200 Atlet Tarung Derajat Latihan Gabungan

Persiapan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Batam 2017

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

SEBANYAK 200 atlet Tarung Derajat (Aa Boxer) Kota Batam melakukan latihan gabungan (latgab) di Ocarina, Batamkota, Minggu (23/7/2017) mulai pukul 07.00 WIB.

‘’Latgab ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan beladiri para atlet menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Batam yang digelar September 2017 mendatang,’’ sebut Ketua Harian Tarung Derajat Kota Batam, Tommy Desatyawan di Sekretariat Tarung Derajat, Sakura Permai Blok B No. 4 Batuampar, Senin (24/7/2017).

Tommy menambahkan, atlet dalam latgab tersebut terdiri dari lelaki, perempuan, anak dan juga remaja. Mereka berasal dari berbagai satuan latihan (tempat latihan, red) se Batam. Dengan latgab ini diharapan, kemampuan para petarung semakin terasah, lebih terampil, siap mental, cekatan di arena pertandingan Porkot Batam nantinya.

Khusus Porkot kata Tommy, akan dipertandingkan 28 cabang olahraga, salah satunya adalah Tarung Derajat. Pada puncaknya nanti, seluruh satuan latihan semua kecamatan di Batam akan menurunkan atlet terbaiknya.

Bicara tentang Tarung Derajat kata Tommy, masuk ke Batam tahun 2000 lalu. Ketika itu, Tarung Derajat belum begitu dikenal. Dengan potensi (Tommy) sebagai atlet, pecinta Tarung Derajat, bersama dengan atlet lainnya, mereka berhasil mengangkat bela diri asli Indonesia ini dikenal, dicintai masyarakat Kepri. Hasilnya, saat ini tercatat tidak kurang dari 500 orang tercacat sebagai atlet Tarung Derajat di Batam.

Upaya lain mengenalkan Tarung Derajat ke tengah masyarakat papar Tommy dengan membawa para atlet Batam berlaga dalam event tingkat Provinsi Riau, Kepri, tingkat Sumatera, dan tingkat nasional.

‘’Alhamdulillah. Perlahan namun pasti. Masyarakat Kepri semakin cinta dan mengenal Tarung Derajat,’’ ujar Tommy yang juga seorang pengusaha Batam tersebut.

Tommy yang juga pengurus Koni Batam itu menambahkan, Tarung Derajat bukan hanya disukai masyarakat umum. Anggota Brimob juga banyak yang suka dan belajar Tarung Derajat. Setiap satuan latihan menggelar dua kali latihan dalam minggu.

‘’Ini artinya, Tarung Derajat sudah semakin demat dan diminati seluruh lapisan masyarakat,’’ kata lelaki yang memiliki tinggi 184 cm tersebut. ***

 

Biodata:

Nama Lengkap: Tommy Desatyawan

Panggilan: Tommy

Tempat Lahir: Jakarta 5 Desember 1964

Anak keempat dari enam bersaudara
Anak empat orang.

Organisasi: Pengurus Koni Kota Batam
Ketua Harian Tarung Derajat Kota Batam


Suprizal Tanjung’s Surau