Warga Basarang Sudah Bisa Nikmati Air PDAM Kapuas

Warga Basarang, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas sudah bisa bernapas lega. Setelah sekian tahun hanya mengandalkan air sumur bor dan air sungai, mereka kini bisa merasakan air baku bersih yang disalurkan oleh PDAM Kapuas. Selama ini, bila musim kemarau atau saat air sungai dan sumur asin, masyarakat terpaksa membeli air bersih melalui mobil pick up menggunakan jerigen.

“Sejak Desember 2016, warga Basarang sudah bisa menikmati air bersih. Walaupun kami masih uji coba tapi air bersih dari PDAM sudah bisa dinikmati,” ungkap Direktur PDAM Kapuas, Widodo, di Kuala Kapuas, Jumat (13/1/2017).

Sebelumnya PDAM lanjut Widodo, membuat intake, tepatnya di KM 9 Basarang. Namun zat besinya terlalu tinggi dan airnya terlalu asam. Air yang dihasilkan tak layak untuk dikonsumsi. “Kalau intake yang kami buat itu menggunakan air DAS Kapuas, tepatnya di Sungai Desa Maluen. Ke depan apabila terjadi kemarau, PDAM tak mengalami masalah. Tahun 2018 kami juga akan memasang pipa dari intake yang baru di Basarang menuju ke Kecamatan Selat agar nantinya dapat mengatasi air asin.”

Ditambahkannya, dengan adanya intake baru yang mana airnya akan dikonsumsi masyarakat Basarang, dan mereka tak kesulitan lagi mencari air bersih. Ditanya dengan adanya pemasangan intake baru, sampai saat ini jumlah pelanggan sudah mencapai 1.700 pelanggan. Intake yang baru mampu menghasilkan air dengan kafasitas 20 liter perdetik.

Keterangan foto : warga Kecamatan Basarang kala masih menggunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kini warga setempat sudah bisa menikamati air bersih PDAM.

Sumber: http://www.borneonews.co.id


Info Kabupaten Kapuas