Jumlah Perpustakaan Desa di Kapuas Terus Bertambah

Jumlah perpustakaan desa di Kabupaten Kapuas terus bertambah, dari semula 70 desa yang ditargetkan pada tahun 2017 bertambah menjadi sebanyak 130 perpustakaan desa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Kapuas, Hj Nor Afiati Muhajirin, mengatakan, program Pemerintah Kabupaten Kapuas yakni Satu Desa Satu Perpustakaan menunjukan progres yang sangat signifikan.

“Tahun ini sebenarnya target kita 70 desa, tapi sampai sekarang jumlahnya malah sudah melebih yang kita targetkan, dimana sudah ada 130 desa yang sudah memiliki perpustakaan,” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (14/7/2017).

Menurut Nor Afiati program satu desa satu perpustakaan sebelumnya memang telah diusulkan pihaknya ke Perpustakaan Pusat Nasional (Perpusnas), selanjutnya Perpusnas menyerahkan program ini ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) dan DPMDes kemudian mengalokasikannya melalui dana desa.

“Sehingga kita tidak ada lagi insentif untuk desa atau perpustakaan desa, karena sudah kita serahkan untuk desa. Jadi, karena ini program pemerintah dan dananya tersedia, sehingga bagaimana kita mensosialisasikannya. Cuma kendalanya kita kekurangan dana untuk mensosialisasikan kepada desa,” ujarnya.

Nor Afiati berharap, semua desa di Kabupaten Kapuas memiliki perpustakaan desa yang tidak hanya bersifat holistik integratif dengan balai desa dan rumah PAUD, tetapi bisa mempunyai gedung perpustakaan sendiri.

“Karena perpustakaan desa itu selain sebagai sumber belajar juga sebagai pusat rekreasi untuk masyarakat, yaitu pusat rekreasi yang mendidik sehingga anak-anak kita bisa berkumpul di situ,” pungkasnya.

Sumber: http://www.menaranews.com


Info Kabupaten Kapuas