Pejabat Hasil Lelang Jabatan Di Lantik

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin, disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan  dan Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat serta Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas melantik Pejabat Struktural Eselon II (Pimpinan Tinggi Pratama) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2017, Rabu (19/7) siang di Aula Kantor Bupati Kapuas.

Menurut laporan dari Sekertaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH, pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini adalah pejabat yang akan mengisi jabatan lowong serta satuan organisasi perangkat daerah yang baru sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah.

Kemudian, merupakan hasil proses seleksi secara terbuka yang jadwal pelaksanaannya dimulai pada tanggal 18 April sampai dengan tanggal 22 Juni 2017 dengan melibatkan berbagai unsur termasuk bekerja sama dengan pihak Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melalui Tim Assessor pada Biro Sumber Daya Manusia yang berjumlah 29 orang.

Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II) yang diambil sumpah/janji dan dilantik sebanyak 8 orang yaitu diantaranya Kepala Dinas Pendidikan dijabat oleh Drs Ilham Anwar MPd, Kepala Dinas Kesehatan dijabat oleh Apendi SKM MM dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kapuas dijabat oleh Drs Yunabut.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pejabat  yang baru dilantik ditempat tugas yang baru. Ia menekankan agar melakukan persiapan, mempelajari tugas pokok dan fungsi dalam waktu singkat untuk melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat dan membina semua bawahan dengan baik.

“Saya tahu banyak yang mengikuti lelang jabatan ini. Hal ini merupakan peraturan yang sangat membantu pimpinan daerah dalam menentukan siapa yang menjadi kepala dinas melalui seleksi yang telah dilakukan baik dari panitia, Komisi Aparatur Sipil Negara dan bekerja sama dengan Polda Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Ia menegaskan dalam seleksi tersebut tidak ada yang bisa melalukan tawar menawar. Maka dari itu, kepada ASN yang masih dijabatan Eselon III agar mempersiapkan diri untuk mengikuti lelang jabatan ke depan.

Ben Brahim menilai kepada pejabat yang baru dilantik itu bahwa sudah beradaptasi dengan baik dimana mereka menguasai posisinya dan melakukan tupoksinya dengan baik, karena diberikan kesempatan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) pada dinasnya masing-masing

Ia berharap kepada pejabat yang baru dilantik maupun pejabat lainnya agar tidak hanya berpikir sampai di Eselon II tingkat kabupaten tetapi berpikir ke depan yaitu sampai Eselon II tingkat provinsi bahkan ke kementerian.

“Kita sebagai orang daerah jangan rendah diri kita harus memiliki kemampuan dan keberanian serta membina jaringan baik dengan pihak provinsi bahkan pusat. Kalau ada lelang jabatan provinsi saya akan merekomendasikan untuk ikut,” tutur Ben.

Kemudian, ia menekankan yang terpenting adalah memiliki kemampuan, kejujuran dan ketulusan. Ia meminta agar dalam melaksanakan tugas jangan hanya bersifat rutinitas tetapi lakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan perubahan kearah yang lebih baik lagi.

Selain itu, terkait kasus pungutan liar yang terjadi, Bupati Kapuas menyayangkan hal tersebut. Untuk itu, ia menekankan kepada pejabat yang baru dilantik untuk membersihkan Aparatur Sipil Negara yang tidak bisa lagi dibina. “Mari kita melayani dengan tulus dan ikhlas dan kembali lagi kita harus bekerja keras melayani masyarakat,” pungkasnya.

Sumber: http://kapuaskab.go.id


Info Kabupaten Kapuas