Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Kapolri Tito: Polda Sumbar Naik Jadi Tipe A

Apr
03
2017
by : ... Posted in : Dokumentasi

Polda Sumbar, NTT dan Maluku naik menjadi tipe A

Polda Sumbar, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A, Ph.D meresmikan peningkatan tipe Polda Sumbar, dari Polda tipe B menjadi Polda tipe A, Senin (3/4/2017) pagi di halaman Polda Sumatera Barat (Sumbar).

Upacara Peresmian peningkatan tipe Polda Sumbar dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), H Asman Abnur SE MSi. Terlihat juga rombongan Kapolri diantaranya ASSDM Kapolri, Sahli Kapolri, Ketua STIK Lemdiklat Polri, Kadiv Humas Polri. Para pejabat daerah Sumbar yaitu Gubernur Sumbar, Forkopimda Sumbar, Bupati dan Walikota sewilayah Sumbar serta tokoh adat, agama dan masyarakat Sumbar.

Selain itu tiga Polwan berpangkat bintang satu juga tampak ikut hadir, yakni Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi, Brigjen Pol Sri Handayani dan Brigjen Pol Juansih.

Acara diawali dengan pembacaan keputusan Kapolri Nomor : 302/III/2017 tanggal 20 Maret 2017 tentang peningkatan tipe Polda Sumbar, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Pataka Kepolisian Daerah Sumatera Barat Swaka Wibawa Satya dari Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian kepada Kapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Fakhrizal.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Tito Karnavian selaku Inspektur upacara mengatakan dengan meningkatnya tipe Polda Sumbar diharapkan mampu meningkatkan kinerja kepolisian dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah perubahan tipe diikuti pengukuhan kenaikan pangkat Kapolda Sumbar dari Brigjen menjadi Irjen dan Waka Polda dari Kombes menjadi Brigjen, serta jajaran pejabat utama.

Kenaikan status Kepolisian Daerah Sumatera Barat dari tipe B menjadi tipe A merupakan momentum strategis bagi penegakan keamanan di Ranah Minang karena akan membuatnya sejajar dengan polda di daerah lain yang tipe A. Saat ini di Pulau Sumatera hanya Polda Jambi, Polda Bengkulu, dan Polda Bangka Belitung yang masih berstatus tipe B.

Sedangkan yang lainnya seperti Polda Aceh, Polda Sumatera Utara, Polda Riau, Polda Kepulauan Riau, Polda Sumatera Selatan dan Polda Lampung telah lebih dahulu menyandang sebagai polda tipe A.

Hal ini kemudian menjadi pertimbangan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno untuk mengusulkan langsung rencana kenaikan tipe Polda Sumbar kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian sewaktu berkunjung ke Sumatera Barat pada Agustus 2016.

Kepolisian Daerah Sumbar merupakan Polda tertua di Pulau Sumatera yang dibentuk tanggal 21 Agustus 1945. Pembentukan itu diprakarsai oleh empat orang perwira paling senior di Sumatera pada masa itu yaitu Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa, Soelaiman Effendi, Raden Soelaiman, dan Ahmadin Dt. Berbangso.

Selain itu berbagai persoalan cukup mendukung agar tipe Polda Sumbar berubah menjadi tipe A mengingat Ranah Minang merupakan wilayah rawan bencana seperti gempa bumi, longsor, banjir dan lainnya yang membutuhkan perhatian serius dalam penanganannya.

Apalagi saat ini tercatat ada sekitar 5,6 juta jiwa penduduk yang bermukim di Sumbar hanya dikawal oleh 10.671 personel yang tersebar di 19 kota dan kabupaten.

Dengan luas wilayah sekitar 42.297,30 kilometer persegi Gubernur Irwan merasa perlu penambahan kekuatan, sehingga kenaikan tipe menjadi pilihan yang paling mungkin dilakukan.

“Apalagi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir gangguan ketertiban cenderung mengalami peningkatan baik secara kualitas maupun kuantitas.

Irwan menilai di provinsi itu telah terdapat aset pemerintah daerah, objek vital nasional, sumber perekonomian, dan aset strategis lainnya yang butuh pengamanan secara khusus dari pihak kepolisian.

“Kami berharap Kapolri dapat memenuhi permintaan kenaikan tipe, sehingga langkah gerak Pemprov dan Polda akan semakin strategis dengan sumber daya yang lebih mumpuni,” kata dia.

Jenderal Polisi Tito Karnavian Dianugrahi Gelar Adat Minangkabau

Suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam, Sumatera Barat memberikan gelar adat kepada Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Tito Karnavian (02/32017) di Kota Padang, Sumatera Barat. Tito dianugerahi gelar sangsako atau gelar kehormatan Adat Minangkabau.

Kabag Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi mengatakan ” gelar kehormatan akan diberikan kepada Kapolri beserta isterinya Tri Suswati. Kapolri juga akan dipasangkan mahkota kehormatan, keris dan tongkat untuknya.

Tito diberi gelar Sutan Rajo Pagar Alam. Sedangkan Tri Suswati, akan diberi gelar Siti Linduang Alam.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM)  Sumatera Barat Sayuti Datuak Rajo Panghulu mengatakan saat pidatonya, ” gelar sangsako ini diberikan kaum suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam. Gelar sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa untuk Minangkabau, agama, bangsa dan negara” ucapnya.

Gelar tersebut diberikan karena adanya hubungan kekerabatan dan persahabatan yang erat antara Kapolri Tito dak Kapolda Sumatera Barat Fakhrizal yang berasal dari kaum suku Sikumbang Kamang Mudiak. Kapolri Tito juga merupakan sosok pemimpin muda yang cerdas, dan layak untuk menerima gelar tersebut.

Gelar yang diberikan kepada Kapolri adalah gelar yang tak bisa diturunkan kepada anak dan abadi untuk sipemakai gelar tersebut seumur hidup.Tambahnya. [eko/Tim/QQ]

https://www.merdeka.com/peristiwa/polda-sumbar-ntt-dan-maluku-naik-menjadi-tipe-a.html

http://nasional.kompas.com/read/2017/03/23/13194791/polda.sumbar.ntt.dan.maluku.naik.jadi.tipe.a

http://redaksisumbar.com/7018-2/

http://tribratanews.polri.go.id/?p=121348


Suprizal Tanjung’s Surau

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Kapolri Tito: Polda Sumbar Naik Jadi Tipe A

Wednesday 24 May 2017 | Dokumentasi

Premium Makin Langka Premiun langka di Batam dua bulan terakhir. Pertamina terus mengurangi pasokan, meski sudah…

Monday 12 June 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi

Kasus dugaan korupsi tunjangan profesi tenaga medis di Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas sudah bergulir di Pengadilan…

Monday 16 January 2017 | Dokumentasi

EDARAN KKO TK-PAUD JANUARI 2017 Selamat datang di UPK Simpang Empat Kab.Tanah Bumbu

Tuesday 29 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang