Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Turut Majukan Pendidikan di Kota Air Kapuas Melalui Kelas Inspirasi

Mar
21
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Dokumentasi
Kota Kapuas KalimantanTengah, ibu kota kabupaten ini terletak di Kuala Kapuas yang terdiri dari 17 kecamatan, bahkan Kapuas sendiri disebut dengan Kota Air karena kota tersebut dikelilingi air dari Sungai Kapuas, serta pula Kapuas dapat dikatakan kota yang indah, karena berada pada tepi sungai pada simpang tiga. Yang mana wilayah ini memiliki luas 14.999 km2, bahkan letak Kapuas sangat strategis dan tidak terpencil, letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Banjarmasin, Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, malahan, jarak dari Kapuas ke Banjarmasin, lebih dekat dibanding dari Kapuas ke ibukota Kalimantan tengah Palangkaraya, apalagi sekarang dapat melalui Jembatan Barito hanya 1,5 jam saja.
Tetapi masalah pendidikan di Kapuas masih terlihat ada kesenjangan antara Kota dan desa, dikarenakan penyebaran guru masih banyak yang ada di kota dari pada di desa ataupun di pedalaman sehingga tenaga guru dirasa sangat kurang sekali. Sehingga banyak sekolah yang harus mengangkat guru honorer, agar kelanjutan pendidikan di daerah pedesaan/pedalaman dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bangunan fisik sekolah masih banyak yang rusak dan belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah untuk direhabilitasi.

Kali ini di Kota Kapuas tidak mau ketinggalan dengan kota/kabupaten yang ada di Indonesia juga turut serta menyelenggarakan Kelas Inspirasi, yang mana artinya para pemuda-pemudinya juga sangat peduli dengan adanya pengembangan pendidikan di masa depan, dengan harapan jangan sampai pendidikan didaerah-daerah terpencil tertinggal dengan di kota. Karena Kelas inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia.
Kelas Inspirasi telah banyak diselenggarakan di seluruh Indonesia, untuk wilayah Kab. Kapuas sendiri ini adalah Kelas Inspirasi Pertama kali dilaksanakan. Kelas Inspirasi itu sebuah wadah untuk mengajak para profesional untuk mengajar sehari di Sekolah Dasar dengan tujuan untuk menginspirasi anak Sekolah Dasar tersebut agar memiliki cita-cita dan semangat untuk terus bersekolah, masa-masa sekolah dasar adalah masa saat menyerap banyak sekali informasi. Seringkali, informasi tersebut bisa jadi motivasi paling besar dalam hidup. Gerakan membuka suatu interaksi positif antara kaum profesional dengan pihak sekolah yang digunakan sebagai Zona Inspirasi, serta mengambil cuti sehari untuk berbagi pengalaman bersama anak sekolah dasar, yang mana hal, ini berbasis individu bukan dari institusi manapun juga. Tetapi gerakan Kelas Inspirasi yang sebelumnya perkembangan dari suatu gerakan Indonesia Mengajar dibidang pendidikan yang mengajak berbagai pihak, termasuk masyarakat umum,dan turut terlibat aktif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan bangsa. Dan gerakan tersebut sudah merambah keseluruh kota/kabupaten yang tersebar di Propinsi di seluruh Indonesia.
Menyaksikan kerja keras dan perjuangan para pegiat Kelas Inspirasi Kapuas terutama dari panitia lokal kesemuanya dikerjakan secara profesional yang nantinya bisa bekerjasama dengan para guru dan kepala sekolah atau pihak sekolah yang terlibat di dalamnya, selalu tetap memperhatikan 7 Sikap Dasar Kelas Isnpirasi yang ada. Dimulai dari perekrutan relawan panitia Kelas Inspirasi Kapuas yang pertama sampai dengan blusukan survei SD akhirnya telah mendapatkan 5 Zona Inspirasi yang di pakai yaitu : 3 Sekolah Dasar Negeri, 1 SD Swasta & 1 Madarasah Ibtidaiyah yang berada di Kapuas SDN 1 Pulau Telo SDN 2 Pulau Telo SDN 4 Selat Tengah SDS Antang MIS Sirajuddin Semangat dari 4 relawan (Panitia, Fasilitator, Pengajar,Dokumentasi/Videografer) mulai persiapan sebelum sampai dengan Hari Inspirasi sangat antusias mempersiapkan segalanya untuk segera bertemu dengan anak-anak Sekolah Dasar hal ini sangat perlu diacungkan jempol bahkan peserta relawan yang hadir untuk mengikuti Kelas Inspirasi Kapuas #1 tidak hanya dari Kapuas saja, melainkan banyak juga dari luar yaitu (Jakarta, Jawa Timur, Palangkaraya, Banjarmasin, Sulawesi Selatan dll).
Oleh karena antusias dari para relawan ingin mengajak bersama-sama membangun mimpi dan berbagi cerita yang nantinya dapat menumbuhkan cita-cita mereka, karena sudah saatnya sekarang bersama-sama memajukan pendidikan bagi anak bangsa, mengingat pendidikan adalah tangggung jawab bersama. Dan Kelas Inspirasi merupakan solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan sekolah tempat berpartisipasi. Bagi Relawan mengikuti kegiatan Kelas Inspirasi dan untuk melakukan cuti 1 hari untuk berbagi pengalaman bukan suatu hal yang rugi bagi para relawan, karena hal ini menunjukkan bahwa kepedulian dengan kemajuan pendidikan masa depan sangat tinggi.
Melalui Kelas Inspirasi diharapkan dapat membangkitkan cita-cita anak-anak Indonesia yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. kegiatannya dilakukan 1 hari saja pada hari inspirasi yaitu pada hari Kamis tanggal 9 Maret 2017. Pelaksanaan Hari Inspirasi telah usai, banyak cerita yang tentunya ingin dibagi oleh tiap relawan yang terlibat dalam area ini, sekarang waktunya untuk merayakan dan mengapresiasi bukti kerelawanan kita dalam KI Kapuas. karena kegiatan hal ini bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka. Kelas Inspirasipun juga merupakan wadah untuk saling bersilaturahmi diantara para relawan pengajar yang terlibat di dalamnya.


Info Kabupaten Kapuas

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Turut Majukan Pendidikan di Kota Air Kapuas Melalui Kelas Inspirasi

Thursday 30 March 2017 | Dokumentasi

Kepada Yth. : Kepala UPTD BPS se-Kota Surabaya Ketua MKKS SMP se-Kota Surabaya Ketua K3S SD…

Saturday 26 August 2017 | Blog, Diklat, Dokumentasi, Produk

JADWAL DAN DAFTAR PESERTA DOWNLOAD DIBAWAH INI : – DAFTAR PESERTA PRE TEST 2017 disdikkepeglmg

Saturday 14 January 2017 | Dokumentasi

Mengapa kita bisa merasakan jatuh cinta? Mengapa kita selalu merasa ceria dan happy saat sedang jatuh…

Wednesday 11 January 2017 | Dokumentasi

Intinya sabar itu menurunkan ego dan memaklumi orang lain, dan sabar itu memang susah… tapi Insya…