Menu

Kapuas Raih Adipura, Gaji “Pasukan Oranye” Masih Dibawah UMK

Aug
06
2017
by : .... Posted in : Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas telah berhasil meraih piala Adipura. Raihan ini tentu tidak lepas dari peran para petugas kebersihan atau yang biasa disebut “pasukan oranye” dalam membersihan sampah.

Namun dibalik susksesnya Kapuas meraih Adipura, gaji bulanan yang diterima pasukan oranye di daerah ini ternyata masih dibawah standar upah minimum kabupaten (UMK). “Gaji sebulan saya terima bersih hanya Rp 1,6 juta,” kata Rahmadi petugas kebersihan bagian bongkar muat angkutan sampah Dinas PUPRPKP Kapuas, Kamis (3/7/2017).

Bagi Rahmadi gaji yang diterimanya tersebut tentu sangat kurang, terlebih dia memiliki tanggungan dua orang anak. “Bagi saya yang punya dua orang anak tentu gaji sebesar itu tidak cukup, makanya saya berharap besaran gaji bisa ditambah lagi, karena sudah lama gajinya tidak naik-naik,” katanya.

Harapan yang sama juga disampaikan petugas kebersihan lainnya yakni Arifin. Ia berharap dengan keberhasilan Kota Kuala Kapuas meraih piala Adipura, setidaknya penghasilan yang ia terima setiap bulannya juga ada perubahan. “Kalau bisa gajinya dinaikkan, karena sudah lama tidak ada perubahan,” ujarnya.

Belum standarnya upah yang diterima para pasukan oranye di Kabupaten Kapuas juga diakui oleh Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas, Ahmad Isnaeni. “Memang gaji petugas kebersihan kita masih belum sesuai UMK,” katanya.

UMK Kabupaten Kapuas sendiri tahun 2017 ditetapkan sebesar Rp 2,3 juta lebih. Sementara menurut Isnaeni gaji petugas kebersihan sebesar Rp 1,9 juta, namun setelah dipotong BPJS besaran gaji yang diterima pasukan oranye setiap bulannya tinggal sebesar Rp 1,6 juta. “Mudahan-mudahan kedepan gaji mereka bisa sesuai dengan upah minimum kabupaten,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, menyatakan akan mempertimbangkan untuk kenaikan gaji petugas kebersihan di daerah setempat.

“Apabila keuangan kita memungkinkan maka akan kita pertimbangkan (kenaikan gaji pasukan oranye),” katanya usai menyambut kedatangan piala Adipura, Kamis (3/7/2017).

Sumber: http://www.menaranews.com


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Kapuas Raih Adipura, Gaji “Pasukan Oranye” Masih Dibawah UMK

Friday 6 January 2017 | Diklat

Kepada Yth. : Kepala UPTD BPS se Kota Surabaya Ketua MKKS SMP/SMA/SMK/SLB Swasta se Kota Surabaya…

Sunday 13 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Sumirat: Tingkatkan Kemitraan, Budayakan 3S SUPRIZAL TANJUNG, Batam Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Kepri, Kombes Pol…

Wednesday 17 January 2018 | Blog

Download Peraturan Menteri Keuangan Nomor 3/PMK.05/2018 tanggal 8 Januari 2018, tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Balai…

Thursday 24 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Wakil Bupati Kapuas Muhajirin mengatakan, petahana atau kepala daerah yang akan habis masa jabatannya dan ingin…