Terminal Kapuas Segera Difungsikan?

Setelah dipercaya menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas yang baru, H I Made Sumartha memiliki beberapa rencana program kedepan. Salah satunya akan memungsikan Terminal Kapuas di Jl Jepang Kuala Kapuas.

Kepada Media Kalimantan, Made mengatakan, Terminal Kapuas berpotensi untuk difungsikan kembali. Caranya, dengan menampung bus angkutan penumpang dengan rute Palangka Raya-Pulang Pisau dan Kapuas-Banjarmasin ke dalam terminal tersebut.

“Terminal kita fungsikan nanti otomatis  bus itu masuk terminal. Jadi, terkait rencana ini, saya dipanggil rapat ke Palangka Raya” katanya di Kuala Kapuas, kemarin.

Terminal Kapuas sampai sekarang memang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemkab Kapuas. Pasalnya, keberadaan terminal terbesar satu-satunya di Kabupaten Kapuas itu sudah berapa tahun lamanya terkatung-katung.

Meskipun sudah beberapa dilakukan kali pergantian Kepala Dinas Perhubungan, namun tetap saja tidak mampu memungsikan kembali terminal yang dibangun dengan menghabiskan anggaran milaran rupiah tersebut sebagai mana peruntukannya.

Kepala Dinas Perhubungan Kapuas yang baru Made Sumartha, mengakui, untuk mengatifkan kembali Terminal Kapuas tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Namun dengan adanya niat yang baik, dia yakin dapat direalisasikan.

“Sesuatu itu kalau kita punya niat pasti bisa, karena potensi untuk memfungsikan terminal itu ada. Kita punya beberapa Angkot, itu nanti kita gunakan sebagai sarana penunjang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Mantan Kepala Badan Pemberdyaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kapuas juga berencana akan mengevaluasi perparkiran di daerah setempat, khususnya parkir tepian jalan umum yang menjadi kewenangan Dishub. “Kita ingin pendapatan parkir benar-benar optimal,” kata Made.

Termasuk dirinya juga akan melakukan evaluasi keberadaan angkutan penyeberangan (Feri) yang tersebar di sejumlah titik lokasi.   “Untuk feri, kemarin saya sudah kelapangan dan akan kita lakukan perbaikan karena ada feri yang sudah tiga tahun masalahnya tidak selesai-selesai,” katanya

Sumber: http://mediakalimantan.co.id


Info Kabupaten Kapuas