Modul Pelatihan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur

pdtiPENGARAH: Eko Putro Sanjoyo (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia)

PENANGGUNG JAWAB: Ahmad Erani Yustika (Dirjen, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa)

TIM PENULIS: Wahjudin Sumpeno, Octaviera Herawati, Sunendar, Muflihun, Ichsan Hadjar, Yohanes Susilo.

REVIEWER: Taufik Madjid, Muhammad Fachry, Yosep Lucky, Sukoyo

COVER & LAYOUT: Wahjudin Sumpeno

Cetakan Pertama, September 2016

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencoba melakukan inisiatif untuk menyusun modul pelatihan pratugas PD-TI melalui serangkaian kajian kebutuhan pelatihan dan lokakarya dengan melibatkan pemangku kepentingan lain baik kalangan praktisi, aktivis, akademisi dan peneliti. Sebagaimana diketahui, hasil analisis kebutuhan pelatihan menunjukkan bahwa PD-TI merupakan tenaga professional yang baru direkrut dan akan ditempatkan dengan latar belakang pengalaman, karakteristik wilayah, dan kondisi sosial yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah panduan pelatihan standar bagi PD-TI yang mampu mempersiapkan kompetensinya sesuai tugas dan tanggung jawabnya dalam memfasilitasi Pemerintah Desa melalui strategi pendampingan dengan tema penting yang sesuai dengan regulasi dan kebutuhan sarana prasarana di lapangan.

Modul pelatihan ini telah mengalami berbagai perubahan melalui proses perancangan, konsultasi, lokakarya, uji coba-revisi dan masukan dari berbagai pihak bahkan langsung dari pendamping desa dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Hasil pelatihan awal akan memberikan gambaran tentang kekuatan dan kelemahan modul ini. Oleh karena itu modul pelatihan ini dapat diibaratkan sebagai buku berjalan yang memberikan peluang bagi pembaca atau pengguna dalam memberikan warna dan penyesuaian sesuai dengan kaidah pembelajaran dan kebutuhan.

Modul pelatihan disusun berdasarkan kajian terhadap kurikulum sebagai kerangka acuan bagi pengelola dalam penyelenggaraan pelatihan pratugas bagi Pendamping Desa dalam melaksanakan tugas PD-TI dalam rangka implementasi Undang-Undang Desa Tahun Anggaran 2016. Secara umum cakupan tugas PD-TI mencakup peningkatan kapasitas tenaga Kader Teknis di Desa dalam rangka pembangunan dan pemeliharaan sarana prasaraa dan lingkungan Desa berdasarkan kemampuan teknis dan sumber daya lokal yang tersedia.

Download: Modul Pelatihan Pendamping Desa Teknis 2016

 


PUSTAKA RAKYAT