Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

BPBD Kapuas Dampingi Petani Terusan Mulya Tingkatkan Produksi Padi

Sep
10
2017
by : . Posted in : Blog

Melalui dana hibah kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana. Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya melakukan pendampingan kelompok tani untuk budidaya tanaman padi.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, mengungkapkan, dana hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat sebesar Rp 17 miliar tahun ini mereka gunakan untuk melakukan kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi daerah yang mengalami dampak bencana tahun 2015 lalu.

Adapun salah satunya kegiatan yang dilaksanakan yakni melakukan pendampingan kelompok tani dalam usaha budidaya tanaman padi varietas unggul baru untuk satu kelompok tani di Desa Terusan Mulya Kecamatan Bataguh seluas 50 hektar.

“Akibat bencana kekeringan yang terjadi 2015 lalu membuat produksi padi masyarakat di Desa Terusan Mulia hancur, ekonomi rakyat di sana pun menjadi lemah. Nah, melalui dana hibah dari BNPB Pusat, sekarang kita bantu supaya produksi padi masyarakat di sana bagus,” terang Sinaga di Kuala Kapuas, Rabu (30/8/2017).

Bantuan yang disalurkan BPBD adalah dalam bentuk uang sebesar Rp 276 juta yang dikelola langsung oleh kelompok tani dengan peruntukan dari mulai penyiapan lahan dan panen untuk seluas 50 hektar dengan tujuan meningkatkan produksi padi.

“Memang kalau kita hitung-hitung dana sebesar itu untuk kebutuhan luasan 50 hektar tidak cukup, tapi kitakan bekerjasama dengan petani. Uang ini sifatnya hanya stimulan saja supaya petani bisa mengembalikan ekonominya,” katanya.

Selain melakukan pendampingan kelompok tani. Melalui dana hibah kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana sebesar Rp 17 miliar tahun ini, BPBD Kapuas juga akan melaksanakan pembangunan jalan usaha tadi di lima kecamatan dan juga melakukan renovasi tanggul sepanjang 9 kilometer di B4 Dadahup dan pengadaan kapur sebanyak 850 ton di lima kecamatan.

“Untuk kegiatan pembangunan jalan usaha tani, renovasi tanggul dan pengadaan kapur, sekarang dalam proses lelang. Mudah-mudahan dalam waktu dekat semua bisa kita realisasikan sehingga bisa secepatnya pula bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkas Sinaga.

Sumber: http://www.menaranews.com


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya BPBD Kapuas Dampingi Petani Terusan Mulya Tingkatkan Produksi Padi

Thursday 15 May 2014 | Blog

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah begitu yaaa. kemudian, Berbatasan langsung dengan…

Tuesday 1 April 2014 | Blog

Batik lover tidak punya batik layak pakai karena sudah mulai usang atau ingin menambah koleksi batik?…

Saturday 10 December 2016 | Blog

Samsung Galaxy S6 – Ponsel yang menjadi penerus dari Samsung Galaxy S5 ini menurut rumor yang…

Wednesday 11 October 2017 | Blog

Kisah Inspiratif Warga Batam: Hanafi SUPRIZAL TANJUNG, Batam LEWAT kreativitas, sampah tidak lagi menjadi barang tidak…