Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Usulan Pemekaran Kabupaten Kapuas Ngaju, Tinggal Tunggu Kesepakatan

Jun
04
2017
by : .... Posted in : Dokumentasi

Sebagai upaya mendekatkan pelayanan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas terhadap pelayanan kepada masyarakat khususnya di lima Kecamatan seperti Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah (Pujon), Pasak Telawang (Jangkakng), Kapuas Hulu, dan Kecamatan Mandau Telawang (Jangkang), perlu dilakukan pemekaran wilayah Kabupaten yakni Kabupaten Kapuas Ngaju.

Dengan luasan wilayahnya sekitar 6000 Km persegi, jumlah penduduk 44 ribu tetap, dan belum termasuk dari masyarakat atau karyawan perusahaan yang ada disana, dianggap sudah memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Hal ini disampaikan salah satu masyarakat yakni Yuda Anom, Kabupaten Kapuas saat ini cukup luas, sedangkan perangkat Daerah sampai dengan sekarang tidak berubah sehingga dinilai kesulitan untuk menjangkau Daerah-daerah yang cukup luas dan jauh seperti di lima Kecamatan yang disebutkan sebelumnya.

“Dengan memekarkan Kabupaten Kapuas Ngaju ini, agar Pemerintah Daerah Kabupaten berusaha lebih dekat dengan Masyarakat. Sehingga pelayanan Pemerintah pun kepada masyarakat dapat lebih maksimal lagi. Kerena selama ini masyarakat khususnya di lima Kecamatan ini harus menempuh jarak sangat jauh ketika berurusan dengan pelayanan,” jelas Yuda Anom baru-baru ini.

Ia juga menjelaskan, ketika dari Kapuas Ngaju ke Kabupaten Kapuas, Masyarakat harus melalui Kabupaten Gunung Mas terlebih dahulu, selanjutnya melalui Kota Palangka Raya, ke Pulang Pisau dan baru sampai ke Kabupaten Kapuas atau ke tempat tujuan, tentunya memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit, dan usulan ini sudah dideklarasikan sejak pada bulan Agustus 2015 lalu.

Terkait batas wilayah ujarnya lagi menambahkan, saat ini tidak masalah, belum lagi saat ini masih diproses di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah melalui Biro Pemerintah. Belum lagi dalam waktu dekat tepatnya diminggu kedua, usulan pemekaran wilayah Kabupaten Kapuas ini akan dibahas dalam rapat paripurna oleh DPRD Provinsi Kalteng.

“Saya optimis pembentukan otonomi baru Kapuas Ngaju pemekaran dari Kabupaten Kapuas ini tidak ada masalah. Tinggal menunggu paripurna terkait kesepakatan Gubernur Kalteng bersama dengan DPRD Provinsi Kalteng sehingga setelah disepakati bersama, akan diteruskan kembali pada tingkat Pemerintah Pusat,” jelasnya menambahkan.

Proses Pemekaran Kapus Ngaju Tinggal 5 Persen Lagi

Usulan Pemekaran Kabupaten Kapuas Ngaju, tidak hanya mendapat dukungan dari Anggota DPRD Kabupaten Kapuas saja, tapi juga mendapat dukungan dari Anggota DPRD Provinsi Kalteng. Ketua Komisi A, Yohanes Freddy Ering ketika diwawancarai menjelaskan, dirinya mendukung akan hal tersebut.

“Kita dari awal mendukung, baik Kapuas Ngaju, Kotawaringin Utara dan lain-lain. Tinggal bagaimana semangat dari daerah-daerah yang menginginkan pemekaran dan tentunya juga diikuti dengan kesiapan sejumlah persyaratan, karena pemekaran itu mencakup aspek kewilayahan, administrasi, dan kapasitas Daerah yang dimekarkan,” jelas Ferddy Ering.

Proses Pemekaran Kapuas Ngaju, menurutnya saat ini jika dipersentasekan sudah mencapai 95 persen. Dan tinggal 5 Persen saja lagi sisanya akan dilengkapi dan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Kalteng dalam waktu dekat ini, diantaranya seperti penyelesaian tata batas dengan Kabupaten Barito Utara.

Berkaitan dengan perihal tersebut, Ferddy optimis Kabupaten Barito Utara mendukung adanya pemekaran tersebut. Jika ada persoalan tata batas, kedepannya tentu akan diselesaikan dengan Musyawarah bersama. Dan potensi-potensi persoalan mengenai tata batas ini selesai ketika keputusan disampaikan.

Sumber: http://www.menaranews.com


Info Kabupaten Kapuas

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Usulan Pemekaran Kabupaten Kapuas Ngaju, Tinggal Tunggu Kesepakatan

Saturday 9 September 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Seorang pengusaha ternak sapi lokal di Kabupaten Kapuas, Sutekat warga Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Sutekat…

Wednesday 16 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Sebanyak 37 anggota pramuka di Kabupaten Kapuas menerima Lencana Pancawarsa. Tanda penghargaan itu diberikan kepada anggota…

Friday 27 January 2017 | Dokumentasi

Tabrakan maut terjadi antara Bus Logos nopol DA 1640 SH, jurusan Banjarmasin – Palangkaraya dan Pangkalanbun,…

Sunday 2 April 2017 | Dokumentasi

Bupati Kapus, Ben Brahim S Bahat memimpin acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD, Kamis (30/3/2017). Maksud…