Handil Semangat Jadi Proyek Percontohan Tuntas Kumuh

– Program Neighbourhood Upgrading Shelter Project Phase (NUSP-2) menjadikan Handil Semangat Kabupaten Kapuas sebagai proyek percontohan (pilot project) tuntas kumuh. Nantinya akan ada kegiatan normalisasi anak sungai, pembangunan siring, pengurukan dan penghijauan.

Maria Susana Natalestari, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) menyatakan, untuk mendukung program tersebut, pada 2016 sudah dibangun jalan dan jembatan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

“Sebelum kawasan tersebut menjadi kumuh, maka kami memasukkan program NUSP-2 dengan memberdayakan BKM dengan perencanaan pembangunan. Dari kami hanya melakukan pendampingan saja,” kata Maria Susana Natalestari, Sabtu(25/3/2017).

Dia menjelaskan, setelah menjadi proyek percontohan tuntas kumuh, kawasan ini akan dikembangkan jadi kawasan wisata sungai. Saat ini BKM juga sudah membangun sarana untuk bersantai di pinggiran sungai, dan tempat sampah.

“Nantinya kawasan ini akan dijadikan wisata sungai di dalam kota. Makanya pada Jumat (24/3/2017) memperingati air sedunia kami pusatkan di Handil Semangat untuk gotong-royong membersihkan sungai dan program sanitasi tuntaskan jamban di sungai,” tandasnya.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas