INFORMASI PENTING SIM PKB BAGI GURU / KEPALA SEKOLAH TK, SD DAN SMP NEGERI / SWASTA

Kepada Yth.
1. Kepala UPTD BPS Surabaya 1 – 5
2. Kepala TK Negeri/Swasta
3. Kepala SD Negeri
4. Kepala  SMPN / Swasta

PENDAFTARAN PESERTA :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Mohon sebarkan informasi kepada guru PNS/NON PNS, bagi yang belum UKG 2015 silahkan daftar untuk UKG Tahun ini (PRETEST), cara mendaftarnya :

  1. Buka Halaman https://app.simpkb.id
  2. Klik Registrasi Akun
  3. Klik Cari No.UKG
  4. Pilih Propinsi dan kota lalu ketik nama guru
  5. Guru belum UKG mempunyai no.UKG diawali dengan angka 2016
  6. Jika no UKG sudah ditemukan,klik kembali ke Login
  7. Klik Registrasi Akun
  8. Masukan No.UKG dan tempat lahir,lalu cetak akun
  9. Setelah mempunyai akun,silahkan login dan lakukan pembaruan profil guru sesuai kondisi saat ini

Setelah daftar, silahkan di print surat pengajuannya dari sim.pkb di TTD oleh kepala sekolah di bubuhi stempel resmi sekolah dan di TTD Ybs, kemudian  Admin PKB untuk verifikasi melalui kode SURAT. Setelah di verifikasi oleh admin PKB Dinas untuk jenjang SMP / UPTD untuk jenjang TK dan SD silahkan masuk komunitas di SIM PKB melalui Ketua MGMP Kab/Komisariat/KKG.

KETERANGAN DAN KETENTUAN PESERTA :

  1. Mapel Prakarya/Keterampilan SMP tidak dimasukkan ke Mulok, karena ini Mapel yang berdiri sendiri menunggu dari tim Pengembang prog dari Pusat.
  2. Mulok SMP dapat diisi dengan Bahasa Daerah sesuai Ketentuan dan Mapel Bahasa Inggris SD juga masuk Mulok.
  3. Bagi Bahasa Jawa/Daerah yang sudah terbentuk Komunitasnya sebaiknya dipindahkan ke Komunitas Mulok
  4. Mapel PAI login melalui http://simpatika.kemenag.go.id/ Mapel PAI Kewenangannya Kemenag. Mohon langsung diarahkan ke operator Kemenag.
  5. Peleburan Seni Tari, Teater, Musik, Lukis sudah di lebur ke mapel Seni Budaya oleh tim pengembang sudah bisa, silahkan di cek komunitas MGMP Seni Budaya
  6. Kepala sekolah masuk 2 Komunitas : 1. Kepala Sekolah TK Negeri / Swasta masuk Komunitas K3S & GUGUS Kecamatan 2. Kepala Sekolah SD Negeri / Swasta masuk Komunitas K3S & KKG Kecamatan 3. Kepala Sekolah SMP Negeri / Swasta masuk Komunitas MKKS & MGMP.
  7. Yang sudah UKG 2015, masih mengajar di sekolah yang sama dan mengajar mapel yang sama, yang penting bisa login dan logout.
  8. Yang sudah UKG 2015, tetapi berpindah sekolah, harus memperbarui atau menambahkan keterangan. Yang berganti mapel, harus ikut UKG lagi.
  9. Pengembangan profesi guru berbasis komunitas dan semua guru harus komunitas untuk pengembangan profesinya. Yang tak masuk komunitas, tak akan pernah terperhatikan pengembangan profesinya.
  10. Karena PKB dasarnya UKG, guru-guru yang belum UKG, harus ikut dulu. Untuk itu, semua harus mendaftar di komunitasnya di MGMP atau KKG atau MKKS.
  11. Semua guru harus login di SIM PKB. Untuk itu harus terdaftar di komunitas, dan ketua komunitas memegang informasi anggotanya,termasuk password, bila anggota komunitas terlupa passwordnya.
  12. Setiap komunitas PKB, misalnya MGMP atau KKG, segera mendaftarkan komunitasnya ke admin Dinas pendidikan untuk dibuat namanya di SIM PKB bagi komunitasnya, MGMP KKG harus: 1. Mendaftarkan; 2. Mengunggah SK; dan 3. Mendaftarkan seluruh anggotanya.
  13. Sistem PKB ditutup pada tanggal 14 Juli 2017.

untuk jenjang SMP Ke Dinas Pendidikan Bidang GTK , untuk jenjang TK dan SD ke UPTD Surabaya 1 s/d 5

Demikian atas perhatiannya  terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


dispendik.ketenagaan.surabaya