Pemanfaatan Sampah Plastik Bisa Tekan 10% Volume Sampah Kuala Kapuas

Bidang Pertamanan dan Persampahan, Dinas Pekerjaan Umum Kapuas memanfaatkan limbah plastik untuk kegiatan operasional di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah. Upaya ini diharapkan bisa menurunkan volume sampah Kota Kuala Kapuas hingga 10%.

“Dari hasil percobaan kita menghasilkan botosol setara dengan bensin itu untuk sampah botol plastik air miniral sedangkan Kantongan plastik hasilnya setara dengan solar,nantinya kiat gunakan untuk bahan bakar operasional di area seputaran TPA,” kata Kasi Persampahan, Nanang kepada Borneonews, Selasa (18/7/2017).

Untuk itu, lanjut Nanang, pihaknya sudah membuat kerangka bagan sejenis kotak segi empat yang nantinya di gunakan untuk melakukan pembakaran terhadap sampah plastik.Saat ini pihaknya belum memiliki tempat pemilihan sampah,kalau pun ada itu masih skala kecil.

“Kalau ini sudah berjalan kami akan bangun tempat khusus pemilhan sampah.Sebab selama ini pemilihan sampah ada kerja sama dengan pihak bank sampah,itu pun masih skla kecil Nantinya hasil dari proses yang menghasilkan bahan bakar minyak akan di gunakan,kendaran tosa dan ginset,” ungkapnya.

Nanang menjelaskan untuk menghasilkan 1 liter bahan bakar diperlukan setengah kubik sampah plastik. Sedangkan untuk 5 liter diperlukan 3 kubik sampah.Nantinya dimasukan di dalam kotak berdiameter 60×60 meter.

“Nantinya dari hasil ini akan kita buat untuk di bagikan ke desa-desa terdekat untuk pemanfaatan alat ini,setidaknya untuk lampu penerangan bagi masyarakat,atau bahan bakar untuk kelotok,” pungkasnya

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas