Kapuas Baru Cetak 16 Ribu KIA

Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Kapuas, baru 20%. Pada tahun ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menargetkan 50% pembuatan KIA.

Kepala Dinas Kependukan dan pencatatan Sipil(Disdukcapil) Kapuas Ruseini melalui Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Sipie S Bungai mengatakan, saat ini pihaknya sudah mencetak 16 ribu Kartu Identitas Anak (KIA). “Kemarin kami sempat melakukan sistem jemput bola bekerja sama dengan pihak sekolah, hasilnya sekitar 16 ribu KIA sudah diserahkan kepada pihak sekolah,” kata Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Sipie S Bungai, Selasa (8/8/2017).

Memang saat ini baru 20%, yakni perekaman untuk Kecamatan Selat saja. Nantinya dilakukan perekaman kembali di luar Kota Kapuas dan target tahun ini 50%. “Tahun 2017 ini kami targetkan sekitar 50 persen bagi yang sudah memiliki akta kelahiran, tetapi perlu anggaran dan akan diusulkan pada Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2017 ini,” terangnya.

Sipie mengakui, KIA ini kurang diminati, berbeda dengan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). “Memang pembuatan KIA tidak segencar KTP dan KK, namun ada yang membuat akta Kelahiran baru langsung dibikinkan KIA. Nanti ada perubahan data lagi, karena usia di bawah 5 tahun tidak perlu pas photo. Target 80 ribu kartu tercetak dan blangko masih banyak,” pungkasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas