Sebuah Catatan Sederhana Bentuk Perhatian dari Seorang Insan untuk Pegawai Negeri

Home » Dokumentasi » Batam Tourism Polytechnic (BTP) Buat Berbagai Terobosan
Advertisement

Level Internasional, Mahasiswanya Diminta Bekerja di Luar Negeri

PROSPEK pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepi) makin bergairah. Salah satunya dapat dilihat dari tingkat hunian hotel berbintang dan nonbintang yang ikut terdongkrak naik. Kesempatang bekerja untuk bidang pariwisata di dalam maupun luar negeri sangat terbuka lebar.

btp-2

Di luar negeri, gaji tenaga kerjanya mencapai Rp 30 juta sampai Rp 40 juta per bulan. Bekerja di Indonesia dan tingkat internasional itu mudah. Bahkan sebelum lulus PT pun, mahasiswa sudah diminta bekerja di luar negeri. Bagaimana mendapatkan kesempatan itu? Batam Tourism Polytechnic (BTP) merupakan salah satu solusinya.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

Batam, Kepri, Indonesia, bahkan luar negeri membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata. Namun untuk bisa bekerja di sana tidak bisa hanya mengandalkan tenaga, atau otot saja. SDM Indonesia perlu memiliki skil (keterampilan, red). Ini untuk mempersiapkan dan memantapkan diri seiring dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang berlangsung sejak Desember 2015 lalu. Di era MEA, kesempatan kerja boleh diisi Tenaga Kerja Asing (TKA). Peluang ini harus direbut dan diisi SDM lokal  yang punya skil.

BTP kampus, Minggu 8 Feb 2015 F Suprizal Tanjung (1) image3

Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) berdiri megah di Kompleks Tiban Ayu, belakang SPBU Vitka, Tiban, Batam, Minggu (8/2/2015). F Suprizal Tanjung

‘’Memiliki berbagai skil, seorang alumnus perguruan tinggi (PT), SDM di Indonesia, tidak akan pernah menganggur. Belum lulus saja, mahasiswa BTP Batam sudah diminta bekerja di luar negeri,’’ sebut pendiri BTP Batam, H Asman Abnur SE ME yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) di kampus BTP, Kompleks Tiban Ayu, belakang SPBU Vitka, Tiban, Batam baru-baru ini.

Hal senada disampaikan Direktur BTP Batam, M Nur A Nasution S.Sos M.Pd CHA. Nur menyebutkan, beberapa mahasiswa D4 BTP magang di luar negeri, seperti di Qatar, Dubai, Johor (Malaysia), dan Bali, dan beberapa Mahasiwa BTP mendapat predikat The Best Trainee. Kehadiran mereka mendapat apresiasi besar dari pihak perhotelan, restoran di sana.

‘’Mahasiswa kita sudah diminta bekerja di luar negeri. Ini satu penghargaan yang sangat besar. Kebanggaan bagi kita semua di Batam, Kepri umumnya. Tenyata, SDM lokal (Kepri) sangat diminati dan dihargai user (pengusaha, pengguna, red) di luar negeri,’’ sebut Nur didampingi Intership and Professional Development Centre Coordination BTP, Siska Mandalia SS, dan Head Marketing and Communication – International Relationship BTP, Anita NG di kampus BTP, Senin (23/1/2017).

Lelaki berdarah Minang (ibu), Mandailing (bapak), dan Madura (kakek ibu) yang lahir di Yogyakarta 20 April 1967 itu menambahkan, keunggulan lain yang dimiliki BTP adalah program 6+6. Maksudnya, mahasiswa belajar selama enam bulan di BTP, kemudian selama enam bulan lagi magang di luar negeri. Ini khusus untuk program studi (prodi) Culinary Professional, Sebanyak 15 mahasiswa 6+6 ini sudah magang di hotel dan restoran Malaysia.

Keunggulan lain yang dimiliki BTP adalah program 6+6. Maksudnya, mahasiswa belajar selama enam bulan di BTP, kemudian selama enam bulan lagi magang di luar negeri. Ini khusus untuk program studi (prodi) Culinary Professional, Sebanyak 15 mahasiswa 6+6 ini sudah magang di hotel dan restoran Malaysia.

Lelaki kelahiran 20 April 1967 di Yogyakarta itu menambahkan, BTP berdiri di atas lahan 13,6 hektare dan mengusung konsep green campus (kampus hijau, red) bertaraf internasional. Kampus ini dilengkapi fasilitas penunjang praktikum seperti kamar hotel berkelas (suite room), dapur utama (main kitchen), dapur dingin, dapur panas, pastry, bakery, restoran, bar dan lounge serta penunjang lainnya. BTP memiliki daya tampung 100-200 mahasiswa. Semakin cepat mendaftar di BTP, biaya SPP-nya semakin murah. SPP juga bisa dicicil. Manajemen BTP juga membuka kesempatan mendaftar setiap hari. BTP memiliki prodi Diploma IV Culinary Management, D IV Food and Beverages Management, D IV Room Division Management. Juga program D IV berjenjang dari lulusan D III, serta program profesioanal 6+6, serta Hospitality Training Cruiseline untuk Culinary selama 3 bulan dan House Keeping selama 2 bulan.

BTP membuka program baru Kelas Mandiri bagi putra-putri Melayu dan tempatan, atau siapa saja yang ingin kuliah di BTP, BTP sangat memanjakan calon mahasiswa tahun akademik 2017/2018. Sebab, biaya perkuliahan relatif murah, hanya Rp 2,5 juta per semester dan Rp 150 ribu per SKS. Kuliah dilakukan pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB. Informasi lanjutan bisa diakses melalui http://www.btp.ac.id

Bapak dua anak ini melanjutkan, setiap lulusan BTP akan mendapat sertifikat (gelar) dan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Untuk sistem pendidikan, BTP menggunakan kurikulum nasional dan internasional yang mengacu kepada The World Tourism Organization (UNWTO).

Anak kedua dari lima bersaudara ini mengatakan, ada hal unik, selama ini ada kecenderungan, mahasiswa Indonesia belajar di Singapura. Tim kreatif BTP mengubah fenomena itu. Kini mahasiswa Singapura yang akan minta belajar di BTP. Begitu pun sebaliknya. Tenaga perhotelan dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura ada yang ingin training membuat pizza di BTP. Biaya di BTP lebih murah dibandingkan Singapura Malaysia. Mahasiswa, peserta akan diberikan sertifikat berstandar internasional.

Mahasiswa BTP juga akan diberikan kesempatan melakukan job trainning (bekerja dan belajar, red) di Amerika Serikat melalui program J1. Tidak mudah dicapai untuk job and trainning di AS. Namun tidak susah bagi manajemen BTP untuk mengirim mahasiswanya ke negeri Paman Sam tersebut. Selain itu juga dibuktikan dengan mengirimkan 47 mahasiswa kerjasama CTI-BTP AS dengan kapal pesiar Carnival pada Januari 2017 ini.

Untuk tingkat nasional, nama baik BTP tidak diragukan lagi. Ada satu alumnus program S1 (sarjana) dari satu uninversitas terkenal di Pulau Jawa kuliah lagi di BTP. Kuliah dari nol. Pilihannya jatuh pada BTP yang jelas-jelas memberikan skil, dan mempunyai peluang besar bekerja di tanah air, maupun di luar negeri.

Nama baik BTP juga tercetak mantap dengan ditetapkannya sebagai lokasi iven Meeting Incentive Conference/ Convention and Exhibition (MICE) oleh Asia Pacific MICE. Dan ini mempertegas kualitas predikat BTP sebagai Hotel School terbaik di Indonesia.

Masuk ke lingkup lebih kecil yaitu Kepri dan Riau. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak di Riau mengirim 24 putra-putri-nya kuliah di BTP. Pemkab Meranti, Riau akan mengirim 20 mahasiswa. Pemkab Lingga mengirim sekitar 10 mahasiswa, Pemkab Karimun akan mengirim 20 mahasiswa. Sayangnya, Pemko Batam dan beberapa kota dan kabupan lain di Kepri masih belum memanfaatkan potensi BTP.

Sebanyak 20 persen APBD untuk sektor pendidikan setiap tahunnya lebih dari cukup untuk menguliahkan 20-50 putra daerah di BTP.
Kurangkah potensi wisata, hotel, restoran, resort, tour and travel di Batam dan Kepri umumnya? Tidak. Batam memiliki banyak tempat wisata. Pulau Abang di Jembatan Enam Barelang adalah tempat wisata yang elok. Kabuaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Natuna sudah dipeta-petakan pengusaha untuk dikembangkan wisatanya. Siapa nanti yang akan mengisi lapangn kerja, SDM di daerah tadi? Tenaga Kerja Asing (TKA).

Banyak program, dan terobosan dilakukan untuk mengenalkan keberadaan BTP di tengah masyarakat. Misalnya menggelar Gado-Gado Fusion Competition, English Speech Competition, Mandarin Speech Competition, Luxurious Making Bed Competition, Fine Dining Table Set up Competition, Flash Mob and Yel Competition. Penyisihan digelar Sabtu (31/10/2015), semi final (Sabtu (7/11/2015), dan grand final, Sabtu (14/11/2015).

Program lainnya adalah menggelar uji kompetensi bagi karyawan hotel dan restoran se Batam Selasa (17/11/2015) sampai Minggu (22/11/2015). Kegiatan ini diikuti 560 karyawan dari 10 hotel besar dan terkenal, seperti Novotel, Nagoya Mansion, Mercure Hotel, dan lainnya. Iven ini menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Bali. Adapun materi yang diuji tentang food and food, room, dan lainnya.

Pada level internasional, dilakukan kerja sama dengan Accor Group diwakili Vice President-Director of Human Resources Malaysia, Indonesia, Singapore Asia Facific Accor Group, Graeme Ham di kampus BTP, Kamis (12/2/2015). Accor Group kata Graeme, memiliki 460 ribu kamar, 3.600 hotel. Semuanya berada di 92 negara. Ini peluang besar bagi alumnus BTP, civitas akademika BTP untuk menimba ilmu atau bekerja di salah satu jaringan hotel terbesar di dunia ini. Menteri Pariwisata (Menpar), DR Ir Arief Yahya MSc juga datang dan mendukung program pendidikan BTP, Minggu (8/2/2015).

Berbagai terobosan dan program di lakukan manajemen, semua untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen, staf, sistem pendidikan, dan alumnus BTP. Puncaknya-nya, tidak ada lagi SDM lokal yang menganggur dan hanya memiliki selembar ijazah namun tidak mendapatkan kesempatan kerja. ***


Suprizal Tanjung’s Surau

Komentar

Advertisement
File added : Tuesday, February 21st 2017.
Category : Dokumentasi
tags: , , , , ,

Related Post Batam Tourism Polytechnic (BTP) Buat Berbagai Terobosan

May 19th
2017

Wisata Pulau Lampahen Kapuas

Info Kabupaten Kapuas Read more Komentar Related posts: Acara Adat Dayak dalam Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-211 dan HUT Pemerintah Kabupaten
March 18th
2017

Ternyata, Tersangka Korupsi Dinkes Kapuas Terlilit Utang

Penyidik Kejaksaan Negeri Kapuas mulai menemukan benang merah kenapa Cornedy, bendaharawan di Dinas Kesehatan Kapuas, nekat “menilap” duit honor tunjangan daerah di instansinya. Cornedy,
January 18th
2017

GAMBAR LOGO DARI MASA KE MASA

Perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern sekarang ini tampaknya juga berpengaruh terhadap gambar logo dari beberapa perusahaan terkenal. Terdapat lebih dari 10 gambar
April 8th
2017

Pawai Budaya Tinggang Menteng Meriah

Pawai budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung 2017, meriahkan Hari Jadi ke-211 Kota Kualakapuas dan HUT ke-66 Pemkab Kapuas 2017. Pelepasan pawai oleh Bupati Kapuas
March 30th
2017

Pendataan BPJS Bagi Guru Non PNS di Sekolah Swasta

Kepada Yth. : Kepala UPTD BPS se-Kota Surabaya Ketua MKKS SMP se-Kota Surabaya Ketua K3S SD se-Kota Surabaya Kepala SD Swasta se-Kota Surabaya Kepala