KUA Selat Layani Penerbitan Akta Ikrar Wakaf

Salah satu tugas KUA adalah melayani masyarakat yang ingin mengurus akta ikrar wakaf (AIW) dimana Kepala KUA merupakan pejabat pembuat akta ikrar wakaf (PPAIW) nya.

Baru-baru ini, Senin (20/2) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Selat kedatangan dua orang warga yang ingin membuat AIW sebagaimana yang diungkapkan Staf KUA Kecamatan Selat yang menangai Perwakafan Nuriahman.

“Warga yang ingin melakukan ikrar wakaf itu segera kami layani dan kami jelaskan prosesnya, setelah itu kami minta untuk mengisi form pembuatan AIW sebagai bahan penerbitan,” ungkap Nuriahman.

Kepala KUA Selat H. Murhan menjelaskan, pembuatan AIW sangat penting untuk memperkuat tanah wakaf, agar tidak menjadi sengketa dikemudian hari.

Ditempat terpisah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas H. Ahmad Bahruni mengungkapkan salah satu syarat legalitas tanah wakaf adalah kepemilikan AIW yang diterbitkan Kepala KUA dengan melibatkan Wakif (pihak yang mewakafkan) dan Nazhir (pihak pengelola tanah wakaf) serta saksi.

“Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi Perwakafan bisa mendatangi KUA setempat atau mendatangi Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas,” tambah H. Bahruni.

Sumber: http://kemenagkapuas.com


Info Kabupaten Kapuas