DKP Kapuas Salurkan Bantuan Bibit Ikan dan Pakan

Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Kapuas menyalurkan bantuan bibit ikan dan pakan kepada kelompok budidaya ikan dan nelayan pesisir di 6 kecamatan. Bantuan itu didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang nilainya sekitar 1.742.000,000,-.

Kepala DKP Kapuas Darmawan,memgatakan,bantuan kepada kelompok budidaya ikan di 6 kecamatan ini,berdasrkan proposal dan hasil survei lapangan bahwa mereka layak mendapatakan bantuan.

“Sebelumnya setiap kelompok budidaya ini kami surfei dulu ke lapangan tim dari Dinas dan kemompok ini harus berbadan hukum dan mendapat SK dari Bupati Kapuas.Seban bantuan ini dalam bentuk hibah,” kata Darmawan kepada Borneonews, Senin (24/7/2017).

Darmawan menjelaskan, pihaknya menyalurkan bantuan bibit ikan patin di Kecamatan Selat,Kecamatan Kapuas Kuala dan Tamban Catur 3 kelompok,sedangkan bibit ikan nila di Kecamatan Kapuas Hilir 2 kelompok,bibit ikan gurami dua kelompok di Kecamatan Selat.

Sedangkan bibit ikan lele disalurkan ke kawasan transmigrasi mengingat daerahnya sering bajir dan kekeringan di Kecamatan Dadahup dan Kecamatan Mantangai itu masing-masing dua kelomlok dan bibit ikan bandeng sekitar satu juta ekor di Kecamatan Kapuas Kuala Desa Palampaian. “Bantuan yang kita berikan berupa bibit ikan untuk satu kolam 1500 ekor dan pakan sekitar 10 ton,”imbuhnya.

Darmawan menambahkan, pihakya akan melakukan pendampingan kepada kelomlok budidaya dan nelayan tangkap yang di bari bantuan untuk menggunkan unag hasil panen membeli kembali bibit ikan dan pakan.

“Kami akan melakukan pengawasan dan pendampiangan kepada kelompok budidaya selama 3 kali panen berturut-turut,jangan sampai uang hasil panen di gunakan kehal-hal yang lain akibatbya usaha budisaya macet karena habis modal,” pungkasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas