PENTINGNYA KEBIJAKAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA LINDUNGAN DALAM PERUSAHAAN

Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lindung Lingkungan – Kebijakan K3LL

k3ll

K3LL (Keselamatan Kesehatan Kerja Lindung Lingkungan)

Dalam hal kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja lindung lingkungan (K3LL),  Pihak tim manajemen (hse team) harus membuat kebijakan K3LL yang akan menjadi landasan keberhasilan K3LL dalam kegiatan proyek. Isi kebijakan merupakan komitmen dan dukungan dari manajemen puncak terhadap pelaksanaan K3LL. Kebijakan K3LL tersebut harus direalisasikan kepada seluruh karyawan dan digunakan sebagai titik awal kesadaran kebijakan proyek yang lain. Kebijakan yang dimaksud haruslah disahkan oleh top level manajemen, dan kebijakan tersebut disosialisasikan oleh tim dan di gantung (tempel) di lokasi dimana selalu di lalui oleh karyawan proyek tersebut. Hal ini dapat membantu pekerjaan tim hse  (MR) dalam hal perusahaan atau sosialisasi HSE tersebut.

Kebijakan K3LL dalam sertifikasi SMK3

Adanya sebuah kebijakan K3LL dalam sertifikasi SMK3 adalah sebuah keharusan. Kebijakan K3LL dalam sertifikasi SMK3 adalah landasan keberhasilan K3 dalam sebuah Proyek, Kebijakan K3ll dalam sertifikasi SMK3 memuat komitmen dan dukungan manajemen puncak terhadap implementasi K3 dalam proyek, Kebijakan K3LL yang di sahkan harus jugalah di sosialisasikan kepada setiap personal yang terlibat.

Siapakah diantara kita yang tidak mau selamat dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan? Keselamatan  adalah   sinonim perihal   (keadaan)   selamat,   kesejahteraan, kebahagiaan, sukacita ataupun sinonim lainnya yang bermakna positif.   Jadi   Keselamatan   dan   kesehatan   kerja   adalah pengawasan   terhadap   orang,   mesin,   material,   dan   metode   yang   mencakup lingkungan kerja agar supaya pekerja tidak mengalami cidera (Kamus Bahasa Indonesia).

Kesehatan  adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan social yangmemungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonom (MenurutUU No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan Bab I Pasal 1). Atau dengan istilah saya “ tujuan kita bekerja adalah untuk selamat lahir dan bathin”.

Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lindung Lingkungan – Kebijakan K3LL merupakan suatu program yang memprioritaskan seorang pekerja untuk dapat menghindari sumber bahaya yang ada di lingkungan kerjanya. sehingga   pekerja   mengetahui   akan   keselamatan   diri   mereka   dilingkungan tersebut dan yang pasti target dari tujuan K3L2 yaitu Zerro Accident (Nihil   Kecelakaan).  Ada   beberapa terminologi dalam K3LL yang menjadi dasar utama kajian ilmu tersebut yaitu:

  1. Hazard – Sumber bahaya adalah segala macam hal baik benda maupun kondisi lingkungan tertentu   yang   dapat   menimbulkan   suatu   bahaya   atau   berpotensi   memiliki bahaya.
  2. Risk atau dalam padanan bahasa indonesianya berarti risiko adalah besarnya kemungkinan suatu bahaya dapat mengenai suatu objek yang berada di sekitar hazard.
  3. Incident adalah suatu   kecelakaan   yang   tidak   menimbulkan   kerugian sedangkan Accident adalah suatu kecelakaan yang dapat memberikan kerugian baik itu kerugian moril dan material. Kedua-duanya merupakan kejadian yang tak terduga dan tiba-tiba terjadi pada saat kita melakukan aktifitas (pekerjaan).

konsultan-smk3Berikut kami berikan contoh sebuah Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lindung Lingkungan – Kebijakan K3LL;

Obyektif

ZERO accident

Tujuan

Kami, DP Konsultan. Berkomitmen melindungi setiap orang, aset perusahaan, lingkungan dan komunitas sekitar dari potensi bahaya yang berhubungan dengan kegiatan DP Konsultan.

Komitmen

Manajemen dan  pekerja dengan sungguh-sungguh :

  1. Memberikan prioritas pertama untuk aspek Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan.
  2. Mengidentifikasi potensi bahaya dan mengurangi risikonya serendah mungkin untuk mencegah terjadinya insiden.
  3. Direktur Utama DP Konsultan bertanggung jawab untuk menjamin agar Kebijakan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan (K3LL) ini diimplementasikan dan efektifitasnya ditinjau secara berkala secara bersama-sama.
  4. Menggunakan teknologi terbaik untuk mengurangi dampak dari kegiatan operasi terhadap manusia, aset dan lingkungan.
  5. Menjadikan kinerja Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan dalam penilaian dan penghargaan terhadap semua pekerja.
  6. Setiap manajemen lini maupun pekerja serta mitra kerja disemua area kegiatan dibawah pengendalian DP Konsultan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mentaati Kebijakan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan (K3LL).

Jakarta, 01 Des 1992

Disetujui oleh

Mr. ………..

Direktur utama

Dari pemaparan diatas , ternyata demikian PENTINGNYA KEBIJAKAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA LINDUNGAN DALAM PERUSAHAAN-kebijakan k3ll tersebut. kebijakan keselamatan kesehatan lingkungan akan menjadi kunci arah dan tujuan dari sebuh pekerjaan.

DP konsultan

Telp / Wa: 0813801 63185

Email       : davidpurba88@gmail.com

 

Filed under: Konsultasi SMK3 Tagged: hazard dalam k3ll, implementasi k3, implementasi sertifikasi smk3, incident dam accident kerja, jasa penyusunan dokumen k3ll, kebijakan dalam k3ll, kebijakan k3ll dalam sertifikasi smk3, kesehatan kerja dan lingkungan, kesehatan lindung lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja k3ll, keselamatan kesehatan kerja lindung lingkungan, kinerja keselamatan, konsultan k3ll, pembuatan dokumen kebijakan k3ll, sertifikasi k3 umum, sertifikasi smk3, struktur organisasi hse, struktur organisasi k3ll, tim hse
Konsultan strategi bisnis dan Sertifikasi ISO / www.dpkonsultan.com / telp 0813801 63185 (Wa)