Cara mengurus bebas visa (visa waifer) ke Jepang

Liburan ke Jepang, kini bukan hambatan lagi, karena negeri sakura telah membuka bebas bisa bagi wni yang bepergian sebagai turis. 

Bebas visa atau lebih sering disebut visa waifer ini ditujukan hanya kepada WNI yang telah mempunyai elektronik paspor (e paspor). Perbedaan paspor biasa dan E Paspor adalah chip yang tertanam di e paspor dan pembuatan e paspor lebih mahal dari paspor biasa :).

Bagi anda yang punya e paspor dan mau mengurus visa waifer ke jepang mengurusnya sangat mudah bro. Berikut pengalaman pribadi dalam mengurus bisa waifer.

  1. Visa waifer dapat diurus di seluruh perwakilan jepang, walaupun di website kedutaan Jepang ada pembagian wilayah, NH yang alamat yogyakarta dan berdasarkan pembagian wilayah adalah harus diurus di Jakarta ternyata bisa mengurus bisa waifer di perwakilan Jepang di Surabaya.
  2. Pertama kali download brosur pengajuan visa waifer di website kedutaan jepang atau bisa mengisi langsung formulir di kantor perwakilan. Formulir tersebut sangat sederhana dan mudah untuk diisi, hanya memuat Nama, no paspor, alamat, tanggal lahir dan no telp.
  3. Datang ke perwakilan jepang dengan membawa e paspor dan formulir, dengan memakai baju dan sepatu biar rapi 🙂 untuk di Surabaya perwakilan Jepang beralamat di Jl. Sumatera. Untuk permohonan visa dilayani pagi hari kira kira jam 08.00- 12.00. Dan sepi bro… tak perlu antri. 
  4. Saat masuk akan diperiksa dan tidak diperbolehkan membawa hp dan alat elektronik, hp dan yang lainnya akan dititipkan di petugas keamanan. Setelah di dalam masukkan paspor dan formulir di loket dan akan diberikan bukti untuk mengambil paspor. Jam pengambilan adalah jam 13.15- 15.30 WIB.
  5. Waktu untuk pembuatan visa waifer hanya 1 hari, jadi esok hari dengan membawa bukti pengambilan datang ke perwakilan jepang dan mengambil paspor yang sudah ditempel stiker dan dicap.
  6. Masa berlaku visa waifer ini 3 tahun atau sampai masa berlaku paspor habis, mana tercapai terlebih dahulu. Dengan masa tinggal 15 hari dan bisa berkali kali datang.
  7. Pengurusan bisa waiver ini menghabiskan biaya Rp. 0,- alias Gratis, enak kan…

Nah bagi yang mau ke liburan ke jepang silahkan menggunakan fasilitas ini… 


Urusan Pegawai, Kuliner, Biker….