomatis treatment dan mandi di bak batal. Tidak mengapa. Pelayanan dibatalkan dan pelanggan (orang tua bayi, red) tidak dikenakan biaya (cash, red) apapun. Mereka boleh pulang dan datang lain kali di waktu yang tepat. Harus sabar. Pendekatan dan kesabaran inilah yang membuat

Pada saat mau treatment, terapis akan menanyakan kepada pelanggan apakan sudah makan atau belum. Kalau sudah makan, maka harus menunggu sekitar 10-15 menit. Sebab kalau di-treatment perut tidak boleh kenyang betul, atau kosong sama sekali. Itu tidak baik bagi perut, dan kesehatan pelanggan. Lampu di ruangan treatment juga disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Apakah lampunya mau terang, sedang, remang-remang, atau bagaimana. Semua ditanyakan, dibicarakan tanpa mengikuti aturan yang kaku.

Labatu semakin dikenal, sehingga kini membernya mencapai 1.987. Member berasal dari masyarakat Batam, Kepri, serta wisatawan Malaysia dan Singapura. Uniknya, ada member Labatu dari karyawan salon lain. Kenapa itu terjadi? Apa yang membuat mereka datang? Dasarnya adalah melayani sepenuh hati.

Permintaan masyarakat terhadap perawatan spa, dan treatment ini semakin bertambah. Banyak kawan, tetangga, dan pelanggan yang meminta Ely membuka tempat baru di sekitar Sekupang. Usai berdiskusi dengan keluarga dan kawan-kawan, Labatu Baby Kids & Spa diresmikan di Harris Waterfront Resort Sekupang, Senin (3/11/2014).

Secara umum, Labatu hadir memberikan pelayanan perawatan spa, treatment dan lainnya bayi, balita, anak-anak, remaja, ibu hamil, kakek nenek, satu keluarga (bapak, ibu, anak). Itu sisi ekonominya. Pada sisi lain, keberadaan Labatu juga sebagai upaya untuk membantu masyarakat dan pemerintah. Terutama sekali dalam upaya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Labatu menewarkan Spa Package untuk ibu dan wanita kaum wanita yang terdiri dari pamper me up terdiri dari foot bath, face massage dan totok wajah, dan indulgence massage. Lalu relaxing berupa foot bath, indulgence massage, chocolate/ coffee scrub, face massage dan totok wajah. Whitening berupa foot bath, indulgence massage, green tea scrub, dan milk bath. Slimming berupa foot bath, slimming massage, mandar scrub, dan herbal bath. V-Spa berupa foot bath, indulgence massage, lulur, dan ratus.

Ada juga, Mom and Princess berupa foot bath, indulgence massage, bust treatment, milk bath, fruit scrub, dan free milk bath. Juga ada Ada treatment untuk prewedding (pranikah, red). Khusus untuk treatment ibu hamil, terbagi menjadi berapa usia kehadilan si ibu. Misalnya, ibu usia kehamilan 1-3 bulan, biasa sering mual, muntah, emosinya naik turun, dan lainnya. Mereka menjalanan treatment singkat agar mereka segar kembali. ***

Biodata

Nama Lengkap:
Ely Kusuma Widiastuti

Panggilan:
Ely

Tempat Lahir, Tanggal:
Denpasar, 1 Maret

Pendidikan:
Universitas Atmajaya, Yogyakarta
Diploma di Sidney, Australia


Suprizal Tanjung’s Surau

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Kekecewaan Melahirkan Motivasi

Wednesday 15 November 2017 | Blog

BATAM KOTA (BP) – Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) menggelar Musyawarah besar (Mubes) untuk pemilihan calon…

Tuesday 22 April 2014 | Blog

Dahulu batik dibuat dalam bahan berwarna putih yang terbuat darikapas(kain mori)” . “ Sekarang ini semakin…

Monday 14 April 2014 | Blog

Batik merupakan produk yang tak habis habisnya dipandang, dan menciptakan kepusana tersendiri. Untuk itulah batik hadir…

Tuesday 10 October 2017 | Blog

Kepada Yth. 1 Kepala UPTD BPS Se-Kota Surabaya 2 Kepala SD dan SMP Negeri dan Swasta…