Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Banjir di Mandau Telawang Kapuas Meluas dan Kian Parah, Simak Datanya

May
23
2017
by : ... Posted in : Dokumentasi

Kondisi banjir yang terjadi di Sei Pinang, Kecamatan Mandau Telawang, hingga saat ini belum juga air berangsur turun.

Dikabarkan ketinggian air sampai Senin (22/5/2017) sudah mencapai dua meter.

Banjir yang menenggelamkan ratusan rumah warga di Sei Pinang, ternyata juga terjadi di Desa Supang dan Desa Sei Hanyu, Kecamatan Kapuas Hulu. Ketinggian air antara 70 sampai 100 cm.

Hingga sampai saat ini kondisi air masih tetap bertahan.

Camat Kapuas Hulu Yan Miler yang dihubunggi melalui sambungan telepon selulernya, Senin (22/5) mengatakan jumlah korban banjir sekitar 100 KK dan pihaknya sudah menyediakan mes di perusahaan dengan harapan agar korban banjir bisa ditampung di sana.

Namun sampai hari ini warga tak ada yang datang ke mes. Mereka kebanyakan tetap bertahan di rumah.

“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu karena sering terjadi banjir, hampir semua rumah warga membangun rumanya berlantai dua,” ungkap mantan Kasatpol PP Kabupaten Kapuas.

Untuk banjir tahun ini, tambah Yan Miler adalah banjir yang terbesar dari tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa pihak terkait, seperti koramil, pilsek maupun BPDB Kabupaten Kapuas melakukan pemantauan dan apabila ada yang mengungsi, sudah siap dengan tenaga sukarela.

Camat Mandau Telawang Hartoni yang dihubunggi via teleponnya mengaku baru menuju ke lokasi banjir.

Sebab dirinya ada tugas luar. Namun demikian desa yang mengalami banjir, seperti Desa Sei Pinang yang merupakan ibukota kecamatan dan Desa Jakatan Masaha.

Ditanya berapa jumlah KK yang mengalami banjir, Camat Mandau Telawang mengatakan lebih dari 100 KK.

“Di daerah kami ini merupakan langganan banjir. Sehingga masyarakatnya tidak kaget,” terangnya.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Senin (22/5) mengatakan puluhan anggotanya masih dalam perjalanan untuk melakukan pengecekan di lapangan.

“Sampai saat ini anggota saya di lapangan belum memberikan laporan berapa jumlah rotal KK yang mengalami banjir di dua kecamatan,” terangnya.

Ditambahkannya, kalau sudah jelas berapa jumlah korban banjir, maka akan dilanjutkan ke Dinas Sosial Kabupaten Kapuas yang mana nantinya para korban akan mendapatkan bantuan.

Kepala Bidang Penanggulangan Sosial Kabupaten Kapuas Seplihi mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan secara resmi dari
kepala desa sempat berapa jumlah korban yang menjadi korban banjir.

Informasi yang diperoleh bahwa Desa Sei Pinang Kecamatan Mandau Telawang kebanjiran diakibatkan curah hujan dan meluapnya Sungai Mendaun serta Sungai Bukoi. Sehingga kedalaman air cukup luas.

Untuk Desa Sei Hanyu Kecamatan Kapuas Hulu tinggi air di beberapa dataran rendah, sudah mencapai setengah meter atau selutut orang dewasa.

Bahkan sebagian warga Desa Sei Hanyu sudah melakukan evakuasi barang barang seperti mobil dan sepeda motor karena halaman rumahnya sudah digenangi air.

Perlu diketahui, Kecamatan Mandau Telawang dan Kecamatan Kapuas Hulu termasuk dalam daerah perbukitan dan arus riam. Sehingga arus sungai sangat kuat dan deras.

Air sungai yang meluap, ditambah lagi dengan hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, mengakibatkan puluhan rumah di Sei Pinang terendam dan di Sei Hanyu tergenang banjir.

Musibah banjir yang terjadi di Sei Pinang, Kecamatan Mandau Telawang, Kabupaten Kapuas Kalteng, Sabtu (20/5) petang menjelang malam. Sedangkan Sei Hanyu mulai terjadi Minggu (21/5).

Akibatnya sebagian warga harus mengungsi ke atas, atau tempat yang lebih tinggi. Lokasi banjir berada pada daerah dataran tinggi atau hulu, dengan kondisi medan berbukit-bukit dan gunung.

Apabila terjadi pada daerah yang rendah, maka kondisi air akan lebih tinggi. Namun sebagian lagi tetap bertahan, dengan alasan untuk menjaga rumahnya dari aksi pencurian.

Sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com


Info Kabupaten Kapuas

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Banjir di Mandau Telawang Kapuas Meluas dan Kian Parah, Simak Datanya

Wednesday 25 January 2017 | Dokumentasi

MAKALAH TINJAUAN ILMIAH Definisi Tinjauan Ilmiah Makalah tinjuan ilmiah adalah karya tulis guru  yang  berisi ide/gagasan…

Saturday 10 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Sumber: Channel Youtube Kapuas TV Info Kabupaten Kapuas

Tuesday 28 February 2017 | Dokumentasi

SUPRIZAL TANJUNG, Batam KOMANDAN Pangkalan TNI AngkatanLaut (Danlanal) Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo menjadi Inspektur…

Monday 30 January 2017 | Dokumentasi

Melihat banyaknya fenomena kesurupan yang terjadi sekarang ini dan pemahaman masyarakat yang masih belum benar soal…