Sebuah Catatan Sederhana Bentuk Perhatian dari Seorang Insan untuk Pegawai Negeri

Home » Dokumentasi » Mawar Group, Naungi Empat Lembaga Pendidikan
Advertisement

Pusat Pendidikan Andal Bagi Generasi Muda Batam

PENULIS bertanya kepada beberapa orang, ‘’Pernah mendengar, melihat nama Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) Mawar, tempat kurus mengemudi mobil murah di Batam?’’ Sebagian besar menjawab, ‘’Pernah.’’

mawar-group-minggu-19-februari-2017-kecil223

LPK Mawar adalah satu dari empat LPK andal yang bernaung di bawah bendera Mawar Group. Keharuman Mawar Group semakin semerbak dengan posisinya sebagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mawar yang menyediakan pendidikan kesetaraan bagi generasi muda meraih pendidikan lebih tinggi. Mari kita nikmati ‘’harumnya’’ Mawar Group lebih dekat lagi.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

Usia Mawar Group, dan PKBM Mawar khususnya masih relatif muda. Baru sembilan tahun. Namun jangan dihitung umurnya. PKBM Mawar kini sudah tidak asing lagi di telinga warga Batam. Generasi muda (siswa, red) Batam percaya dan banyak menimba ilmu pengetahuan di sini. Siswa PKBM sangat beragam, mulai dari masyarakat umum, pengusaha, politisi, dan lainnya. Kepercayaan masyarakat disebabkan banyak faktor. Beberapa di antaranya: murah biayanya, cepat memberikan kebijakan untuk siswa.

‘’Dalam mengajar, kita menekankan kepada para guru (tutor, red) untuk tetap mengedepankan kasih sayang, senang membantu, cepat menampung berbagai keluhan siswa,’’ sebut Pembina Mawar Group, Miftakhudin, M.Pd. di gedung PKBM Mawar, Town House Puriloka Blok A-30 Sungai Panas, Sabtu (11/2/2017).

PKBM Mawar telah memiliki izin dari Dinas Pendidikan Kota Batam nomor: 431.LK/424.1/PLS/VII/2008. Berdasarkan evaluasi/ penilaian kinerja, PKBM Mawar tahun 2015, telah mendapat Predikat B. Ini berdasar SK Direktur Pembinaan dan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Nomor Kep 1511/C4.4.KU/2015 yang ditandatangani Direktur Pembinaan dan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Erman Syamsuddin.

Terhitung 2016 lalu, PKBM Mawar dan Omega Jaya telah terakreditasi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD dan PNF) Nomor: 093/K/SK/AKR/2016 Tentang Penetapan Status Akreditasi Program dan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal di BAP PAUD dan PNF Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2016.

Miftakhudin yang akrab dipanggil Udin menambahkan, semakin lekatnya hari masyarakat karena Mawar Group memberikan kesempatan anak-anak Batam mendapatkan pendidikan Paket A (setara Sekolah Dasar (SD) sederajat), Paket B (setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat), dan Paket C (setara Sekolah Menengah Pertama Atas (SMA) sederajat). Pendidikan tadi cocok bagi anak usia sekolah atau masyarakat umum yang tidak ada waktu, karena faktor usia, faktor waktu, dan berbagai faktor lainnya, sehingga belum mendapatkan ijazah SD, SMP, dan SMA sederajat.

Lelaki kelahiran Surabaya ini menyebutkan, kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu pukul 08:00-12:00 WIB di gedung PKBM Mawar Sungaipanas, serta di gedung PKBM Mawar, Kaveling Seroja Dapur 12 Sagulung.

Lembaga ini telah meluluskan ratusan anak didik. Kini memiliki siswa/siswi sebanyak 422 dengan rincian: Paket A memiliki 68 siswa, Paket B memiliki 81 siswa, Paket C memiliki 273 siswa.

Khusus Paket A dan B diberikan pendidikan gratis. Ini sebagai bentuk terima kasih dan pengabdian kepada masyarakat Batam. Siswa yang berhak mendapatkan pendidikan gratis ini adalah anak-anak duafa (kurang mampu), anak-anak panti asuhan, anak-anak hinterland (pesisir pantai) dan berada dalam usia sekolah. Tidak tanggung-tanggung, pendidikan Paket A dan B Gratis ini diberikan mulai masuk hingga lulus pendidikan.

Lewat pendidikan gratis ini, ingin dibuktikan kepada masyarakat bahwa PKBM Mawar juga berorientasi sosial atau nonprofit. Tidak berpikir bisnis semata, tapi juga penduli dengan pendidikan masyarakat kurang mampu. Hasil kepedulian kepada masyarakat tadi, PKBM Mawar semakin dikenal. Jumlah siswanya semakin bertambah dari waktu ke waktu, terhitung sejak didirikan 2008 lalu di Belakangpadang, Batam.

Calon siswa diberikan kemudahan soal biaya pendidikan dan sangat terjangkau. Lebih jelasnya Anda bisa datang langsung ke kantor PKBM Mawar.

Udin yang meraih Master (S2) Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (PTK) di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2014 ini melanjutkan, PKBM Mawar adalah wadah yang untuk Pendidikan Non Formal yang sudah mempunyai Syarat Pelayanan Minimal (SPM) di Bidang Pendidikan Non Formal. Ini sesuai dengan persyaratan ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Batam untuk pendidikan nonformal.

Mawar Group yang dibina Yayasan Keluarga Mandiri Batam semakin berkembang karena telah memiliki Lembaga Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) Mandiri School yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN): 69895754, dan SD Mandiri School yang memiliki NPSN: 69889177. Khusus anak Panti Asuhan warga sekitar Batuaji dan Sagulung yang menginginkan pendidikan SD (formal) kelas 1 sampai IV, diberikan biaya pendidikan gratis dari awal masuk sampai lulus. Silakan mendaftar di SD Mandiri School Sagulung.

Pengembangan dilakukan yayasan dengan mendirikan lembaga pendidikan nonformal berupa Omega Jaya Homeschooling (Education For Everyone) dan telah mendapat Izin Dinas Pendidikan Kota Batam Nomor: 458.2.Lk/424/PLS/IX/2011.

Homeschooling merupakan konsep pendidikan yang luar biasa. Setiap anak didorong menjadi versi terbaik dari dirinya, tanpa memaksakan diri menjadi seperti orang lain. Ini akan membentuk siswa menjadi pribadi berintegritas. Homeschooling dikenal dengan sebutan home-education atau sekolah rumah, atau pembelajaran alternatif selain sekolah. Metodenya menyenangkan karena dilakukan di rumah dan di sekolah. Tapi sesungguhnya homeschooling bukan terbatas dilakukan secara terus-menerus di rumah, tapi situasi belajar kondusif yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja. Anak bebas memilih pelajaran yang disukainya sehingga merasa nyaman seperti di rumah.

Peserta didik di Omega Jaya Homeschooling adalah usia sekolah dengan sistem pembelajaran setiap Selasa, Rabu dan Kamis pukul 10:00–12:00 WIB. Proses belajar mengajar di gedung Omega Jaya Homeschooling, sedangkan pembelajaran di rumah peserta didik disesuaikan hari dan waktunya berdasarkan kesepakatan guru, siswa, dan orang tua.

Omega Jaya Homeschooling dan Mandiri School menyediakan fasilitas pendidikan gedung permanen milik sendiri, ber-AC, toilet. Mereka memiliki 15 guru dan tutor dengan berbagai spesifikasi dan memiliki pendidikan memadai dan juga sarjana (S1).

Satu lagi lembaga pendidikan kursus dan dibutuhkan masyarakat didirikan Yayasan Keluarga Mandiri Batam yaitu LPK Mawar , yang menyediakan jasa kursus mengemudi mobil. Mawar Group menciptakan ‘’keharuman’ lain di LPK Mawar. Apa itu? Calon siswa yang ingin belajar mengemudi dijemput ke rumah untuk seluruh wilayah Batam dengan biaya gratis. Biayanya juga sangat murah yaitu Rp 600 ribu. Setiap siswa mendapat sertifikat usai menyelesaikan pendidikan.

Untuk kursus mengemudi, siswa diberikan berbagai pilihan. Baik itu waktu belajar, maupun jenis kendaraan yang diinginkan, manual atau otomatis. Sebelum selesai atau saat mengikuti kursus, siswa diberikan kesempatan mengurus dan mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) A. Jadi, tunggu apa lagi. Berbagai pendidikan, dan keahlian tersedia di Mawar Group.

Untuk informasi tentang PKBM Mawar, Omega Jaya Homeschooling, Mandiri School dan LPK Mawar, Anda bisa datang ke: PKBM Mawar di Town House Puriloka Blok A 30 Sungai Panas Batam Centre. PKBM Mawar di Kaveling Seroja Blok E nomor 205-207 Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung. Kompleks Masyeba Indah Blok K nomor 2 Batuaji, Belakang RSUD Embung Fatimah. Jalan Ahmad Yani, SPBU Simpang Kabil, Depan Plamo Garden, Batam Kota. ***

Biografi

Nama: Miftakhudin
Panggilan: Udin
Tanggal lahir: 13 September 1974
Tempat lahir: Surabaya

Anak ke: 3 dari 5 bersaudara
Anak: 3 orang
Pendidikan S1 di: Univesitas Negeri Surabaya
Pendidikan S2 di: Universitas Negeri Padang

Organisasi:

Anggota PGRI Batam
Anggota MKKS SMK Kota Batam
Anggota FKPKBM Kota Batam


Suprizal Tanjung’s Surau

Komentar

Advertisement
File added : Wednesday, February 22nd 2017.
Category : Dokumentasi
tags: , , , , ,

Related Post Mawar Group, Naungi Empat Lembaga Pendidikan

January 28th
2017

BERCERMIN PADA DIRI SENDIRI

Suatu pagi, seorang karyawan pabrik datang ke bagian personalia sambil membawa slip gaji yang baru dia terima dari Supervisornya “Pak, maaf, saya mau complain”
April 4th
2017

PENGAMBILAN FORMULIR A1 PESERTA PLPG SERTIFIKASI 2017

Kepada Yth : Kepala Sekolah SMPN Ketua MKKS SMP Swasta Kepala UPTD Surabaya 1 s/d 5 Bersama ini kami beritahukan kepada seluruh Peserta PLPG
January 22nd
2017

JENIS GUNUNG BERAPI BERDASARKAN BENTUKNYA

Apa itu Volcano (Gunung Berapi)? Gambar pada latar adalah Gunung berapi Mahameru atau Semeru. Latar depan adalah Kaldera Tengger termasuk Bromo, Jawa Timur, Indonesia.
January 27th
2017

Kepsek SD Anjir Kapuas Terancam Diberhentikan

Kepala Sekolah di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Anjir Serapat Barat, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalteng, berinisial AM (44) akan diberhentikan sementara
January 22nd
2017

CTM, BISAKAH JADI OBAT PEMBANTU TIDUR?

CTM bukanlah nama kandungan obat, tapi hanyalah salah satu merk dagang dari klorfeniramin, yaitu obat golongan antihistamin. Seperti halnya antihistamin lain, cara kerja CTM