LAPOR SP4N Resmi Diluncurkan

Pelaksanaan Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) sebagai wujud dari Deklarasi Keterbukaan Informasi Publik, di Launching secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Selasa (25/7) pagi di Aula Kantor Bupati Kapuas.

Pelaunchingan tersebut disertai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara Bupati Kapuas dengan Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah Satriadi SE MAP dan disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan.

Selain itu, kegiatan tersebut dirangkaikan pula dengan sosialisasi diantaranya sosialisasi tentang peran komisi informasi dan pejabat pengelola layanan informasi publik yang disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, kebijakan bidang persandian dengan narasumber pejabat dari Lembaga Sandi Negara Jakarta serta Kebijakan Tentang Statistik dan Kominfo Kabupaten Kapuas.

Nampak hadir, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas, Pejabat dari Lembaga Sandi Negara Jakarta Tony Prihananto SH MH dan Muhammad Rizki, Kepala Diskominfo Kapuas Ir H Nor Alamsyah beserta jajaran, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, Camat se Kabupaten Kapuas, PPID Utama dan PPID Pembantu serta para tamu undangan dan peserta.

Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan apa yang dilaksanakan pada hari itu merupakan untuk melayani masyarakat dengan baik. “Ini semua adalah tugas kita karena sesuatu hal untuk mendorong pelayanan kearah yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Kemudian, ia mengungkapkan pogram pengaduan itu dapat dijadikan sebagai sarana yang mengarah kepada perbaikan kearah yang lebih baik. Untuk itu, Bupati Kapuas mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap semua peserta dapat menyimak dengan baik apa yang disampaikan agar dapat dilaksanakan dan diterapkan dengan baik.

“Yang paling penting adalah kita harus melayani masyarakat yang sangat memerlukan.  Ini merupakan salah satu pelayana yang sangat bagus dan jangan sampai membuat seseorang kecewa apalagi yang bersentuhan dengan pungut memungut, saya serahkan langsung kepada Bapak Kapolres untuk ditangani,”terangnya.

Ia mengajak untuk merevolusi mental atau karakter, karena menurut dia merubah watak/karakter seseorang sangat berat. Untuk itu, ia meminta pula kepada semua pihak untuk melayani dengan baik. melayani dengan cara kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja berkualitas dan kerja tuntas.

“Melayani bukan untuk dilayani ditambah lagi jangan melakukan pungli. Mari kita sama-sama memberantas atau meninggalkan hal-hal yang kurang baik untuk melayani masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kapuas,” tekannya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalteng dalam sambutannya mengatakan, Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi cita-cita dan komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas terkait dengan Keterbukaan Informasi Publik dan penandatangan kesepakatan (MoU) sebagai bukti nyata atas komitmen tersebut.

Dengan adanya kesepakatan bersama itu diharapkan Kabupaten Kapuas menjadi barometer keterbukaan informasi publik di Kalimantan Tengah dan menjadi kontibusi nyata bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi.

“Sebagaimana yang menjadi asas Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik yakni informasi yang dapat diperoleh dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana” ungkap Satriadi.

Sumber: http://kapuaskab.go.id


Info Kabupaten Kapuas