Kapuas Perluas Budi Daya Bawang Merah

Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas saat ini tengah gencar mengembangkan budi daya bawang merah. Kabid Produksi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Ringkesit mengatakan, jika dalam sehektare bawang mampu menghasilkan produk sebanyak 35 ton saja, itu sudah merupakan hasil yang bagus.

“Bayangkan saja, di Kabupaten Kapuas tepatnya di G3 Kecamatan Dadahup ada seorang petani bernama Mustafa yang dalam satu hektare tanaman bawang merah miliknya mampu menghasilkan sebanyak 45 ton. Ini menunjukkan budi daya bawang merah di Kabupaten Kapuas sangat menjanjikan,” sebutnya pada Borneonews via telepon, Minggu (2/4/2017).

Ia mengatakan, pada 2016 Kabupaten Kapuas telah melakukan budi daya tanaman bawang merah dengan lahan seluas 30 hektare. Sedangkan tahun 2017 ini ditarget 38,5 hektare untuk pengembangan tanaman bawang dan 12 hektare untuk petani penangkar (penghasil benih bawang merah).

Ringkesit mengatakan, banyaknya curah hujan memang bisa mengganggu budi daya bawang merah. Namun, itu bisa disiasati. “Jika penyiraman rutin dilakukan, maka air hujan akan larut. Sebalikanya jika tidak disiram, air hujan yang asam akan merusak daun bawang,” pungkasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas