Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Latih Siswa-Siswi Tampilkan Bakat

Jul
05
2017
by : .... Posted in : Blog, Diklat

Pementasan Seni (Pensi) Sekolah Sultan Agung Batam, National Plus School

DARI berbagai event yang telah digelar Sekolah Sultan Agung Batam, National Plus School, even Pentas Seni (Pensi) di Kepri Mall, Batam Kota, Sabtu (25/3/2017) merupakan yang paling besar.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

‘’Selain menampilkan siswa-siswi dalam jumlah besar, even ini juga sangat meriah,’’ sebut Kepala Sekolah SD dan SMP Sultan Agung Batam, National Plus School, Saiful Nashri ST di sekolah ini di Taman Raya, Batam Kota, Batam, Senin (3/4/2017).

Even ini terbagi dalam dua katagori. Pertama Talents and Perfomances meliputi Solo Vocal diikuti siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tari Kreasi Melayu diikuti siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tari Kreasi Modern diikuti siswa-siswi SD dan SMP. Drama diikuti siswa-siswi SMP. Karate diikuti siswa SD.

Pencak Silat diikuti siswa-siswi SMP, Fashion Show diikuti siswa dari Taman Kanak-Kanal (TK), SD dan SMP, Angklung diikuti siswa-siswi SD. Penampilan Marching Band yang diikuti 30 siswa-siswi SD dan SMP mengundang perhatian pengunjung mal. Terakhir dan tak kalah menariknya adalah penampilan Group Band SSAB yang dimainkan guru-guru SSAB. Artinya guru-guru juga mempunyai kemampuan tersendiri yang akan disalurkan kepada anak didik.

Saiful mengatakan, pada even ini juga digelar aneka lomba. Pertama Lomba Mewarnai dan Menggambar diikuti murid SD, Fashion Show diikuti murid TK, SD, dan SMP. Siswa-siswi juga menampilkan kemampuan mereka dalam bermain drama. Drama ini menggunakan tiga bahasa, Indonesia, Inggris, dan Mandarin.

Saiful menyebutkan, melalui even ini, menunjukkan SSAB tidak hanya fokus dengan pendidikan akademik semata. Mereka juga sangat peduli dengan pendidikan mental, menampung bakat, serta menyalurkan bakat-bakat terpendam siswa-siswi.

Lewat Talents atau Perfomances ini papar Saiful, sekolah telah membina karakter siswa-siswi. Terutama sekali memupuk jiwa kepemimpinan, menumbuhkan semangat kerja sama, dan mengasah kemandirian siswa siswi dalam bekerja, belajar, atau tampil di hadapan orang banyak. Itu semua sebagai bekal hidup di tengah masyarakat.

Hal ini sangat penting. Karena dengan jiwa dan karakter yang baik dan kuat, siswa siswi nantinya akan menjadi manusia yang bisa bekerja sama, peduli dan mau membantu orang lain. Siswa siswi yang ikut Talent and Perfomances, serta lomba kiranya bisa membagi pengalaman, semangat, dan keberanian kepada kawan-kawan lainnya.

Manfaat lain kegiatan ini adalah belajar menjadi pemimpin bagi kawan-kawannya, maupun menjadi orang yang dipimpim. Semuanya membutuhkan kesabaran, keseriusan, dan semangat untuk berhasil.

Lantas kenapa even ini harus dilakukan di salah satu mal terbesar di Batam yaitu Kepril Mall? Menurut Saiful pertanyaan ini cukup banyak diajukan para guru, orang tua murid, dan wali murid. Mal dipilih sebagai satu alternatif positif. Kenapa? Kalau even ini digelar di sekolah, atau lingkungan sekitar sekolah, itu tetap baik. Cuma akan lebih baik lagi bila penampilan siswa-siswi dilakukan di tempat berbeda, seperti mal. Ini akan memberikan dampak sangat besar bagi siswa-siswi. Pengalaman ditonton sekitar 400 pengunjung ini sangat memotivasi dan mendorong mental siswa-siswi untuk menampilkan kemampuan maksimal.

Mal adalah tempat umum yang dikunjungi orang banyak, yang sebagian besar dari pengunjung tersebut orang tidak dikenal siswa-siswi. Tak hanya itu, penonton Talents and Perfomances tadi juga wisatawan Malaysia dan Singapura yang kebetulan berbelanja, dan berjalan-jalan di Kepri Mall.

Pastinya bila siswa-siswi dilihat orang banyak yang bukan orang dikenalnya, tentu itu akan menimbulkan perasaan lain. Mungkin agak ragu, khawatir dan lainnya. Itu sangat baik untuk mengasah mental dan keberanian tampil di depan umum. Ini adalah langkah positif SSAB membina peserta didiknya.

‘’Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah acara berjalan sukses dan lancar karena ditambah dukungan panitia, guru, staf, siswa-siswi, orang tua, wali murid, yayasan, dan pihak sponsor,’’ papar Saiful.

Kenalkan Dunia Dirgantara

Upaya menampung, menyalurkan keingintahuan, dan menambah wawasan siswa-siswi tidak pada satu even saja. SSAB juga punya banyak program lainnya. Salah satunya mengajak sekitar 100 murid SD dan SMP mengungi Aero Show Static di Bandara Hang Nadim, Batam Kota, Kamis (31/10/2016). Aero Show Static itu sendiri diadakan Senin (28/ 10/2016) sampai Kamis (31/10/2016).

Kunjungan edukatif Aero Show Static sengaja dipilih pada akhir acara. Tujuannya, agar tidak terlalu berdesakan dengan pengunjung lain. Sekaligus siswa bisa berkonsentrasi melihat pesawat Sukhoi dan pesawat tempur lainnya.

Aero Show Static ini papar Saiful, sangat ramai. Even dirgantara itu diikuti beberapa negara yaitu Indonesia, Australia, Amerika, Singapura, Jepang, Italia, dan lainnya.

Ketika itu, pemerintah membeli pesawat tempur buatan Rusia untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kehadiran pesawat itu untuk membantu dan memudahkan menjaga keamanan lintasan udara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada Aero Show Static ini, siswa-siswi SSAB mendapat informasi tentang pesawat Hercules dan pesawat tempur F16 yang dibuat Amerika Serikat (AS). Siswa juga mendapat penjelasan tentang peluru kendali (rudal) yang ada di Sukhoi. Rudal itu dijaga dengan pengamanan khusus panitia dan TNI.

Diakui Saiful, SSAB selalu mempunyai kunjungan edukatif yang menarik. Tujuannya untuk menambah wawasan siswa. Melalui kunjungan ini, siswa-siswi terhibur, bisa melihat pesawat tempur, bisa berfoto dengan latar belakang pesawat tempur. Hal ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi para siswa. Sebab, tidak setiap waktu dan mudah melihat pesawat tempur dari dekat. Selain itu, siswa juga dimotivasi untuk cinta dunia penerbangan, cinta TNI, dan tertarik masuk ke dunia penerbangan dan TNI.

Lewat kunjungan ini diharapkan wawasan siswa bertambah tentang dirgantara dan teknologi Indonesia dan negara luar. Hasilnya, motivasi belajar siswa semakin meningkat terutatama mempelajari tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Rasa cinta terhadap NKRI para siswa akan tergugah melihat pentingnya kehadiran pesawat tempur. Wilayah dan lintasan udara Indonesia sangat luas dan itu harus dijaga. Salah satunya menggunakan pesawat tempur.

Kunjungi Kantor-Kantor Pemerintah

Masih dalam rangka menambah wawasan, dan menyalurkan keingintahuan siswa-siswi, SSAB mengajak anak didiknya mengun jungi kantor-kantor pemerintah, baik sipil maupun militer.

Beberapa tempat yang pernah dikunjungi adalah Polda Kepri, Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Polisi Air Polda Kepri, TNI AL (Marinir) di Barelang, Balai Budi Daya dan Benih Ikah Barelang, BMG Bandara Hang Nadim, dan lainnya.

Kenapa kantor-kantor pemerintah baik sipil maupun militer tadi harus didatangi? Saiful mengakui pendidikan itu luas. Tidak sebatas pendidikan di sekolah saja. Siswa-siswi harus tahu, misalnya apa itu Marinir, apa ruang lingkup pekerjaan Marinir, dan lainnya. Ini sangat penting sebagai bekal untuk menambah siswa-siswi dalam belajar.

Seperti penampilan Talents and Performances tadi, siswa-siswa diajar berani. Berani berhadapan (bertemu) dengan orang yang tidak dikenal. Berani berkomunikasi dan cinta dengan BNN, TNI, Polisi, dan lainnya.

‘’Insya Allah, kita tidak berhenti menampung bakat siswa-siswi dan menyalurkan bakat-bakat mereka,’’ papar Saiful.

Target lain yang ingin dicapai dari mengunjungi kantor pemerintah, BNN, TNI, Polisi, dan lainnya itu salah satunya agar siswa-siswi termotivasi mengabdi (bekerja) di lembaga yang mereka datangi dan menarik minat peserta didik dalam mencapai cita-citanya di masa yang akan dating. Diharapkan masyarakat mempercayakan SSAB sebagai wadah pengembangan pendidikan karakter, akhlak mulia secara akademik, bakat, dan olah raga. ***

 


Suprizal Tanjung’s Surau

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Latih Siswa-Siswi Tampilkan Bakat

Sunday 22 October 2017 | Blog

Kepada Yth : Pengawas SD / SMP Kepala UPTD Surabaya I s.d V Kepala Sekolah SDN…

Monday 26 May 2014 | Blog

tak hanya Garut dikenal dengan domba dan dodolnya saja ternyata di kota ini juga memiliki batik…

Sunday 29 June 2014 | Blog

Berikut ini adalah kisah alkisah tentang perkembangan MOTIF BATIK KUNINGAN yang tentunya ada di kuingan kami…

Sunday 18 December 2016 | Blog

Berdasarkan Laporan Koreksi Data Tunjangan Profesi (Simtun) per 16 Desember 2016 Guru TK yang SKTP 2016…