Home » Blog » Cuti Tahunan Hangus? Berikut Penjelasannya…
Advertisement
loading...

Cuti Tahunan PNS

Salah Satu hak PNS adalah cuti tahunan. Cuti tahunan hanya boleh diambil oleh seorang PNS bekerja sekurang-kurangnya 1 tahun secara terus menerus. 1 tahun tersebut dihitung sejak TMT CPNS. Cuti Tahunan PNS diatur dalam Pasal 4 s.d. 8 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1976.

Pasal 4

  1. Pegawai Negeri Sipil yang telah bekerja sekarang-kurangnya 1 (satu) tahun secara terus-menerus berhak atas cuti tahunan.
  2. Lamanya cuti tahunan adalah 12 (dua belas) hari kerja.
  3. Cuti tahunan tidak dapat dipecah-pecah hingga jangka waktu yang kurang dari 3 (tiga) hari kerja.
  4. Untuk mendapatkan cuti tahunan Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan mengajukan permintaan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti.
  5. Cuti tahunan diberikan secara tertulis oleh pejabat yang berwenang memberikan cuti.

Pasal 5

Cuti tahunan yang akan dijalankan di tempat yang sulit perhubungannya, maka jangka waktu cuti tahunan tersebut dapat ditambah untuk paling lama 14 (empat belas) hari.

Pasal 6

  1. Cuti tahunan yang tidak diambil dalam tahun yang bersangkutan, dapat diambil dalam tahun berikutnya untuk paling lama 18 (delapan belas) hari kerja termasuk cuti tahunan dalam tahun yang sedang berjalan.
  2. Cuti tahunan yang tidak diambil lebih dari 2 (dua) tahun berturut-turut, dapat diambil dalam tahun berikutnya untuk paling lama 24 (dua puluh empat) hari kerja termasuk cuti tahunan dalam tahun yang sedang berjalan.

Pasal 7

  1. Cuti tahunan dapat ditangguhkan pelaksanaannya oleh pejabat yang berwenang memberikan cuti untuk paling lama 1 (satu) tahun, apabila kepentingan dinas mendesak.
  2. Cuti tahunan yang ditangguhkan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dapat diambil dalam tahun berikutnya selama 24 (dua puluh empat) hari kerja termasuk cuti tahunan dalam tahun yang sedang berjalan.

Pasal 8

Pegawai Negeri Sipil yang menjadi guru pada sekolah dan dosen pada perguruan tinggi yang mendapat liburan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak berhak atas cuti tahunan.

Hanguskah Cuti Tahunan jika tidak digunakan?

Jumlah cuti tahunan PNS  adalah 12 hari dengan dikurangi cuti bersama, jadi jumlah cuti tahunan adalah termasuk di dalamnya cuti bersama. Misalnya pada tahun 2016, ada 4 cuti bersama selama satu tahun (3 Idul Fitri dan 1 Natal), maka cuti tahunan yang tersisa belum diambil menjadi 8 hari.

Untuk mengambil cuti tahunan minimal 3 hari, PNS dapat mengambil cuti tahunan kurang dari 2 hari tetapi jika berturut turut bersama dengan cuti bersama. (baca sumber)

PNS yang ingin mendapatkan cuti tahunan harus mengajukan permohonan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti.

Jika melaksanakan cuti di tempat yang terpelosok dan sulit transportasi, cuti dapat ditambahkan menjadi maksimal 14 hari dalam satu tahun. (sda pasal 5)

Penggunaan cuti tahunan yang tersisa dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Cuti tahunan yang tersisa yang digabungkan penggunaannya dengan cuti tahunan tahun yang sedang berjalan, dapat diambil untuk paling lama :
    1. 18 (delapan belas) hari kerja termasuk cuti tahunan yang sedang berjalan; dan
    2. 24 (dua puluh empat) hari kerja termasuk cuti tahunan yang sedang berjalan, apabila cuti tahunan tidak diambil secara penuh dalam beberapa tahun.
  2. Pengajuan permohonan cuti tahunan yang tersisa yang digabungkan penggunaannya dengan cuti tahunan yang sedang berjalan harus mencantumkan jumlah cuti tahunan yang tersisa dari cuti tahunan pada masing-masing tahun yang bersangkutan.
  3. Tanpa adanya persetujuan penangguhan dari pejabat yang berwenang memberikan cuti, lamanya cuti tahunan yang dapat diambil dalam tahun yang sedang berjalan menjadi paling lama 18 (delapan belas) hari kerja
  4. Cuti tahunan tidak diberikan kepada PNS guru sekolah dan dosen PT karena sudah mendapatkan libur sesuai ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya, bagaimana cuti PNS bisa hangus? Tentu jika sisa/saldo cuti tahunan melebihi jumlah maksimal yang diperbolehkan. Sesuai ketentuan ditas bisa 18 atau 24. Apa bedanya 18 dengan 24? Saldo cuti maksimum 18 bila menggunakan hak cuti tahunan sedang berjalan ditambah tahun sebelumnya. Saldo cuti maksimum 24 bila menggunakan hak cuti tahunan sedang berjalan ditambah dua tahun sebelumnya.

Ilustrasi :

ilustrasi-cuti

Setelah diambil 5 hari + diambil cuti bersama 3 hari, reva masih memiliki saldo cuti 16 hari. Saldo cuti tahun 2015, lalu ditambah hak cuti tahun 2016 selama 12 hari, maka cuti yang boleh ada di tahun 2016 adalah 24 hari. Di penghujung tahun 2015 nanti (16-12 = 4 hari) maka 4 hari cuti reva akan hangus jika reva tidak mengambil cuti karena saldo/sisa cuti yang yang boleh bertahan di akhir tahun adalah 12 hari.

**diambil dari :

  1. http://asnri.com/cuti-tahunan-pns-kurang-dari-tiga-hari-bisa/
  2. http://asnri.com/penundaan-cuti-tahunan-pnscpns/
  3. http://asnri.com/cuti-tahunan-pns-hangus/
  4. http://asnri.com/aturan-cuti-tahunan-pns/
  5. http://www.sjdih.depkeu.go.id/fullText/1976/24TAHUN1976PP.htm
  6. http://www.sjdih.depkeu.go.id/fullText/1976/24TAHUN1976PPPENJEL.htm
  7. http://www.kopertis12.or.id/2013/02/11/peraturan-perundangan-undangan-tentang-pns-update-11-februari-2013.html

 

Tagged: cuti tahunan PNS.pns, dinas kesehatan provinsi bali, kepegawaian, kepegawaian dinas kesehatan provinsi bali, sub bagian kepegawaian, Sub Bagian Kepegawaian Dinas Kesehatan Provinsi Bali
KEPEGAWAIAN DINAS KESEHATAN PROVINSI BALI

File added : Tuesday, June 6th 2017.
Category : Blog
tags: , , , ,

Related Post Cuti Tahunan Hangus? Berikut Penjelasannya…

May 4th
2014

Batik Tradisional Madura Punah

Batik tradisional Madura, Jatim akan punah, bila para pengrajin dan pengusaha batik tergiur mengikuti tren motif batik soft atau lembut, yaitu motif batik yang
February 13th
2014

Hello world! batik adalah seni yang pantas di lestarikan

Welcome to pada kumpulan artikel tentang batik terbagus, terbaik, dan terpercaya. Batik instrumennya indah dan suaranya merdu menyentuh kalbu dan sangat unik” ujar para
June 14th
2017

Catatan Yang Tercecer di Haul Abah Guru Sekumpul ke-11

Catatan Yang Tercecer di Haul Abah Guru Sekumpul ke-11 Foto diambil dari Grup Facebook Para Pecinta Abah Guru Sekumpul hasil karya Muhammad Nizar Kalifatullah
June 9th
2017

“Exploding Sensation of Sumateran Intimacy” in Danau Toba, North Sumatera

Danau Toba. Dengan luas 1265 KM Kubik, dan sebuah pulau (Samosir) ditengahnya, terlihat jelas bahkan dalam peta nasional yang menampakkan Indonesia dari Sabang, Sumatera
June 14th
2014

MOTIF BATIK TULUNG AGUNG

Kabupaten Tulungagung memiliki sejarah batik yang cukup panjang ceritanya. Konon dulunya Tulungangung bernama Bonoworo atau Mrowo gitu. Akan tetapi Namun sejak berkembangnya kerajaan Majapahit