TCP/IP

TCP/IP (Transmisson Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur kamunikasi data komputer di internet. Dengan menggunakan protokol TCP/IP, perbedaan jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah. Standar protokol TCP/IP dalam bentuk Request For Comment (RFC) dapat diambil oleh siapapun tanpa biaya. TCP/IP independen terhadap perangkat keras jaringan dan dapat dijalankan pada jaringan Ethernet, Token Ring, jalur telepon dial-up, jaringan X.25, dan praktis jenis media transmisi apa pun. TCP/IP memiliki fasilitas routing yang memungkinkan sehingga dapat diterapkan pada internetwork. TCP/IP memiliki banyak jenis layanan.

Dasar Arsitektur TCP/IP

Komunikasi data –> proses mengirimkan data dari satu komputer ke komputer yang lain. Untuk dapat mengirimkan data, pada komputer harus ditambahkan alat khusus, yang dikenal sebagai network interface (interface jaringan).

Beberapa masalah dalam proses pengiriman data :

1. Data harus dikirimkan ke komputer yang tepat, sesuai tujuannya.

2. Tujuan transfer data mungkin lebih dari satu aplikasi yang menunggu datangnya data.

Untuk menangani semua masalah komunikasi data, keseluruhan aturan ini harus bekerja sama satu dengan lainnya. Sekumpulan aturan untuk mengatur proses pengiriman data ini disebut sebagai protokol komunikasi data. Protokol ini diimplementasikan dalam bentuk program komputer (software).

TCP/IP –> sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada Wide Area Network (WAN). TCP/IP terdiri atas sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data.

Sekumpulan protokol TCP/IP dimodelkan dengan empat layer TCP/IP :

Layer TCP/IP

TCP/IP terdiri atas empat lapis kumpulan protokol yang bertingkat. Keempat lapis/layer tersebut adalah :

  • Network Interface Layer
  • Internet Layer
  • Transport Layer
  • Application Layer
Lapisan terbawah, yaitu Network Interface Layer, bertanggung jawan mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik. (Media fisiknya dapat berupa kabel, serta optik atau gelombang radio). Karena tugasnya ini, protokol pada layer ini harus mampu menerjemahkan sinyal listrik menjadi data digital yang dimengerti komputer, yang berasal dari peralatan lain yang sejenis.
Lapisan/layer berikutnya Internet Layer, bertanggung jawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat. pada layer ini terdapat 3 macam protokol, yaitu IP, ARP, dan ICMP.
  • IP (Internet Protocol) berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alat yang tepat.
  • ARP (Address Resolution Protocol) ialah protocol yang digunakan untuk menemukan alamat hardware dari host/komputer yang terletak pada network yang sama.
  • ICMP (Internet Control Message Protocol) ialah protokol yang digunakan untuk mengirim pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data.
Layer berikutnya, yaitu Transport Layer, berisi protokol yang bertanggung jawab untuk mengadakan komuikasi antara dua host/komputer. Kedua protokol tersebut ialah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).
Layer teratas, ialah Application Layer. Pada layer inilah terletak semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP ini.
Pergerakan data dalam layer TCP/IP


nurinrahmillah