Buat TDP dan SIUP di Dinas PMPTSP Kapuas Sekarang Bisa Melalui SIPO

Masyarakat Kabupaten Kapuas kini dimudahkan dalam mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Karena Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sekarang telah memperkenalkan SIPO.

SIPO merupakan aplikasi Sistem Informasi Perusahaan Online untuk penyelenggaraan penerbitan SIUP dan TDP. “Pemohon dapat mengakses SIPO melalui http://sipo.kemendag.go.id,” kata Kepala DPMPTSP Kapuas, Septedy kepada menaranews.com, Kamis (20/7/2017).

Setelah masuk ke situs SIPO, pemohon tinggal mengklik form TDP atau SIUP kemudian melakukan registrasi untuk membuat username maupun password. “Setelah melakukan log in, pemohon selanjutnya tinggal mengisi data-datanya pada form TDP maupun SIUP, lalu diprint sendiri dan kemudian dibawa ke Dinas PMPTSP untuk kemudian kami tandatangani,” terang Septedy.

Nah, melalui aplikasi SIPO masyarakat atau pemohon penerbitan TDP maupun SIUP akan lebih dimudahkan karena bisa di rumah sendiri mengisi data-datanya melalui SIPO. “Mereka tinggal datang membawa formolirnya lalu langsung kita teken, atau cara kedua pemohon juga bisa datang langsung mengurus ke DPMPTSP,” ujar Septedy.

Menurut mantan Camat Dadahup ini, untuk sementara hanya TDP dan SIUP yang dapat dilakukan secara online, sedangkan seratus izinnya lainnya secara online akan menyusul pada tahun 2018 mendatang.

“Pelayanan seratus izin lainnya secara online kami rencanakan pada tahun 2018 setelah kami membeli aplikasinya. Mudah-mudahan dengan dukungan DPRD dan dukungan semua pihak kita bisa dapat anggaran untuk itu,” harapnya.

Ditambahkan Septedy, sekarang mau tidak mau semua harus online, karena hal ini juga sudah dirancang oleh KPK, salah satunya untuk mengurangi praktik Pungli dan lainnya. “Sehingga pelayanan harus online, termasuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, dan di sana juga transparan nilainya pengurusannya,” pungkasnya.

Sumber: http://www.menaranews.com


Info Kabupaten Kapuas