Bakal jadi Bagian Program Lima Ribu Tower Telekomunikasi, Kapuas akan Siapkan Lahan

Kabupaten Kapuas bakal kecipratan bantuan lima ribu tower telekomunikasi yang akan dibangun di seluruh Indonesia. Untuk itu, Pemkab Kapuas, perlu menyiapkan lahan untuk pembangunan BTS (base transceiver station) itu.

“Kita belum mengetahui berapa titik untuk Kapuas. Kalau program 5000 tower telekomunikasi memang ada, dan itu program dari pusat,” kata Yan Hendri Ale, Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (27/4/2017).

“Yang perlu itu disurvei berapa titik. Kemudian diusulkan. Itu pun harus ada MoU antara pemerintah daerah dengan provider. Kalau memang kita yang menyediakan lahannya,” imbuhnya.

Ia juga menyarankan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kapuas untuk segera menyurvei lokasi yang menjadi prioritas penempatan menara tersebut. Tetapi, lanjutnya, juga perlu diklarifikasi kembali ke Kementerian Kominfo detail teknis tentang tower telemunikasi itu.

“Kalau penguat signal tentu harus ada korelasi dengan Telkomsel. Kalau pun BTS bagaimana status kepemilikan aset, harus ada legalitas yang jelas, sehingga bisa dipertangungjawabkan kepada DPRD apa bila dipertanyakan terkait pembanguan BTS tersebut,” pungkasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas