Kapuas Minta Persoalan Batas Kalteng-Kalsel Segera Tuntas

Pembahasan tapal batas antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Tengah hingga kini masih menemui jalan buntu dan belum dapat diselesaikan hingga saat ini.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk menyelesaikan tapak batas tersebut, termasuk mengundang kedua belah pihak untuk menentukan koordinat titi batas yang di sepakati. Namun entah kenapa, sampai saat ini tapal batas tersebut belum beres juga.

Kepala Bagian Pemerintahan Umum Pemkab Kapuas Ferry Noah menjelaskan, di Kabupaten Kapuas masih ada dua titik yang belum selesai, yaitu batas Kapuas dengan Barito Utara dan batas Kapuas dengan Kabupaten Barito Kuala.

“Untuk batas antar provinsi penyelesaiannya diserahkan ke pemerintah pusat, sementara untuk batas antar kabupaten dalam provinsi akan diselesaikan oleh pemerintah provinsi,” ujar Ferry Noah di Kuala Kapuas, Jumat (9/6/2017).

“Kami berharap persoalan tapal batas ini dapat diselesaikan dengan segera karena RTRWK sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai peroalan,” ujar Ferry Noah.

Sementara untuk batas Kabupaten Kapuas dengan kabupaten pecahannya, yakni Gunung Mas dan Pulang Pisau, kini sudah tak ada masalah lagi. Bahkan sudah keluar peraturan menteri terkait batas wilayah kabupaten ini.

Sumber: http://www.kalamanthana.com


Info Kabupaten Kapuas