Nokia asha 501 Satu Minggu Beli Ganti Mesin

asha 501 Nokia Asha 501 merupakan jajaran ponsel menengah bawah dari platform nokia, dengan bentuknya yang ringkas dan keunggulan baterai yang tahan lama membuat NH tertarik untuk membeli hp ini. Akhirnya NH memutuskan untuk membeli hp ini.

Saat umur 1 minggu Hp ini mengalamai permasalahan di layar yang tidak bisa digeser setelah layar terkunci, alhasil sangat susah untuk dibuka (padahal baru 1 minggu & belum saya charge sama sekali). Karena masih garansi NH pun membawa Hp ini di nokia care WTC Surabaya. Saat sampai disana bertemu dengan customer service dan dikatakan bahwa rusak ada pada layar touchscrennya, sayapun manut saja wong ya tidak tahu. Terus katanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk menunggu apalagi hpnya termasuk baru dan belum ada sparepartnya.

Kemudian saya menimpali, “La.. kalau lebih dari 2 minggu kompensasi apa yang saya dapatkan?”, petugasnya menjawab dengan santai… “Ya tidak ada tunggu saja sampai jadi….”. Waduh dalam hati saya bisa berapa lama ini perbaikan hp saya, secara kartu saya sudah dipotong agar bisa menjadi mini Sim, dan pengalaman ganti kaca hp nokia yang baru punya istri saya bisa sampai 1 bulanan. Karena NH tidak solusi lain tetap saya meninggalkan Hpnya di nokiacare.

Sebagai Konsumen kok saya merasa tidak puas ya dengan pelayanan nokia baik secara jangka waktu, ketersediaan part dan petugas yang kurang senyuman. Untuk mengetahui lebih lanjut NH mengirim e mail komplain ke nokia langsung dan e mail ke supervisor dari nokiacare yang ada di surabaya. Alamat e mail saya browsing di internet entah itu alamat beneran atau tidak.

Pengiriman e mail ini pun berhasil, e mail saya dibalas bahkan saya langsung ditelpon dari nokia pusat di Jakarta untuk menanyakan perbaikannya dan akan dimasukkan dalam priority (diutamakan). Selang 2 hari sayapun di telepon dari nokia care bahwa Hp saya ternyata tidak rusak touchscrennya dan harus dikirim ke jakarta untuk perbaikan lebih lanjut (wadhuh… tambah bingung saya… hp baru sudah rusak parah…), sayapun mengiyakan wong ya tidak ada pilihan lain.

selang beberapa hari saya mendapat telepon dari nokia jakarta mengatakan bahwa hp saya terdapat masalah di mesinnya…. dan harus diganti mesin, sembari bertanya “Kalau ganti mesin kan ganti total.. kenapa nggak diganti unit baru saja hp saya?.. petugasnya pun menjawab.. prosedurnya sudah begini pak… dan mengatakan hpnya sudah jadi dan akan dikirim ke surabaya.

setelah 4 hari saya baru mendapat telepon dari nokiacare surabaya bahwa hp sudah jadi… kemudian saya tanya “Mbak kalau ganti mesin kan Hpnya berganti no imei? terus bagaimana garansinya? bungkus kardusnya bagaimana?” dijawab “iya ganti imei.. nanti akan diberi keterangan di kartu garansinya, terus kardusnya tidak dapat pengggantian.” NH pun datang ke nokia care WTC lantai II Surabaya untuk mengambil hp. Sama seperti kejadian kemarin kali ini dilayani oleh Mbak Indri tanpa senyuman, bahkan perbaikan “Swap” pun beliau tidak tahu bahwa itu ganti mesin dan ganti imei… saya tanya jawabannya malah ketus… ya sudahlah akhirnya saya hanya bisa senyum.

Sayapun mencoba hp nya dan sudah bisa digunakan dengan imei yang berbeda, tetapi ada satu perubahan mencolok dari layar hp saya… layar hp jadi buluk mas bro… banyak goresan, padahal dulu pas masuk masih mulus hu…hu…. kemungkinan ini dicoba terus-terusan digeser sehingga jadi banyak goresan…   NH ya cuma bisa pasrah saja. Dan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga. Dari uraian di atas saya hanya bisa mengajukan pendapat :

1. Sebaiknya untuk kerusakan yang parah dan belum mencakup 1 bulan Pihak Nokia harus mengganti unit Hp.

2. Waktu perbaikan yang 2 minggu terlalu lama, sebaiknya lebih dipersingkat;

3. Customer service di nokia care harus dilatih senyum…..

4. Jangan malu untuk mengajukan komplain langsung ke nokia pusat atau bahkan bisa mengirim ke suara pembaca.

Lebih dari itu saya tetap menyampaikan terima kasih kepada Pihak Nokia yang telah memperbaiki hp saya dan terus memantau perbaikan dari Hp saya…. semoga kritikan ini lebih dapat bisa memberi perbaikan bagi nokia demi konsumennya…


Urusan Pegawai, Kuliner, Biker….