Dinas Pertanian Usulan Program Pengadaan Ternak

Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas mengusulkan program pengadaan ternak baik itik, kambing, babi dan sapi pada APBD Perubahan (APBD-P) 2017.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Anjono Bhakti melakui Kepala Bidang Peternakan Hery mengatakan,untuk tahun 2017 ini pihaknya mengajukan pengadaan belanja ternak baik itu itik,kambing,babi dan sapi pada ABT 2017 ini.

“Untuk tahun ini kita program pengadaan hewan ternak untuk itik 2000 ekor,kambing 100 ekor,babi 100 ekor dan sapi 50 ekor,”kata Hery kepada Borneonews, Selasa (1/8/2017).

Hery mengakui untuk ternak itik di adakan lagi,karena ada permintaan dari kelompok ternak ke dinas sehingga usulan di ABT 2000 ekor.

“Memang penambahan 2000 ekor itik ini setiap tahun pasati ada karena permintaan kelompok tani ternak berupa proposal yang masuk ke dinas,” ungkapnya.

Jika dilihat dari jumlah permintaan, lanjut dia, ternak itik paling banyak diminta peternak. Namun masalahnya kelompok ternak yang mendapat bantuan masih sangat bergantung pada bantuan Pemkab Kapuas.

“Kita ingin parakelompok ternak ini harus mandiri, terutama ternak itik. Sebab setiap tahun kami usulkan pengadaan sampai ribuan ekor tetapi mereka belum mandiri baik secara finansial masih tergantung dengan pemerintah,” ungkap dia.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas