Bupati Kapuas Terima Piala Adipura Pertama

Program Adipura yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya isu lingkungan, mendorong ketelibatan dan keaktifan masyarakat dalam upcaya perlindungan lingkungan, dan sebagai ruang introspeksi tentang kondisi lingkungan yang telah dicapai selama setahun yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986.

Sejak itu pula Kabupaten Kapuas terus berjuang untuk meraih penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup ini. Atas kerja keras seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kapuas dibawah kepemimpinan Ir Ben Brahim S Bahat akhirnya pada tahun 2017 ini Kota Kuala Kapuas yang memiliki semboyan Kota Aman Indah dan Ramah (Kota AIR) berhasil meraih Piala Adipura.

Piala Adipura tersebut diterima langsung Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam Puncak Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Tahun 2017, yang bertemakan “Connecting People To Nature” (Menyatu Dengan Alam), pada Rabu (2/8) di Plaza Ir Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada saat itu, Presiden Joko Widodo dan Menteri LHK Siti Nurbaya memberikan empat jenis penghargaan utama yang diberikan kepada perorangan, kelompok, kepala daerah dan sekolah yang telah turut berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan yaitu Kalpataru, Adipura, Adiwiyata dan Nirwasita Tantra.

Penghargaan secara simbolik diberikan oleh Presiden RI yang terdiri dai 10 Kalpataru, 16 Adipura, 6 Adipura Kencana, 116 Adipura, 24 Adiwiyata dan 9 Nirwasita Tantra untuk 3 Gubernur, 3 Bupati dan 3 Walikota.

Usai menerima Piala Adipura Ben Brahim menyatakan rasa bangga dan gembiranya atas prestasi yang membanggakan ini. “Piala Adipura ini dapat kita peroleh berkat kerja sama dan kerja keras dari kita semua. Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Adipura dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kapuas. Harapan saya agar indikator penilaian sehingga bisa memperoleh Piala Adipura harus kita pertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi pada masa yang akan datang,” harapnya.

Sumber: http://kapuaskab.go.id


Info Kabupaten Kapuas