Bersama ECITB Tempa Satpam Profesional yang Mengutamakan K3

Jessica R. Victoria SH, General Manager  PT Mitra Jalin Usaha (MJU)

PT Mitra Jalin Usaha (MJU) adalah salah satu perusahaan penyedia satpam profesional dan memiliki sertifikasi Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang bertaraf internasional. Bekerja sama dengan Engineering Construction Industry Training Board (ECITB), PT MJU menjadi salah satu pilihan bagi pengguna (pengusaha, politisi, birokrat, mal, shipyard) untuk mengamankan kawasan usaha, lingkungan, dan diri mereka.

mitra-jalin-usaha-pt-terbit-minggu-29-januari-2017

Bila bicara satpam, maka pilihan orang akan jatuh kepada PT MJU. Kemampuan, kepercayaan, dan kesetiaan satpam PT MJU tidak diragukan lagi. Inilah yang menjadi nilai lebihnya di mata pengguna. Bagaimana semua itu bisa diraih? Berikut wawancara redaktur Batam Pos, Suprizal Tanjung dengan General Manager PT MJU, Jessica R. Victoria SH di Seipanas, Batamkota, Batam, Jumat (20/1/2017).

jessica-image

Jessica R. Victoria SH

Anda seorang wanita, tapi bisa mengelola perusahaan yang bukan saja karyawanya lelaki (satpam), tapi juga identik dengan ketegasan?
Tidak masalah. Saya sejak kecil, remaja, dan kini terbiasa dengan siapapun. Jadi tidak sulit masuk ke lingkungan lelaki.

Bagaimana sejarahnya sehingga bisa masuk dan mengelola ratusan satpam?
Begini. Saya ini suka tantangan dan hal baru. Masuk di perusahaan sekitar tahun lalu juga karena saya menemukan satu tantangan, dan kebahagiaan. Bahagia bisa menyelesaikan satu pekerjaan yang tidak semua orang bisa lakukan. Lagipula yang saya lakukan lebih banyak kepada pengaturan, administrasi, dan lainnya. Soal kepada pelatihan satpam, sudah ada tim ahli yang melakukannya. Lagipula saya tidak sendiri. Kita bekerja secara tim. Kita saling memberikan masukan.

Sebagai perusahaan satpam yang relatif muda, PT MJU telah mendapat tempat di hati pengguna se Kepri.
Terima kasih atas semua kepercayaan semua pihak kepada kami.

Apa motivasi PT MJU untuk meraih semua ini?
Begini. Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Asean Free Trade Area (AFTA) adalah dua hal yang masih terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tetapi tidak sedikit masyarakat merasakan dampak diterapkannya kebijakan tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan banyak ditemukannya tenaga kerja asing (TKA) dan produk-produk luar negeri yang berseliweran di Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya daya saing bagi tenaga kerja Indonesia dan produk-produk lokal dengan tenaga kerja asing dan produk-produk luar negeri. Yang menjadi pertanyaan adalah, siapkah masyarakat Indonesia menghadapi MEA dan AFTA itu?

Kaitannya dengan satpam?
Ya. Kita akan sampai ke sana. Batam yang secara geografis merupakan jalan masuk bagi tenaga kerja asing (TKA) dan produk-produk luar negeri ke Indonesia, tentu menjadi yang pertama merasakan dampak dari diterapkannya MEA dan AFTA. Untuk mengantisipasi hal tersebut sudah saatnya masyarakat Batam mempersiapkan diri dengan kemampuan berbahasa asing dan kualitas tenaga kerja, terutama satuan pengaman (satpam) dengan sertifikasi yang bertaraf internasional. Oleh karena itulah, PT MJU Security-Guard bersama dengan ECITB bekerja sama mempersiapkan satpam bersertifikasi Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bertaraf internasional.

Bentuk kerja sama PT MJ Usaha dengan ECITB itu apa?
Kita adalah perusahaan outsourching yang bergerak di bidang security and guard (keamanan, red) yang mempunyai peran sebagai mitra ECITB. Tujuannya memberikan pelayanan, yang mengutamakan K3 dengan mendirikan pendidikan gada pratama dan pelatihan K3 dengan standarisasi nasional dan internasional.

Dari tadi disebut ECITB. Apa ECITB itu?
ECITB didirikan pada tahun 1991 melalui undang-undang parlemen. ECITB adalah organisasi pemerintah Inggris yang mengembangkan kualifikasi standar kerja nasional dan program pelatihan di semua level dan semua pasar untuk engineering construction industry (industri konstruksi rekayasa, red). ECITB diakui sebagai badan skil nomor satu untuk industry engineering construction di seluruh dunia. Pada tahun 2015, ECITB menunjuk PT Great Dynamic Indonesia sebagai service provider di Asia Tenggara.

Jenis pendidikan dan pelatihan yang diberikan PT MJU dan ECITB?
Fokus pendidikan dan pelatihan berupa pendidikan dan pelatihan gada pratama yang bertaraf nasional serta mengutamakan health and safety atau (K3) yang bertaraf Internasional.

Format pelatihannya bagaimana?
Pelatih ECITB untuk International Health and Safety berasal dari Inggris. Mereka telah melalui seleksi ECITB pusat sebagai syarat untuk menjadi pelatih ECITB yang berstandarisasi internasional. Sedangkan pendidikan Gada Pratama dilatih pejabat Binmas Polda Kepri. Pelatihan dilaksanakan di Kompleks Repindo Industrial Estate Blok B1 Nomor 3-4.

Mengapa sertifikasi international K3 menjadi bagian penting dalam suatu pekerjaan?
Begini. Setiap jenis pekerjaan memiliki resiko kerjanya masing-masing. Jadi, sudah selayaknya keamanan dan keselamatan kerja menjadi prioritas utama dalam sebuah bidang pekerjaan. Di sini, PT MJU yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa keamanan merasa memiliki tanggung jawab yang sama terhadap pentingnya keselamatan kerja. Untuk itu kami berusaha menyediakan tenaga jasa keamanan yang paham dan tahu tentang pentingnya K3, dan bagaimana memberikan kontribusi kepada pengusaha pengguna jasa keamanan kami untuk membantu dalam mengawasi berjalannya program K3. Tentunya hal ini akan dilakukan tenaga keamanan kami yang telah mendapatkan sertifikasi international K3. Jadi, selain menempatkan satpam terlatih dalam bidang keamanan dan memiliki kemampuan beladiri, kami juga memberikan satpam terlatih dalam memberikan pengawasan K3 dengan sertifikasi internasional. Dan tentunya hal ini tidak dimiliki oleh perusahaan penyedia jasa keamanan yang lain.

Terobosan apalagi yang dilakukan PT MJU?
Kami yang beralamat di Kompleks Bumi Riau Makmur Blok B No. 7 Seipanas selalu berusaha untuk memberikan terobosan-terobosan terbaru yang kami yakin dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan kami yang pastinya membuat tenaga pengamanan PT MJU berbeda dari yang lainnya. Sekarang ini kami sedang merancang sebuah jabatan yang nantinya kami sebut sebagai supervisor pengamanan. Dimana yang bisa menjabat sebagai supervisor ini adalah mereka yang memiliki kemampuan beladiri sebagai ciri khas satpam PT MJU, memiliki sertifikat Gada Pratama yang dikeluarkan Polri. Tentunya telah lulus dalam pelatihan Health and Safety ECITB yang berstandar internasional. Para supervisor ini nantinya akan kami tempatkan di masing-masing wilayah jaga dari pengguna jasa pengamanan kami. Tugas mereka adalah membantu memberikan kontribusi kepada para pengusaha, pengguna jasa pengamanan dalam hal pengamanan dan pengawasan K3. Hal ini membuat tenaga pengamanan PT MJU menjadi sangat berbeda dan unggul dalam segala bidang. Tentunya ini akan sangat menguntungkan bagi pengguna jasa pengamanan kami. ***

Profil

Nama            : Jessica R Victoria SH
Panggilan            : Jeje
Tempat Tangga Lahir    : Batam, 23 Juni 1992
Keluarga            : Anak pertama dari dua bersaudara

Pendidikan        : SDN 011 Batam
: SMPN 21 Batam
: SMAN 5 Batam
: Universitas Internasional Batam

Organisasi        : Part Of Azzura Models Batam Management Part Of Hijabers Batam


Suprizal Tanjung’s Surau