Pemkab Kapuas Diminta Segara Lakukan Penanganan Jangka Pendek Terhadap Korban Banjir

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas dari daerah pemilihan (dapil) IV, Berinto, meminta pemkab segera melakukan penanganan jangka pendek bagi korban banjir di dua kecamatan non pasang surut. Baru kemudian melakukan tindakan jangka panjang demi mencegah terulangnya bencana serupa.

“Kalau kita bicara masalah banjir, memang sudah bagian dari kehidupan masyarakat di sana. Karena dalam satu tahun pasti terjadi dua kali banjir. Namun ini sudah empat kali banjir dan kali ini yang terparah,” kata Berinto, Rabu(19/7/2017).

Mengenai penanganan jangka pendek, sambungnya, pemkab harus segera menyalurkan bantuan kepada para korban. Kebetulan anggaran untuk tanggap darurat banjir sudah ada.

“Kalau di lakukan kajian terkait bencana banjir, itu penanganan jangka panjang. Entah itu faktor alam atau ulah manusia, nanti saja. Yang terpenting penyaluran bantuan kepada warga yang terkena bencana banjir,” ungkapnya.

Politisi dari Partai Nasdem itu menyampaikan, kepekaan terhadap bencana menjadi tangung jawab pemerintah kabupaten. Sebab sejak Jumat (14/7/2017) hingga saat ini belum ada penanganan bantuan sembako kepada warga.

“Jadi saya minta kepada pemeritah daerah segara salurkan bantuan sembako kepada warga. Sebab ini sudah enam hari belum disalurkan bantuan pascabanjir,” ujarnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas